Membahas Lebih Dalam Tentang Perkembangan Janin 3 Bulan

perkembangan janin 3 bulan The Epoch Times

Pada perkembangan janin 3 bulan, terutama pada akhir masa 3 bulan, janin sudah dapat  dikatakan sebagai manusia. Bentuk janin sudah benar-benar menyerupai manusia dengan detailnya. Maka dari itu, terdapat larangan keras untuk mengaborsi janin yang sudah menginjak usia 3 bulan.

Pada usia ini berbagai hal detail juga sudah berkembang sepenuhnya. Di Usia kehamilan 3 bulan, janin sudah mempunyai wajah yang lengkap dengan mata, hidung, mulut dan lain sebagainya. Janin usia ini juga sudah mempunyai 32 bakal gigi permanen. Jika kita melihat bagian jari-jari yang kecil, kita bahkan sudah bisa melihat kuku-kuku kecil. Kuku sudah dapat dilihat di jemari tangan maupun kaki. Pada masa ini, organ intim belum terbentuk sepenuhnya, maka kita belum akan dapat melihat jenis kelamin bayi. Tulang-tulang juga sudah mulai terbentuk dengan sempurna, begitu juga dengan otot yang sudah mulai terbentuk sepenuhnya.

Janin pada usia ini juga sudah mulai bisa bergerak karena, syaraf, otot dan otak janin sudah mulai berfungsi.  Akan tetapi, pergerakan janin belum bisa dirasakan sama sekali karena ukurannya yang masih sangat kecil. Walaupun masih sangat muda, tetapi pada periode ini janin sudah mulai berlatih gerakan menghisap, menelan dan bahkan buang air kecil. Pada akhir periode 12 minggu, ukuran janin akan mencapai 3.5 inci.

Perubahan Bentuk Tubuh Ibu Pada Perkembangan Janin 3 Bulan

Ibu akan mengalami pertumbuhan yang cukup signifikan pada periode ini. berat badan ibu akan meningkat secara drastis mengikuti pertumbuhan janin. Kenaikan berat badan pada janin sangatlah normal dan tidak boleh terganggu. Pada akhir periode ini, level hormon akan lebih stabil. Pada akhir periode ini, janin akan terbentuk secara sempurna dan hanya tinggal mengembangkan beberapa organ. Karenanya, resiko keguguran sudah sangat berkurang. Aliran darah akan sangat meningkat dan rasa kurang nyaman pada pencernaan mulai dirasakan. Pada masa ini ibu hamil tidak akan merasa terlalu kelelahan.

Beberapa perubahan yang dirasakan pada masa kehamilan 3 bulan adalah: sering buang air kecil, lender vagina yang meningkat, mimisan, morning sickness, kelelahan, mood yang tidak stabil dan kenaikan berat badan. Dibandingkan dengan bualn sebelumnya, ibu akan merasa jauh lebih baik walaupun aka nada banyak ketidaknyamanan. Periode saat kehamilan bulan ketiga akan lebih stabil.

Tanda – Tanda Perkembangan Janin 3 Bulan

Jantung yang mulai berdetak menandakan ada kehidupan di dalamnya. Begitu pula dengan jari kaki dan tangan serta hidung yang mulai terlihat.

Bagian yang lainnya yang mulai terbentuk  adalah pembuluh saraf yang akan berkembang menjadi otak dan tulang belakang. Jadi bisa di katakan bahwa ini adalah masa pembentukan. Wajah yang mulai terbentuk dengan bagian kelopak mata tertutp. Jari tangan, kaki, siku, dan lutut pun mulai terlihat bentuknya. Peredaran darah yang mulai lancar di tandai dengan mulai beredarnya darah melalui pembuluh darah.

Aktifnya sistem pencernaan dan ginjal yang mulai berfungsi. Rangka tubuhnya pun mulai kuat, otot-otot embrio juga mulai terbentuk. Perkembangan cepat mulai terlihat pada minggu ke delapan ini. Tulang-tulang pada tangan dan kaki yang mulai mengeras, jari dan tumit juga begitu. Pada minggu ini juga kita bisa melihat kuku pada jari-jarinya mulau tumbuh. Alat kelamin nya mulai terlihat. Bagi laki-laki jelas terlihat tetapi masih samar pada wanita. Ia mulai melakukan gerakan sederhana seperti menggeliat dan menguap.

Di dalam mulutnya sudah ada 32 rumah gigi dan janin yang dapat menunjukan tanda-tanda menghisap. Apabila pada trimester pertama ini mengalami keluhan kesehatan lebih baik jika segera kunjungi bidan atau dokter. Perlu hati-hati menjaga pada fase awal kehamilan seperti ini karena resiko keguguran amat tinggi di bandingkan dengan fase setelahnya. Jika melakukan senggama dengan suami pada wanita yang pernah mengalami keguguran di wajibkan berhati-hati. Tetapi pada kehamilan normal itu tidak apa-apa.

Ketika melakukan hubungan suami istri jika kehamilan tersebut normal dan terjadi orgasme tidak akan menyebabkan bayi lahir sebelum waktunya. Walaupun tidak ada fakta yang jelas menjelaskan bahwa hubungan suami istri dapat menimbulkan keguguran pada trimester pertama ini. Namun ada baiknya jika tetap berhati-hati jika terjadi pendarahan pada trimester pertama ini akan lebih baik jika hubungan suami istri di hindari dahulu hingga pendarahan tersebut berhenti.

Perkembangan janin pada usia tiga bulan jika di lihat dari minggu ke minggu mengalami fase yang berbeda- beda. Pada trimester pertama ini adalah masa yang sangat rawan dan haruslah berhati-hati. Pada fase ini asupan makanan pun harus di perhatikan. Asupan makanan sangat di butuhkan untuk pertumbuhan janin dalam kandungan, menjaga kesehatan dan kekuatan badan bagi ibu, bagi asupan makanan yang menumpuk bertujuan pada saat ibu melahirkan yang nanti akan di gunakan pada saat menyusui, dan juga mempercepat penyembuhan luka setelah melahirkan.

Pengaturan asupan makanan pun harus sangat di perhatikan dan perlu di atur. Di antaranya adalah mengkonsumsi secara rutin tiga kali dalam satu hari, menyajikan bahan makanan yang mengandung nilai gizi yang tinggi misalnya empat sehat lima sempurna, membuat makanan yang beraneka ragam agar tidak merasa bosan dan jenuh. Bahan makanan yang dipilih pun lebih baik jika dalam keadaan segar.

Pemilihan makanan sehat, segar dan juga empat sehat lima sempurna sangat baik bagi janin yang ada di dalam perut sang ibu saat perkembangan janin 3 bulan. Makanan empat sehat lima sempurna terdiri dari makanan pokok, lauk pauk, sayuran dan buah serta du gelas susu setiap hari. Ibu juga sebaiknya tetap menghindari makanan setengah matang karena membahayakan kondisi janin.

Share and Enjoy

  • Facebook
  • Twitter
  • Google Plus

Leave a comment

Your email address will not be published.


*