Melakukan Yoga Ibu Hamil Tidak Selalu Bisa Menghilangkan Rasa Cemas

Cemas Hilang, Yoga Ibu Hamil www.ibudanbalita.com

Kenapa seorang ibu cemas?

Banyak yang menganggap cemas yang dirasakan oleh seorang ibu hamil itu lantaran faktor psikologis. Kekhawatiran akan kesehatan, proses persalinan, serta masa depan anak menjadi penyebab kecemasan tersebut muncul.

Kemudian banyak tips mengatasi kecemasan saat hamil. Salah satunya ibu hamil disarankan untuk melakukan yoga. Yoga akan membuat pikiran rileks sehingga ibu hamil tidak stress dan tidak lagi merasa cemas.

Namun, yoga saja ternyata tidak cukup untuk mengatasi kecemasan ketika hamil.

Tidak Hanya Yoga Yang Dibutuhkan

Cemas saat hamil tidak hanya disebabkan faktor psikologi lho. Apalagi hal tersebut hanya dikataikan dengan hal-hal di luar seperti cemas tentang masa depan anak misalnya.

Rasa cemas ini muncul bisa disebabkan oleh faktor intern seperti pertumbuhan hormone dan lain sebagainya.

Jadi, jelas kan kenapa yoga saja tidak cukup untuk mengatasi kecemasan saat hamil?

Meskipun demikian, tetap saja yoga akan membantu mengatasi rasa cemas yang berlebihan selama masa kehamilan. Hal ini seperti yang dijelaskan oleh pakar psikologi di situs www.ibudanbalita.com. Ibu bisa pelajari lebih jauh tentang yoga ibu hamil di website tersebut.

Dan tentu saja ada hal lain yang tak kalah penting jika ibu ingin menghilangkan rasa cemas tersebut. Ingin tahu apa saja yang bisa ibu lakukan?

Mengatasi Rasa Cemas Selain Yoga

Seperti yang telah dijelaskan sebelum, ada faktor intern juga yang bisa menyebabkan stress dan rasa cemas saat hamil. Kecemasan juga bisa disebabkan karena suasana hati yang kurang baik.

Untuk mengatasi masalah suasana hati yang kurang baik ini, ibu bisa mengkonsumsi makanan yang mengandung omega 3. Banyak sekali makanan yang mengandung omega 3, terutama seafood.

Selain itu, ibu juga bisa dengan mudah mendapatkan asupan nutrisi tersebut dari susu ibu hamil.

Datang ke psikoterapi sangat disarankan jika rasa cemas yang ibu alami sudah sangat berbahaya. Ibu seharusnya mewaspadai jika cemas yang ibu alami membuat ibu kehilangan nafsu makan sehingga hal tersebut bisa mengganggu kesehatan.

Jika memang kecemasan yang ibu alami sudah dalam level yang berbahaya, ada kemungkinan psikiater akan memberikan obat anti-depresan. Apakah ini diperbolehkan? Sebaiknya ibu konsultasikan juga dengan dokter kandungan. Pasalnya, ada kondisi di mana obat apapun bisa berbahaya jika ibu konsumsi ketika hamil.

Ada baiknya juga ibu meluangkan waktu untuk bersantai setiap hari. Ibu bisa bersantai di pagi hari ketika matahari terbit. Atau ibu bisa mengajak suami ibu hangout di malam hari sambil menikmati cokelat. Ibu harus tahu cokelat itu mengandung kandungan yang bisa menenangkan suasana hati lho.

Kecemasan yang dirasakan oleh seorang ibu hamil merupakan hal yang wajar. Apalagi ada faktor hormone yang berpengaruh.

Kebanyakan kecemasan tersebut menjadi sangat parah jika dipengaruhi oleh faktor eksternal seperti kekhawitiran akan masa depan sang buah hati ketika sudah lahir nanti.

Itulah mengapa kesiapan mental seorang wanita itu sangat penting. Banyak yang cemas dan akhirnya membahayakan kesehatan bayi lantaran wanita menikah pada usia dini. Mental mereka belum siap untuk menjadi seorang ibu.

Berbagai masalah ekonomi juga menyumbang munculnya kecemasan ini. Belum lagi jika ada masalah di intern keluarga.

Semakin kompleks masalah yang dihadapi maka semakin banyak hal yang perlu dilakukan untuk mengatasi kecemasan ibu. Dan yang pasti, ibu harus lebih sering sharing agar kecemasan ibu tidak semakin parah. Sharing bisa ibu lakukan di forum ibu hamil atau dengan psikolog di situs ibu dan balita.

Share and Enjoy

  • Facebook
  • Twitter
  • Google Plus

Leave a comment

Your email address will not be published.


*