Membacakan Buku Bagian Penting dari Perawatan Bayi. Ini Penjelasannya

perawatan bayi www.facebook.com/ibudanbalita

Apa bagian terpenting dari perawatan bayi? Ibu akan menemukan jawabannya sekarang.

Bawasannya merawat bayi itu tidak hanya sekedar bagaimana cara memandikan, menjaga kesehatan kulitnya yang masih sensitif, serta senantiasa menjaga kesehatannya.

Perawatan kepada bayi memiliki tujuan yang lebih dari itu. Apalagi jika bayi yang ibu lahirkan mengalami masalah seperti lahir prematur atau dengan keluhan kesehatan tertentu.

Tujuan Utama Merawat Bayi

Ini yang sering dilupakan atau mungkin tidak disadari oleh kebanyakan ibu. Bawasannya tujuan utama memberikan perawatan kepada bayi adalah untuk memastikan perkembangannya baik.

Jadi, apa yang ibu lakukan seperti memandikan dengan air hangat, menggunakan lotion setelah mandi, memilihkan baju dengan kain yang lembut, memijat setelah memandikan, dan perawatan lainnya hanya instrumen di mana tujuan utamanya adalah untuk memastikan si kecil berkembang dengan baik.

Nah, arti dari perkembangan ini juga sangat luas. Tentu tidak hanya berkutat pada perkembangan fisik saja, tapi juga mental. Dengan kata lain, perkembangan bayi dikatakan baik jika semua organ tubuhnya bekerja sesuai dengan fungsi dan peran masing-masing.

Oleh sebab itu, perawatan untuk bayi tidak boleh setengah-setengah. Ibu tidak boleh hanya fokus merawat fisik saja. Lebih dari itu, yang paling penting adalah perkembangan otak dan kecerdasannya.

Membacakan Buku Menjadi Bagian dari Perawatan Bayi

Dari penjelasan tersebut di atas, maka membacakan dianggap sebagai bagian penting dari proses merawat sang buah hati.

“Bukannya bayi belum tahu apa-apa apalagi dengan dibacakan sebuah buku?” Betul sekali. Akan tetapi, tujuan utamanya tidak untuk membuat ia bisa berbicara atau bisa membaca.

Ada banyak manfaat dari kegiatan membacakan buku untuk si kecil. Salah satunya adalah untuk melatih indera pendengarannya. Jadi, semakin sering ibu membacakan buku, maka si kecil akan semakin sering mendengarkan suara ibu sehingga indera pendengarannya akan semakin sempurna.

Selain itu, membacakan buku juga secara tidak langsung membuat otak si kecil berkembang. Bahkan, bagi ibu yang memiliki bayi prematur, sebaiknya ibu lebih sering melakukan kegiatan yang satu ini. Hal ini sangat penting agar perkembangan otak si kecil bisa cepat berkembang dan tidak tertinggal jika dibandingkan dengan perkembangan otak bayi yang lahir normal.

Dan yang paling penting, ternyata membacakan buku akan membuat bayi ibu belajar berkomunikasi. Walaupun belum saatnya belajar bicara, kegiatan membacakan buku ini akan membantu setidaknya agar si kecil mulai mengenal suara atau kata-kata yang digunakan untuk berkomunikasi.

Para pakar linguistik mengatakan bawasannya bayi mulai belajar bicara ketika ia sudah banyak mendengar. Jadi, semakin banyak si kecil mendengar, maka semakin mudah ia belajar berbicara.

Jadi, sudahkah ibu menerapkan perawatan untuk bayi dengan cara membacakan buku? Ibu sudah tahu berbagai manfaat dari perawatan yang satu ini. Jika ibu ingin perkembangan sang buah hati optimal, selain memberikan perawatan fisik, ibu juga perlu menerapkan perawatan yang satu ini.

Luangkan waktu untuk sesi baca buku. Dan ibu bisa lihat bagaimana perkembangan sang buah hati.

Khusus untuk bayi yang lahir dalam keadaan prematur, membacakan buku ini akan membantu mempercepat perkembangan beberapa organ terutama otak dan juga pendengaran. Jadi, sebaiknya ibu selalu membacakan buku setiap hari agar si kecil bisa tumbuh kembang seperti bayi yang dilahirkan secara normal lainnya.

Share and Enjoy

  • Facebook
  • Twitter
  • Google Plus

Leave a comment

Your email address will not be published.


*