Memelihara Bakteri Baik dalam Tubuh Agar Anak Tidak Mudah Sakit Perut

Friso www.friso.co.id
Friso

www.friso.co.id

Ibu sudah tahu kan ada bakteri jahat dan ada juga bakteri baik. Pada dasarnya, bakteri jahat tidak akan menyebabkan penceranaan terganggu jika bakteri baik bisa menetralisir bakteri jahat tersebut.

Itulah mengapa jumlah bakteri baik di dalam tubuh anak harus dijaga supaya bakteri jahat bisa dinetralisir bakteri baik sehingga masalah pada pencernaan tidak terjadi.

Namun, apakah ibu tahu bagaimana memelihara bakteri baik di dalam tubuh anak?

Sebelumnya, ibu harus tahu dulu daripada bakteri baik itu berasal.

Asal Bakteri Baik

Menurut ahli kesehatan anak, bakteri baik itu sebenarnya sudah ada secara alamiah di dalam tubuh anak. Hanya saja, terkadang ibu memberikan menu makanan yang justru membuat jumlah bakteri jahat lebih banyak daripada bakteri baik.

Selain secara alamiah, bakteri baik juga bisa muncul dari menu makanan atau minuman yang mengandung probiotik. Friso merupakan produk susu untuk anak yang kaya akan kandunga probiotik untuk anak. Itulah mengapa anak yang mengkonsumsi susu tidak mudah sakit lantaran jumlah probiotik atau bakteri baik di dalam tubuh lebih banyak daripada bakteri jahat.

Jadi, sudah jelas bawasannya bakteri baik itu ada secara alami dan juga bisa bertambah dari makanan atau minuman yang ibu berikan di mana makanan atau minuman tersebut mengandung probiotik.

Lalu, bagaimana cara memelihara bakteri baik di dalam tubuh?

Cara Memelihara Bakteri Baik

Bakteri baik juga bisa mati lho. Hal ini terjadi jika mereka tidak mendapatkan asupan nutrisi yang diperlukan. Bakteri yang baik memerlukan apa yang disebut dengan prebiotik. Bisa dikatakan prebiotik ini merupakan makanan bakteri baik. Dengan memberikan prebiotik, maka bakteri baik akan selalu bertahan sehingga bisa menyerang dan melenyapkan bakteri jahat penyebab sakit perut pada anak.

Dari mana prebiotik berasal? Salah satunya dari susu untuk anak. Namun, tidak sedikit juga bahan makanan yang mengandung prebiotik. Salah satunya adalah makanan yang mengandung serat. Ibu pasti tahu kan serat sangat berpengaruh pada kesehatan sistem pencernaan anak?

Serat bisa didapatkan dari sayuran hijau, buah pisang, dan olahan kedelai. Pasti tidak sulit untuk mendapatkan menu makanan tersebut.

Bagaimana? Apakah sekarang ibu sudah paham mengenai bakteri baik?

Bakteri Jahat Juga Diperlukan Lho

Pemahaman yang salah jika ibu menganggap bakteri jahat itu buruk. Bakteri jahat juga dibutuhkan karena sisa makanan yang tertinggal di pencernaan akan dimakan oleh bakteri jahat. Dan bakteri jahat tersebut akan keluar melalui feses atau ketika anak buang air besar.

Jadi, bukan berarti bakteri baik saja yang harus ada di dalam tubuh. Bakteri jahat pun harus ada. Hanya saja, jumlah bakteri jahat di dalam tubuh tidak boleh lebih banyak daripada bakteri baik. Jika jumlahnya lebih banyak, maka bakteri baik akan diserang dan si kecil akan mengalami masalah pada sistem pencernaannya.

Semoga penjelasan singkat ini membuat ibu lebih paham tentang bakteri baik, bakteri jahat, serta bagaimana menjaga kesehatan sistem pencernaan. Jika ibu ingin mendapatkan informasi lebih lengkap, ibu bisa bergabung dengan forum ibu di www.friso.co.id. Di sana ibu juga bisa konsultasi online dengan dokter anak. Jadi, ibu bisa bertanya langsung jika memang terjadi masalah pada sistem pencernaan si kecil yang perlu untuk ibu konsultasikan secara langsung.

Jadi, ibu tidak perlu was-was lagi jika anak sakit karena ibu bisa konsultasi online kapan saja dan di mana saja.

Share and Enjoy

  • Facebook
  • Twitter
  • Google Plus

Leave a comment

Your email address will not be published.


*