Membuat Bubur Sehat Dengan Resep Makanan Bayi 7 Bulan

Resep Makanan Bayi 7 Bulan www.awalsehat.nestle.co.id

Pada usia 7 bulan bayi akan tumbuh gigi depan yang berfungsi untuk memotong makanan, Anda bisa mencoba beberapa resep makanan bayi 7 bulan untuk diberikan untuk si kecil. Meskipun sudah mempunyai gigi, bukan berarti bayi Anda sudah bisa melumat makanan seperti orang dewasa.  

Oleh sebab itu, tekstur makanan yang diberikan perlu dihaluskan agar mudah ditelan seperti ketika ia masih berusia 6 bulan. Begitu pula dengan jadwal makannya, masih tetap sama dengan ketika ia berusia 6 bulan namun bedanya hanya terletak pada jumlah yang diberikan. Saat usianya bertambah maka kapasitas lambung akan semakin besar, aktivitasnya juga semakin banyak oleh sebab itu jumlah makanan yang diberikan juga perlu ditambah secara bertahap.

Berikut ini resep bubur untuk bayi berusia 7 bulan:

  1. Bubur Buah

Berbagai macam buah  bisa dibuat  bubur atau ditumbuk. Buah-buahan yang bisa dibuat bubur atau ditumbuk misalnya saja yaitu mangga, pisang, dan alpukat. Alpukat merupakan buah yang kaya lemak tidak jenuh. Bahkan banyak penelitian yang menunjukkan bila komposisi lemaknya hampir sama dengan ASI. Lemak tidak jenuh yaitu jenis lemak yang bagus untuk bayi dan bermanfaat juga untuk perkembangan otak. Alpukat juga dapat di sajikan dengan jus tanpa es atau makanan lembut.

Bahan yang dibutuhkan yaitu 1 sdm tepung beras bisa dengan beras merah, 10 ml air minum, dan 50 gram buah alpukat matang yang sudah dihaluskan. Cara Membuatnya : Pertama masukkan tepung beras merah ke dalam air aduk sampai rata. Gunakan api sedang, aduk supaya tidak menggumpal. Lalu masukan alpukat pepaya sejenak, kemudian aduk terus sampai asapnya hilang dan terakhir sajikan untuk si kecil.

  1. Bubur Sayuran

Sayuran hijau merupakan bahan makanan yang mengandung zat besi dan folat yang cukup tinggi. salah satu sayuran hijau yang cukup terkenal yaitu bayam. Disamping bernutrisi, bayam mudah di dapatkan dan harganya sangat terjangkau. Meskipun bayam sangat mudah didapatkan namun jangan terlalu sering memberikannya untuk si kecil. Disamping bayam, brokoli juga sayuran yang mengandung nutrisi tinggi yakni serat, folat, dan kalsium.  Brokoli juga dikenal sebab bisa melawan kanker. Karena senyawa sulfur yang terkandung di dalamnya dan rasanya yang enak, brokoli bisa membantu meningkatkan selera makan bayi Anda.

Cara penyajian mudah untuk brokoli: Cuci brokoli sampai bersih, Kukus sampai bertekstur lembut tanpa menggunakan bumbu dan terakhir Bbrikan untuk si kecil setelah dingin. Selain contoh sayur tadi, kacang polong, wortel, ubi jalar, dan lainnya  juga dapat dihaluskan dan dibuat bubur dengan tambahan air atau susu, sehingga bayi dapat menelan dengan baik.

Resep Makanan Bayi 7 Bulan Yang Bergizi

Selain bubur, ada beberapa resep makanan yang bisa Anda coba untuk di jadikan makanan bayi Anda. Berikut diantaranya;

– Kuning Telur Rebus dengan Kacang Polong

Telur adalah sumber protein yang sangat tinggi. Anda bisa memberikan kuning telur tumbuk dan kacang polong rebus sebagai makanan pendamping ASI. Bahan yang dibutuhkan yaitu telur dan kacang polong. Cara membuatnya pisahkan kuning telur, lalu rebus kacang polong dan terakhir campurkan keduanya.

-Oatmel atau havermut

Oatmel merupakan sumber zat besi yang baik untuk si kecil. Anda bisa membuat bubur oatmeal dan mencampurnya dengan bubur apel, pisang, strawberry dan sedikit gula. Anda bisa membuat oatmel dengan proses yang sama saat membuat bubur.

-Membuat sup ayam dan daging

Setelah si kecil menyukai makanan dari berbagai macam buah dan sayuran, Anda mulai bisa memperkenalkan daging. Sebab daging sapi dan ayam adalah sumber protein dan zat besi yang baik untuk si kecil. Daging ayam bisa ditambahkan pada bubur ubi jalar dan bisa juga dijadikan sup lezat. Daging untuk bayi ini lebih baik di rebus terlebih dahulu sampai sangat empuk dan nyaman untuk bayi meskipun ia tidak menggigitnya. Anda juga perlu memastikan daging yang Anda berikan untuk si kecil adalah daging yang berkualitas baik.

Waktu Yang Tepat Untuk Memberikan Menu Makanan Bayi 7 Bulan

Mengenai pemberian jenis bahan makanan untuk si kecil, baik sumber protein seperti telur, daging, dan tempe, ataupun sayuran itu memang harus lebih teliti. Bahan makanan yang digunakan dapat dibuat bervariasi. Disamping itu, penambahan garam dan gula juga harus dibatasi jika bisa dihindari sehingga tidak memperberat kerja ginjal, liver, dan pankreas. Penggunaan garam tidak dianjurkan sebab kebutuhan garam sudah terpenuhi dari ASI. Waktu yang tepat untuk memberikan makanan untuk si kecil yaitu;

-Pagi hari setelah selesai mandi dan berjemur sebentar maka Anda bisa memberikan ASI untuk si kecil . Sekitar 15  sampai 30 menit setelah itu beri makan bayi sebanyak 3  hingga 5 sendok makan. Disarankan  bayi Anda sebelum makan diberi ASI terlebih dahulu.

-Siang hari setelah bayi bangun dari tidur siang, Anda bisa memberikan sari buah misalnya saja pisang, pepaya, jeruk yang kulit arinya telah dibuang. Setelah selesai makan buah biarkan ia menggenggam biskuit sendiri sebagai makanan tambahan.

-Sore hari setelah mandi, saat Anda menyusui bayi maka bisa juga Anda memberikan makan sebanyak 3 sampai 5 sendok. Namun biasanya kebanyakan ibu memberi makan anak sebelum mandi. Alasannya sebab umumnya bayi akan kotor setelah diberi makan, dan setelah mandi Anda bisa memberikan cemilan seperti biskuit bayi.

-Dan di malam hari biarkan bayi Anda menyusu sepuasnya sampai ia tertidur. Bukan hanya waktu yang tepat untuk memberikan si kecil makanan namun Anda juga harus memperhatikan berbagai bahan resep makanan bayi 7 bulan yang baik untuk bayi Anda.

Share and Enjoy

  • Facebook
  • Twitter
  • Google Plus

Leave a comment

Your email address will not be published.


*