Manfaat Cara Memijat Bayi yang Benar

cara memijat bayi yang benar https://www.facebook.com/JohnsonsBabyIndonesia/

Ada banyak tips tentang cara memijat bayi yang benar. Namun, tahukah bunda bahwa ada manfaat dengan mempraktikan cara memijat bayi yang benar. Memijat merupakan salah satu kegiatan mengurut bagi orang dulu adalah salah satu kegiatan yang baik untuk menjaga kesehatan tubuh.

Ada banyak efek samping yang baik. Memijat juga dapat memberikan dan efek yang baik bagi tubuh, misalnya saja untuk memberikan rasa nyaman, santai serta peregangan pada otot yang kaku setelah banyak melakukan aktivitas. Begitu pula jika piatan tersebut diberikan pada bayi.

Manfaat cara memijat bayi yang benar dan secara teratur maka dapat menghasilkan anak yang sehat dan ceria. Kegiatan memijat bayi merupakan salah satu cara yang sudah ada sejak jaman dahulu kala, yang bertujuan untuk membuat bayi merasa rileks dan juga memacu pertumbuhan fisik bayi. Dan jika dilakukan dengan teknik yang benar, memijat bayi akan memberikan efek bagus pada pertumbuhan fisik bayi anda, Bunda. Bahkan sebuah penelitian mengatakan bahwa dengan teknik pemijatan secara teratur yang dilakukan pada bayi prematur dapat memicu kenaikan berat badan pada bayi hingga 50%.

Lalu apa saja sih manfaat cara memijat bayi yang benar? Manfaat pertama adalah gerakan pijatan pada bayi dapat merangsang tumbuh dan kembang bayi menjadi lebih baik. Gerakan dari pijatan tersebut dapat merangsang syaraf motorik bayi, sehingga dia dapat lebih aktif bergerak. Manfaat kedua dari memiat bayi secara teratur adalah dapat memberikan pola tidur yang lebih teratur. Sehingga bayi anda jarang rewel. Sebab, dengan pijatan yang baik dapat memberikan perasaan rileks yang didapat oleh sang bayi sehingga tubuhnya akan terasa lebih enak. Manfaat ketiga adalah dapat membantu pencernaan bayi bekerja dengan baik. Bayi yang dipijat secara teratur akan memiliki metabolisme tubuh yang lebih bagus,sehingga pencernaanya pun akan menjadi lebih lancar. Manfaat keempat adalah membangun koneksi dan hubungan yang lebih dalam antara Bunda dan buah hati. Dengan melakukan pijatan pada bayi, Bunda dapat membangun kedekatan dan ikatan sejak dini sehingga si bayi lebih bisa merasakan kasih sayang dan kedekatan Bunda. Maka usahakan Bunda yang memberikan pijatan pada bayi anda. Berikut ini akan diberikan tips cara memijat bayi yang benar, antara lain:

  1. Untuk melakukan pemijatan pada bayi siapkan waktu yang cukup lama dan minyak bayi yang cocok untuk kulit bayi anda.
  2. Mulailah pemijatan pada bagian kaki. Lakukan pemijatan dengan pola melingkar. Berikan sedikit tekanan untuk melancarkan peredaran darahnya. Lakukan pada bagian telapak dan jari kakinya.
  3. Pijat bagian perut dan dada, mulailah memiat pada bagian kiri secara perlahan dari atas ke bawah dan ke bagian perut kanan. Memijat pada bagian perut ini dapat mengeluarkan gas berlebih (kembung) pada bayi. Lalu bagian dada dari atas sampai bawah leher, kemudian gerakan ke kiri dan kanan pada area tulang bahu. Pijatan ini membantu meningkatkan sistem kerja paru-paru, jantung dan aliran darah.
  4. Pijat bagian punggung dapat anda lakukan dengan arah maju mundur, dari bagian pantat hingga lehernya lakukan dengan pijatan melingkar. Pijatan pada bagian ini dapat membuat bayi menjadi tenang dan dapat tidur dengan nyenyak.
  5. Yang terakhir pada cara memiat bayi yang benar adalah pada bagian lengan bayi. Lakukan pijatan dari pangkal lengan dan dilakukan dengan arah melingkar hingga pergelangan tangannya. Jangan lupa juga memijat dengan gerakan yang sama pada jari-jarinya hingga ujung.

Share and Enjoy

  • Facebook
  • Twitter
  • Google Plus

Leave a comment

Your email address will not be published.


*