Masalah Kesehatan Yang Sering Terjadi Ketika Ibu Memberikan Menu MPASI 6 Bulan

menu MPASI bayi 6 bulan www.awalsehat.nestle.co.id

Sebaiknya ibu tidak boleh asal-asalan dalam membuatkan menu MPASI bayi 6 bulan. Jangan sampai si kecil mengalami masalah kesehatan. Sayangnya, banyak orang tua yang tidak memperdulikan hal tersebut. Karena usia bayi sudah mencapai 6 bulan, mereka merasa bebas memberikan makanan apapun sebagai MPASI atau makanan pendamping ASI.

Padalah, ada kriteria khusus bagaimana menu MPASI bayi 6 bulan. Ibu harus perhatikan tekstur, kandungan nutrisinya, dan lain sebagainya.

Terlepas dari itu semua, ada masalah kesehatan yang sering terjadi setelah ibu memberikan menu makanan untuk bayi 6 bulan tersebut. Ibu tahu apa saja itu?

3 Masalah Kesehatan

Setelah ibu tahu ada masalah kesahatan yang bisa terjadi ketika ibu memberikan menu MPASI untuk bayi 6 bulan, ibu pasti tidak akan sembarangan lagi untuk memberikan makanan untuk si kecil. Ibu akan sangat selektif.  Bahkan, ibu tidak akan membiarkan orang lain menyiapkan menu makanan tersebut. Setidaknya mulai sekarang ibu harus menyiapkan bahan apa saja yang baik untuk dijadikan sebagai menu MPASI.

Berikut ini 3 masalah kesehatan yang biasa terjadi ketika bayi 6 bulan mulai mendapatkan menu MPASI.

  1. Susah Buang Air Besar

Ini yang paling sering terjadi. Tentu saja wajar. Selama 6 bulan, bayi hanya mengkonsumsi ASI. Teksturnya cair sehingga mudah untuk dicerna di dalam sistem pencernaan.

Berbeda dengan menu MPASI 6 bulan. Walaupun teskturnya tidak begitu padat, tetap saja sistem pencernaan harus bekerja lebih keras lantaran belum terbiasa mencerna makanan seperti itu.

Akibatnya, makanan tidak dicerna secara sempurna. Pada akhirnya, si kecil akan mengalami susah buang air besar.

Memang tidak semua bayi mengalami hal ini. Hanya saja, kebanyakan mengalaminya. Jika si kecil juga susah buang air kecil setelah mengkonsumsi menu MPASI untuk bayi usia 6 bulan yang ibu berikan, ibu tidak perlu khawatir. Itu hal yang wajar. Bayi sedang melalui proses adaptasi dengan menu makanan yang sedikit lebih kasar.

Yang perlu ibu lakukan hanyalah memberikan lebih banyak ASI. Gunanya agar sisa makanan bisa cepat melunak dan akhirnya mudah dikeluarkan melalui buang air besar.

Apakah perlu obat? Sebenarnya tidak perlu. Sebaiknya, sebisa mungkin si kecil tidak mendapatkan obat-obatan apalagi obat tersebut mengandung bahan kimiawi.

  1. Alergi

Alergi tidak hanya disebabkan oleh susu lho. Banyak orang tua yang menganggap alergi yang dialami oleh bayi disebabkan oleh susu yang diberikan.

Menu MPASI 6 bulan bisa juga menyebabkan alergi lho. Apalagi jika ibu sudah mulai memberikan menu MPASI yang mengandung protein tinggi. Beberapa bayi memang alergi terhadap protein hewani. Untuk itu, ibu perlu berhati-hati jika sudah mulai membuat menu makanan yang salah satu bahannya berupa daging seperti daging sapi.

Akan lebih aman jika menu MPASI usia 6 bulan yang ibu berikan berasal dari bahan dasar seperti ubi-ubian, sayuran, atau buah-buahan.

  1. Diare

Bisakah bayi mengalami diare? Tentu saja bisa. Dan ini juga cukup sering terjadi.

Banyak orang tua yang tidak mau terlalu ribet dengan membuatkan menu MPASI yang rumit. Paling mudah adalah memberikan buah yang sudah dihaluskan. Contohnya saja buah pepaya. Akan tetapi, tahukah ibu terlalu banyak memberikan pepaya bisa menyebab diare?

Memang bukan hanya pepaya saja yang menjadi faktor penyebabnya. Bisa saja ada bakteri yang masuk ke dalam sistem pencernaan sehingga membuat si kecil mengalami diare. Ini bisa terjadi jika ibu tidak begitu bersih mencuci peralatan makan dan minum si kecil. Atau kondisi lingkungan yang kurang sehat juga bisa menyebabkan bakteri masuk ke dalam tubuh si kecil dan akhirnya ia mengalami diare.

Untuk itu, selain menjaga lingkungan, ibu juga perlu memperhatikan menu MPASI bayi usia 6 bulan yang ibu berikan. Jangan terlalu sering memberikan menu makanan yang terbuat dari bahan berupa buah yang masam. Buah seperti itu sangat beresiko tinggi membuat bayi mengalami diare.

Meskipun demikian, semua masalah tersebut hanyalah bagian dari proses adaptasi bayi dengan menu makanan yang sedikit lebih padat. Jadi, sebenarnya tidak ada yang perlu dikhawatirkan.

Menghadapi Masalah Kesehatan Ketika Bayi Mendapatkan MPASI

Yang pasti, lupakan jika ibu ingin memberikan obat. Pemberian obat bukanlah ide yang bagus.

Dokter anak tidak akan menyarankan agar bayi diberi obat jika mengalami masalah kesehatan. Obat merupakan alternatif yang paling akhir jika sudah tidak ada cara lain untuk mengatasi masalah tersebut.

Lalu bagaimana jika tiga masalah kesehatan tersebut di atas terjadi ketika ibu memberikan menu MPASI 6 bulan? Ada dua hal yang perlu ibu lakukan.

Yang pertama, hentikan memberikan menu MPASI tersebut. Toh masih banyak menu MPASI lainnya yang bisa ibu coba. Atau ibu bisa memberikan Nestle CERELAC yang merupakan menu MPASI yang mudah dibuat dengan kandungan gizi yang dibutuhkan oleh bayi.

Yang kedua, ibu harus memberikan lebih banyak ASI. Tidak ada yang lebih baik daripada ASI. Pada dasarnya, masalah kesehatan yang dialami oleh si kecil itu lebih disebabkan karena kekebalan tubuh yang tidak bagus. Dan cara yang paling tepat untuk meningkatkan kekebalan tubuh adalah dengan memberikan ASI lebih banyak.

Dua hal tersebut bisa ibu lakukan jika terjadi masalah kesehatan ketika ibu baru mulai memberikan menu MPASI bayi 6 bulan.

Share and Enjoy

  • Facebook
  • Twitter
  • Google Plus

Leave a comment

Your email address will not be published.


*