Malas-Malasan tidak Hanya Mengganggu Kesehatan Wanita Hamil

hamil muda www.facebook.com/ibudanbalita

Kesehatan wanita hamil itu harus selalu dijaga. Apakah ibu sudah benar-benar yakin melakukan hal-hal yang bisa memastikan kesehatan ibu baik?

Mungkin ibu sudah minum susu ibu hamil. Ibu juga sudah rutin konsultasi ibu hamil ke dokter kandungan. Namun, apakah ibu masih merasa malas-malasan waktu sedang mengandung?

Tentu saja malas-malasan ini sering dirasakan oleh ibu hamil lainnya, tidak ibu saja. Jadi, ibu tidak usah khawatir. Bisa dikatakan malas-malasan itu hal yang lumrah bagi ibu hamil.

Akan tetapi, malas-malasan harus ditangani. Jika tidak, hal tersebut akan berimbas buruk pada kesehatan ibu. Yang lebih parah lagi, bermalas-malasan bisa membuat proses persalinan menjadi sangat susah. Kenapa bisa demikian?

Jangan Bermalas-Malasan karena Akan Mempersulit Proeses Persalinan

Memang sepertinya tidak ada kaitannya antara kesehatan wanita hamil, bermalas-malasan, dengan persalinan yang sulit. Tapi, setelah mengetahui penjelasan berikut, ibu pasti akan mengamini dan tidak akan bermalas-malasan lagi.

Tahukah ibu apa yang dibutuhkan tubuh sekarang ini ketika ibu sedang mengandung? Tenaga yang ekstra. Dan itu bisa ibu dapatkan dari makanan yang sehat, minuman yang baik termasuk susu ibu hamil untuk memenuhi nutrisi ibu hamil, dan juga olahraga.

Ketiga komponen tersebut tidak bisa dipisahkan. Itulah mengapa dokter kandungan selalu mengatakan mengkonsumsi susu ibu hamil tidak cukup untuk memastikan wanita hamil memiliki kondisi tubuh yang fit. Susu harus juga diimbangi dengan makanan yang sehat serta olahraga.

Sayangnya, yang terakhir ini sering diabaikan. Ibu merasa tidak memiliki waktu untuk berolahraga. Padahal, melakukan kegiatan setiap hari seperti berjalan, menyapu, mengerjakan tugas kantor merupakan bagian dari olahraga.

Lain hal dengan ibu hamil yang bermalas-malasan. Mereka hanya ingin bersantai di rumah, membuka komputer, atau menonton TV saja. Tentu saja minim sekali untuk bergerak.

Jika itu terjadi, maka kesehatan wanita hamil akan turun. Padahal sudah dijelaskan bahwa ibu hamil membutuhkan tenaga ekstra lantaran ada janin di dalam kandungan yang harus dijaga setiap waktu.

Kondisi kesehatan yang drop ini bisa memburuk jika hingga saat persalinan hampir tiba, ibu tidak kunjung berolahraga atau setidaknya melakukan aktivitas, tidak hanya bermalas-malasan saja. Padahal, persalinan itu membutuhkan lebih banyak tenaga.

Dalam proses persalinan, peran ibu sangat penting agar proses tersebut berjalan lancar. Tubuh ibu harus benar-benar bugar dan ibu memiliki energi yang cukup untuk mengeluarkan bayi dalam kandungan.

Ibu bisa bayangkan jika selama kehamilan ibu hanya bermalas-malasan dan kesehatan ibu drop. Tentu saja kemungkinan besar ibu akan merasakan kesulitan dalam proses persalinan.

Apa yang Harus Ibu Lakukan?

Siapapun pasti menginginkan bayi lahir dengan normal dan lancar. Dan untuk mencapai tujuan tersebut, ibu harus melakukan sesuatu. Usahakan kesehatan ibu selalu fit dengan cara berolahraga. Salah satu olahraga yang sangat dianjurkan untuk menjaga kesehatan wanita hamil adalah berenang.

Jika perlu, ibu bisa mengikuti kelas senam hamil. Senam ini memiliki gerakan yang bisa membuat ibu nantinya mudah melakukan proses persalinan. Jika ibu ingin olahraga yang santai, ibu bisa mengikuti kelas yoga untuk ibu hamil. Sambil olahraga, sambil menenangkan diri.

Tentu saja hal-hal kecil juga bisa ibu lakukan seperti menyapu lantai, berjalan-jalan di pagi, dan lain sebagainya. Hal kecil bisa menjadikan tubuh ibu sehat dan ibu tidak malas-malasan. Jadi, apa yang harus dilakukan agar tidak menggangu kesehatan wanita hamil?

Share and Enjoy

  • Facebook
  • Twitter
  • Google Plus

Leave a comment

Your email address will not be published.


*