Mau Tetap Pede? Coba 6 Cara Tepat Menjaga Kesehatan Gigi Ini!

menjaga kesehatan gigi mediacerita.com

Gigi merupakan salah satu bagian tubuh yang menjadi perhatian banyak orang lho, jadi amat penting bagi kamu untuk mengetahui bagaimana cara menjaga kesehatan gigimu. Setiap kali kamu berbicara dengan teman kerja, orang tua, sahabat, atau bahkan pacar kamu sendiri, kamu pasti nggak mau kan mereka terganggu akibat masalah bau mulutmu?

Nah, tak jarang memang banyak orang seringkali membiarkan kesehatan giginya hingga terlanjur parah, kemudian baru melakukan langkah penanganan. Jangan seperti itu ya! Semua orang pasti ingin terlihat keren dan tetap pede setiap saat. Sayangnya, masalah gigi ini akan dapat sangat mengganggumu jika tidak dirawat sejak dini.

Percaya atau tidak, ada banyak sekali kebiasaan sehari-hari yang mungkin kamu anggap sepele ternyata dapat menjadi penyebab masalah pada gigimu lho. Karena itulah, nggak jarang anak remaja bahkan yang berusia dibawah 10 tahun pun banyak mendapati giginya menghitam atau berlubang. Entah karena tidak tahu atau memang sengaja malas.

Jadi, berikut ini adalah 6 cara menjaga kesehatan gigimu agar tetap putih, bersih dan sehat yang wajib kamu lakukan…

  1. Malas menggosok gigi minimal 2 kali sehari? Jangan kaget ya bila mulutmu bau dan gigimu berlubang.

Sebenarnya mudah saja, untuk menjaga kesehatan gigi, hal terpenting adalah dengan menjaga kebersihan gigimu setiap saat. Menggosok gigi minimal 2 kali sehari pada pagi dan malam hari, akan memastikan tidak ada sisa-sisa makanan yang menempel pada gigimu. Artinya, gigimu akan tetap bersih dan sehat.

Namun, hal ini sangat sulit dikerjakan setiap hari bukan? Apalagi kalau belum terbiasa melakukannya. Kamu mungkin akan lebih memilih untuk langsung tidur di malam hari karena kecapekan daripada lebih dahulu membersihkan gigimu. Jika kebiasaan tersebut tidak segera kamu hentikan, sisa-sisa makanan yang sebelumnya telah kamu makan akan menjadi plak. Tahu nggak, plak inilah yang menjadi penyebab utama berbagai masalah gigi lho, mulai dari bau mulut hingga gigi berlubang.

Jadi, mulai sekarang cobalah untuk membiasakan diri menggosok gigi 2 kali sehari ya. Saat mandi pada pagi hari, dan juga malam hari sebelum tidur. Pasti deh, kalau kamu rajin, lama-kelamaan akan jadi terbiasa kok.

  1. Jangan lupakan pasta gigi ya, pilih yang tepat!

Rasanya pasti nggak enak kan kalau menggosok gigi tanpa pasta gigi? Tentu saja. Namun sebenarnya fungsi pasta gigi bukan hanya itu aja lho. Pasta gigi memiliki kandungan yang ampuh untuk merawat kesehatan gigimu, mulai dari anti-bacterial, fluoride hingga pemutih. Gigimu yang sudah kuning bisa kembali putih dengan adanya pasta gigi ini lho.

Jadi pastikan, setiap kali kamu menggosok gigi, gunakan pasta gigi terbaik yang memiliki kandungan yang dapat membantu kesehatan gigimu ya.

  1. Berkumur? Penting nggak sih? Penting banget.

Faktanya, gigimu hanyalah menempati 25% dari apa yang ada dalam mulutmu, dan menggosok gigi saja nggak akan cukup untuk menjaga seluruhnya. Berkumur menjadi cara terbaik menjaga seluruh bagian dalam mulutmu lho. Nggak percaya?

Dengan berkumur yang benar, nggak ada bagian manapun dalam mulutmu yang tidak dapat terjangkau oleh obat kumur. Tidak seperti saat menggosok gigi, terkadang ada beberapa bagian gigi yang memang sulit untuk dijangkau oleh sikat gigi. Jadi, berkumur adalah pilihan terbaik untuk menjaga keseluruhan mulutmu ya.

Gunakanlah obat kumur terbaik, yang mampu untuk membunuh seluruh kuman yang ada dalam mulutmu. Lalu, kapan dan berapa lama saat berkumur? Waktu terbaik melakukannya adalah dua kali sehari, dan dilakukan dalam 30 detik. Dijamin, setelah berkumur mulutmu akan jadi lebih sehat dan segar.

  1. Kurangi makanan mengagandung gula, kenapa?

Makanan yang mengandung gula akan sangat mudah menempel pada gigimu. Hal ini tentu buruk bagi kamu yang jarang menggosok gigi. Bisa-bisa, gigimu akan dipenuhi plak karena jarang kamu bersihkan. Kamu pasti sering melihat anak kecil punya gigi yang hitam dan berlubang kan? Ini salah satu dampak makanan gula lho.

Boleh saja kamu makan makanan mengandung gula seperti permen, coklat atau yang lain, tapi kamu juga harus bijak untuk membersihkannya setiap hari ya.

  1. Suka minum kopi dan teh? Kurangi dari sekarang ya.

Yah, kopi dan teh memang menjadi minuman favorit orang Indonesia. Tapi ternyata, terlalu sering meminum minuman tersebut dapat membuat gigimu menjadi kuning lho. Karena warna kopi dan teh yang gelap, dapat mempengaruhi tingkat keputihan pada gigimu. Jadi, sudah tahu apa yang harus kamu lakukan kan? Demi kesehatan dan keputihan gigimu, kamu harus kurangi untuk minum kopi ya.

  1. Hindari makanan dan minuman yang panas!

Hal sepele ini pasti sering kamu lakukan bukan? Entah karena terpaksa makan makanan panas agar terasa lebih lezat, atau memang tidak tahu bahwa makanan panas dapat merusak gigi. Sebenarnya, makanan yang panas ini akan dapat membuat gigimu jadi menguning lho, karena lapisan gigi akan semakin menipis. Jika hal ini terus saja kamu lakukan, dalam jangka waktu pendek, kamu akan dapati perubahan warna pada gigimu. Jadi, sebaiknya tunggulah makanan sampai hangat lebih dulu ya.

Gimana? Mana yang sudah kamu lakukan? Belum terlambat ya, segeralah melakukan 6 tips diatas untuk mengembalikan kesehatan gigimu. Namun, jika dirasa sudah sangat mengganggu diri sendiri maupun orang lain, lebih baik datanglah pada dokter gigi untuk melakukan penanganan ya. Informasi cara menjaga kesehatan gigi diatas nggak akan berguna kalau kamu tidak punya kesadaran lho. Jadi, mulailah untuk membangun kesadaran mengenai pentingnya merawat gigi dan mulut ya, dan semoga bermanfaat.

Share and Enjoy

  • Facebook
  • Twitter
  • Google Plus

Leave a comment

Your email address will not be published.


*