Melakukan Hal Kecil Berimbas Besar untuk Sang Buah Hati

ibudanbalita http://www.ibudanbalita.com/

Setiap orang tua pasti ingin melihat anaknya baik, cerdas, dan sopan terhadap orang lain. Cerdas pasti bisa. Sekarang sudah banyak permainan edukatif yang bisa ibu berikan untuk si kecil.

Tapi bagaimana mendidik anak sehingga memiliki perilaku dan karakter yang baik menjadi hal yang tidak mudah.

Dan ibu harus tahu, menjadikan anak berkarakter merupakan kunci utama agar ia tumbuh menjadi anak yang baik. Ibu pasti setuju anak harus baik dulu. Pintar dan sukses itu bonus.

Ada beberapa hal kecil dan sepele yang jika ibu lakukan akan berimbas besar pada anak. Apa saja itu?

Mengajarkan Si Kecil Agar Mandiri

Apa yang ibu lakukan jika anak ibu belajar naik sepeda dan jatuh? Menolongnya langsung bukan cara yang tepat.

Menolongnya secara langsung itu akan membuat anak tergantung pada ibu sebagai orang tua. Akan lebih baik jika membiarkan si kecil untuk bangun sendiri.

Ia menangis? Mungkin saja si kecil menangis karena sakit setelah jatuh dari sepeda. Tapi tidak apa-apa. Jika lukanya tidak begitu parah atau bahkan hanya jatuh saja, sebaiknya ibu biarkan saja anak ibu berdiri sendiri.

Ini cara yang tepat untuk mengajarkan kemandirian kepada si kecil. Dalam segala hal, ibu seharusnya membiarkan si kecil melakukan dan menyelesaikan masalahnya sendiri. Seperti ketika kamar tidurnya berantakan, ajak si kecil untuk merapikan sendiri. Jika sepatunya kotor, ajari si kecil untuk membersihkan sendiri.

Membuatkan Bekal Sekolah

Bukan berarti anak ibu sendiri yang membuat bekal sekolah ya. Tentu ia belum bisa. Ibu yang membuatnya sendiri di rumah.

Apa imbasnya?

Ibu tahu apa jadinya jika si kecil terbiasa jajan di luar? Setiap kali istirahat sekolah atau pulang sekolah, ia jajan. Ia akan menjadi anak yang konsumtif. Dan bukan tidak mungkin sampai dewasa nanti ia akan menjadi anak yang konsumtif.

Akan lebih baik jika ibu membawakan bekas sekolah. Dengan cara ini, ibu bisa mengajarkan pentingnya makan makanan dari rumah, tidak jajan di luar.

Dan hal yang penting lagi adalah bawasannya si kecil akan belajar menghargai uang. Setiap kali ia mendapatkan uang jajan, ia tidak langsung membelanjakannya tapi menabung. Karena sudah ada bekal sekolah yang sudah ibu siapkan.

Ibu tidak memiliki waktu untuk membuatkan bekal dari rumah?

Tenang saja. Ada banyak ide menu makanan yang bisa ibu buat dengan mudah tanpa menghabiskan banyak waktu. Ide makanan yang sehat, unik, dan pastinya si kecil akan tertarik.

Menu bekal sekolah yang menarik akan membuat si kecil bersemangat menyantap makanan tersebut ketika di sekolah. Ibu bisa temukan menu makanan untuk bekal sekolah di ibudanbalita. Di sana ada banyak ide menu makanan unik untuk dijadikan bekal sekolah. Selain menarik, menu makanan tersebut juga bergizi tinggi.

Mungkin mudah bagi ibu untuk menjadikan anak menjadi pintar. Tapi, tugas ibu yang paling berat adalah bagaimana membuat si kecil tumbuh menjadi anak yang berkepribadian dan berkarakter baik.

Itu bukan tugas guru, tapi tugas ibu sebagai orang tua. Ibu bisa mulai memahami psikologi anak agar ibu lebih mudah mengajarkan hal-hal yang baik kepada si kecil.

Terdapat banyak tips untuk mengoptimalkan tumbuh kembang anak di situs ibu dan balita. Pahami dan terapkan agar perkembangannya maksimal.

Share and Enjoy

  • Facebook
  • Twitter
  • Google Plus

Leave a comment

Your email address will not be published.


*