Memahami Konsep Diet Ibu Hamil Trimester 3

Diet Ibu Hamil www.bumpsnbaby.com

Untuk beberapa ibu hamil, mereka disarankan melakukan diet. Yang pasti, bukan diet biasa melainkan diet yang dikhususkan untuk seorang ibu hamil.

Diet ibu hamil trimester 3 memiliki aturan yang berbeda. Lalu, siapakah yang harus melakukan diet? Dan bagaimana cara diet untuk ibu hamil?

Ibu Dengan Resiko Terkena Diabetes

Mungkin ibu merasa tidak memiliki masalah dengan gula darah sehingga ibu yakin tidak akan terkena diabetes. Atau ibu merasa kenaikan berat badan saat hamil normal. Akan tetapi, tetap saja resiko diabetes pada masa kehamilan selalu ada. Hal ini dipengaruhi oleh faktor hormonal. Untuk lebih jelasnya mengenai hal ini, ibu bisa tanyakan langsung kepada dokter kandungan.

Akan tetapi, resiko diabetes pada ibu hamil tidak hanya disebabkan oleh faktor hormonal saja. Gaya hidup serta cara menjaga kesehatan kehamilan yang kurang tepat disinyalir menjadi penyebab yang paling sering terjadi. Contohnya saja mengkonsumsi terlalu banyak karbohidrat dari nasi. Banyak ibu hamil yang masih menganggap menjaga kesehatan ibu hamil harus dilakukan dengan cara makan yang banyak. Padahal tidak demikian. Makan nasi terlalu banyak justru akan menaikan gula darah sehingga resiko terkena diabetes meningkat.

Tentu saja ada faktor penyebab lainnya. Yang pasti, diet untuk ibu hamil trimester 3 sangat penting untuk ibu ketahui.

Diet Ibu Hamil Trimester Ketiga

Ada dua hal yang menjadi tujuan utama mengapa program diet saat hamil ini sebaiknya dilakukan. Yang pertama, diet dilakukan untuk mencegah naiknya gula darah yang bisa menyebabkan diabetes. Pasalnya, penyakit yang satu ini bisa menyebabkan bayi di dalam kandungan juga mengalami penyakit yang sama. Akibatnya, ketika lahir dan tumbuh dewasa nanti, ia rentan sekali terkena diabetes.

Tujuan yang kedua adalah mencegah obesitas. Obesitas pada ibu hamil akan membuat proses persalinan semakin sulit. Lebih dari itu, ibu hamil yang mengalami obesitas cenderung akan melahirkan bayi dengan berat badan yang tidak ideal. Padahal, berat badan bayi baru lahir sangat menentukan kesehatan bayi di kemudian hari.

Untuk dua tujuan tersebut, beberapa hal mengenai diet ibu hamil trimester ketiga harus ibu lakukan.

  • Mengatur Jumlah Kalori

Mencegah diabetes tidak hanya dilakukan dengan cara mengatur kandungan kadar gula di dalam darah. Lebih dari itu, ibu juga harus mengatur jumlah kalori. Pasalnya, ini juga berpengaruh pada berat badan dan juga diabetes.

Mengatur jumlah kalori bisa dilakukan dengan cara mengkonsumsi makanan dengan nutrisi yang seimbang. Usahakan agar menu makanan yang ibu konsumsi juga berupa sayuran dan daging. Dengan demikian, tidak hanya kalori saja yang masuk ke dalam tubuh, melainkan juga protein, kalsium, dan nutrisi ibu hamil lainnya.

  • Harus Sarapan

Banyak orang yang tidak memperdulikan yang satu ini. Karena kesibukan di pagi hari, mereka lupa untuk sarapan. Begitu pula yang dilakukan oleh ibu hamil.

Sarapan tidak hanya memberikan energi di pagi hari hingga siang hari saat makan siang tiba. Lebih dari itu, sarapan akan memastikan gula dalam darah terkontrol. Berbeda dengan orang yang sering brunch atau breakfast lunch, yaitu menggabungkan sarapan dengan makan siang. Karena di pagi hari tubuh kekurangan energi, ketika di siang hari ia terlalu banyak mendapatkan energi. Maka gula darahnya akan naik dan semakin sulit terkontrol.

Sarapan setiap pagi harus ibu jadikan sebagai bagian dari diet kehamilan trimester 3. Dan yang pasti, dengan sarapan, ibu akan memastikan nutrisi yang dibutuhkan oleh janin di pagi hari terpenuhi.

  • Cemilan

Ini yang membedakan antara diet untuk ibu hamil dengan diet biasa. Diet ibu hamil dilakukan dengan cara sering mengkonsumsi cemilan. Hanya saja, bukan cemilan yang tidak sehat.

Cemilan untuk ibu hamil bisa berupa buah-buahan atau sayur-sayuran. Ibu bisa membuat salad dari berbagai jenis sayuran dengan menambahkan susu atau yogurt agar terasa lebih nikmat.

  • Konsumsi Susu Ibu Hamil

Salah besar jika menganggap susu menjadikan tubuh gemuk. Ini anggapan orang kuno. Apalagi susu ibu hamil yang kandungan gulanya sudah ditentukan sesuai dengan yang direkomendasikan oleh pakar kesehatan ibu hamil.

Selain itu, susu juga mengandung gizi yang seimbang untuk ibu hamil. Harus dipahami bawasahnnya diabetes dan obesitas itu bisa dihindari dengan cara mendapatkan asupan nutrisi yang seimbang, tidak hanya menghindari makanan atau minuman yang terlalu manis.

  • Stop Makan Coklat dan Biskuit

Sebenarnya tidak masalah jika ibu mengkonsumsi dua jenis makanan ini. Hanya saja, terkadang jika ibu sudah asyik makan coklat dan biskut, ibu menjadi khilaf. Ibu akan susah berhenti.

Jadi, akan lebih baik ibu hindari cemilan tersebut. Ganti dengan cemilan buah-buahan yang lebih menyegarkan dan rendah kadar gulanya.

Konsultasi dengan bidan atau dengan dokter sangat disarankan dilakukan secara rutin. Hal ini tidak hanya bertujuan untuk mengetahui kondisi kesehatan ibu dan janin di dalam kandungan. Lebih dari itu, konsultasi juga penting untuk mengetahui jika ada faktor resiko terkena diabetes. Dokter yang lebih mengerti tentang hal tersebut. Jadi ada, maka ibu harus menerapkan diet untuk ibu hamil.

Share and Enjoy

  • Facebook
  • Twitter
  • Google Plus

Leave a comment

Your email address will not be published.


*