Masih Berani Mengkonsumsi Makanan Ini? Lupakan Jika Ingin Perkembangan Janin Baik

perkembangan janin https://www.facebook.com/ibudanbalita/photos

Ibu pasti sudah tahu entah dari orang tua, teman, atau langsung dari dokter tentang makanan apa saja yang sebaiknya tidak dikonsumsi selama masa kehamilan.

Banyak sekali jumlahnya, bukan? Dan sepertinya ibu akan yakin bisa menghindari mengkonsumsi makanan tersebut.

Akan tetapi, tunggu dulu. Bagaimana dengan makanan yang berikut ini? Di bawah ini, ada beberapa makanan yang sangat lezat khususnya bagi sebagian besar kalangan orang Indonesia.

Tapi sayangnya makanan tersebut bukan termasuk makanan yang bagus untuk perkembangan janin.

Makanan berikut ini sangat lezat tapi pertimbangkan dulu sebelum akhirnya mengkonsumsinya. Ibu harus tahu apa resiko yang bisa terjadi jika masih kekeuh makan makanan berikut ini.

Bakso

Bukannya bakso itu bagus untuk kesehatan ibu dan juga janin di dalam kandungan? Memang bagus sekali karena kebanyakan bakso terbuat dari daging sapi. Tentu saja nutrisinya sangat dibutuhkan oleh ibu hamil.

Namun, bukan itu yang menjadi permasalahan. Masalah adalah kandungan lain selain daging. Pernah dengar kan ada oknum pembuat atau penjual bakso yang mencampurkan bahan berbahaya ke dalam bakso, seperti boraks?

Kandungan berbahaya tersebut jelas tidak baik untuk perkembangan bayi yang masih ada di dalam rahim. Menurut penelitian, jika zat berbahaya tersebut masuk dan dicerna oleh bayi, kemungkinan terburuknya bayi yang ibu lahirkan akan mengalami cacat mental.

Belum lagi dengan bumbu yang digunakan untuk membuat bakso seperti MSG. Bagi orang dewasa saja, MSG sangat tidak baik. MSG merupakan salah satu penyebab kanker. Apalagi jika MSG ini diserap oleh janin. Tentu hal yang lebih buruk lagi bisa terjadi.

Sosis

Aneh juga untuk yang satu ini. Kok bisa sosis termasuk makanan yang tidak disarankan untuk dikonsumsi saat hamil.

Memang terdengar tidak masuk akal jika sosis juga makanan berbahaya bagi janin. Akan tetapi, dengarkan dulu penjelasannya berikut ini.

Memang sosis merupakan makanan yang terbuat dari daging. Akan tetapi, bukan berarti sosis itu memberikan banyak manfaat khususnya untuk perkembangan janin di dalam kandungan.

Sosis merupakan makanan yang terbuat dari daging olahan di mana kebanyakan mengandung kandungan berbahaya seperti bakteri listeria monocytogenes. Menurut para ahli kesehatan, ini merupakan bakteri yang bisa menjadi penyebab keguguran.

Meskipun ibu sudah memasak kembali sosis hingga benar-benar matang, ternyata bakteri tersebut tidak secara langsung mati.

Jadi, akan lebih baik jika ibu menghindari mengkonsumsi sosis selama masa kehamilan.

Keju

Ibu pasti tahu keju merupakan makanan yang terbuat dari susu. Namun, tidak semua keju itu bagus lho.

Memang ada keju yang disarankan untuk dikonsumsi oleh ibu hamil dan juga balita. Keju tersebut merupakan keju yang terbuat dari susu yang telah di pasteurisasi.

Sementara itu, kebanyakan keju yang dijual di pasaran terbuat dari susu yang belum di pasteurisasi. Untuk itu, jika suka sekali keju, sebaiknya pilihlah keju yang sudah di pasteurisasi.

Tiga makanan tersebut di atas memang terdengar sehat dan juga lezat. Akan tetapi, siapa sangka jika makanan tersebut bukan makanan yang bagus untuk perkembangan bayi di dalam rahim.

Oleh sebab itu, ibu perlu banyak membaca tentang bagaimana cara menjaga kesehatan ibu dan janin serta makanan apa yang boleh dan tidak boleh dikonsumsi selama hamil. Selain itu, ibu juga sebaiknya tahu alasannya ya.

Share and Enjoy

  • Facebook
  • Twitter
  • Google Plus

Leave a comment

Your email address will not be published.


*