Manfaat Olahraga Untuk Ibu Hamil

Olahraga Ibu Hamil

Pada saat masa kehamilan pada usia trimester akhir beberapa ibu sangat khawatir pada proses persalinannya dan bingung olahraga untuk ibu hamil yang tepat. Oleh  sebab itu Anda membutuhkan informasi yang bisa membantu Anda untuk mengatasi kekhawatiran saat menunggu persalinan.

Hendaknya informasi yang Anda peroleh menjelang persalinan diberitahukan pada suami yang akan menjadi pendamping untuk menemani Anda ketika persalinan. Disamping  Anda mengetahui informasi menjelang persalinan, hal yang perlu Anda ketahui yaitu beberapa cara persiapan sebelum persalinan. Bukan hanya untuk pasangan suami istri yang baru, menyambut kedatangan bayi pertama namun untuk setiap ibu hamil akan mengalami kekhawatiran menjelang persalinannya.

Salah satu persiapan yang bisa Anda persiapkan yaitu  ketenangan, mengatur emosional dan mengurangi ketakutan dalam menghadapi persalinan.  Di samping itu beberapa aktivitas ringan yang bermanfaat bisa Anda lakukan salah satunya yaitu dengan melakukan jalan kaki setiap pagi guna melancarkan persalinan. Persalinan normal sangat diinginkan oleh semua calon ibu. Untuk Anda yang mengharapkan persalinan secara normal, Anda perlu menjaga kebugaran tubuh semasa kehamilan. Salah satunyanya adalah dengan melakukan jalan kaki pagi.  Jalan kaki setiap pagi  bisa memberikan ketenangan dan kesegaran udara untuk kesehatan kehamilan Anda, jalan kaki setiap pagi memang suatu gerakan yang sehat, aman dan paling mudah yang bisa dilakukan oleh ibu hamil.

Manfaat Olahraga Bagi Ibu Hamil

Berikut ini beberapa manfaat dari olahraga yang bisa di lakukan oleh ibu hamil:

Memperkuat Otot Saat Akan Melakukan Persalinan

Untuk Anda yang melakukan jalan kaki setiap pagi dengan teratur terlebih saat trimester ketiga akan membantu Anda dalam mempersiapkan persalinan dengan baik. Otot-otot yang diperlukan dalam membantu persalinan Anda akan semakin kuat. Salah satu penelitian mengatakan bahwa dengan gerakan kecil yang dilakukan oleh ibu hamil akan membantu menguatkan otot contohnya saja otot panggul yang bisa mempermudah proses persalinan.

Membuat Ibu Hamil Lebih Sehat

Jalan kaki pada pagi hari secara teratur akan membantu Anda dalam menjaga kesehatan dan mengurangi keluhan yang biasa  terjadi saat masa kehamilan. Menurut para ahli,  ibu hamil yang sehat akan lebih mudah bisa melakukan proses mengejan. Selain itu,  ibu hamil yang biasa melakukan senam hamil atau yoga akan lebih mungkin mengalami proses persalinan yang lebih mudah dibandingkan dengan ibu hamil yang tidak pernah berolahraga selama kehamilan.

Mengurangi Resiko Kehamilan Berbahaya

Dengan melakukan gerakan yang efektif di pagi hari atau jalan kaki selama kehamilan Anda, maka Anda bisa mengurangi resiko yang berbahaya saat masa kehamilan. Misalnya saja yaitu resiko pre-eklamsia dan juga diabetes.

Mengurangi stres fisik maupun mental

Latihan fisik yang dijalankan secara teratur pada ibu hamil akan memicu munculnya hormon endorfin yang akan memberikan efek psikologis yakni memberikan ketenangan secara mental. Disamping melepaskan ketegangan mental, gerakan teratur juga akan membantu Anda untuk mengurangi stres fisik sebab jalan kaki pada pagi hari akan mengurangi kelelahan pada  tubuh ibu hamil.

Menjaga Kenaikan Berat Badan Dengan Teratur

Dengan terbiasa hidup sehat dan  melakukan latihan sehat, misalnya saha jalan kaki di pagi hari akan membantu Anda dalam menjaga kenaikan berat badan yang teratur selama kehamilan. Hal ini berkaitan dengan jalan kaki yang merupakan salah satu latihan fisik dalam menjaga pembuluh jantung ibu hamil dikarenakan tidak begitu membebani persendian dan lutut. Hal  seperti ini yang akan menjaga berat badan Anda pada masa kehamilan.

Meningkatkan Kualitas Tidur Saat Masa Kehamilan

Keluhan yang biasa dialami oleh ibu hamil yaitu kesulitan tidur malam dengan baik. Dengan olahraga secara teratur , misalnya saja melakukan jalan kaki setiap pagi maka akan membantu Anda dalam mengurangi masalah tidur yang sulit.

Hal Yang Harus Diperhatikan Sebelum Melakukan Olahraga Untuk Ibu Hamil

Selama masa kehamilan Anda sehat, jalan kaki dapat Anda lakukan di usia kehamilan berapa saja. Olahraga jalan kaki juga tidak membebani tubuh, utamanya yaitu dalam persendian. Teknik berjalan kaki harus lebih diperhatikan ketika usia kehamilan memasuki trimester kedua. Perut yang semakin membesar akan mengakibatkan pergeseran titik berat tubuh. Disamping mempengaruhi keseimbangan tubuh yang membuat risiko jatuh semakin besar maka peningkatan beban pada daerah pinggang akan memudahkan terjadinya rasa nyeri pada  pinggang.

Meskipun jalan kaki dianggap aman untuk ibu hamil, sebainya Anda berkonsultasi terlebih dahulu kepada dokter. Setelah mendapat imbauan dari dokter, Anda dapat memulai olahraga ini dengan persiapan benar dan mengetahui beberapa hal berikut ini;

Mencermati kondisi lingkungan.

Anda bisa memilih lokasi yang aman, jalanan yang tidak rusak, tidak bergelombang  dan juga tidak licin. Semakin dekat dengan tanggal perkiraan bayi lahir, maka Anda harus memilih lokasi yang dekat rumah saja , misalnya saja jalan kaki di sekitar rumah Anda. Suhu tidak begitu dingin atau panas dan juga tidak banyak angin. Udaranya harus bersih dan lalu lintas tidak begitu ramai serta tidak terlalu tinggi dari permukaan laut. Semakin tinggi dataran tersebut , maka  kadar oksigen di udara juga akan semakin menipis.

Mencegah dehidrasi.

Disamping dapat memicu kontraksi rahim, dehidrasi juga akan meningkatkan suhu tubuh Anda. Kondisi yang tidak dapat diabaikan, sebab  suhu tubuh janin sekitar 0,5 derajat C dari suhu tubuh ibu. Minum air yang cukup setidaknya 20 menit sekali, sebelum, selama dan setelah Anda melakukan jalan kaki yang merupakan olahraga untuk ibu hamil.

Itulah manfaat dan tips olahraga bagi ibu hamil, semoga bermanfaat.

Image Source: pregnant-in-paris.com

Share and Enjoy

  • Facebook
  • Twitter
  • Google Plus

Leave a comment

Your email address will not be published.


*