Makanan yang Baik untuk Perkembangan Janin dalam Kandungan

Perkembangan janin dalam kandungan

www.johnsonsbaby.co.id

Nutrisi yang dibutuhkan untuk Perkembangan Janin dalam Kandungan sangat banyak sekali. Seperti berbagai macam protein, AA – DHA, asam amino, asam lemak omega 3, 6, 9 dan lainnya. Nutrisi tersebut berperan penting dalam mempengaruhi perkembangan otak janin terutama pada bagian kecerdasan. Kecerdasan calon bayi didapat dari pola hidup sehat sang orang tua, gen atau keturunan, dan juga ditentukan oleh nutrisi yang diberikan seorang ibu kepada janin.

Anda sebaiknya memastikan asupan gizi untuk si Kecil cukup, agar janin sehat dan dalam kondisi baik hingga masa persalinan tiba. Karena itu Anda dapat mengonsumsi makanan berikut ini yang baik untuk Tumbuh Kembang Janin dalam Kandungan.

Kacang-kacangan

Kacang-kacangan yang baik untuk dikonsumsi ibu hamil diantaranya kacang kedelai, kacang hijau ataupun kacang merah karena mengandung banyak asam folat dan juga vitamin B.

  • Kacang tanah memiliki kandungan protein tinggi dan asam folat yang kuat yang terbukti dapat mencegah otak dari ancaman kerusakan sekaligus dapat membantu memperkuat tulang belakang bayi.
  • Kacang kedelai mempunyai kandungan asam amino yang tinggi yang dapat menyusun dan membentuk struktur sel sel otak agar selalu kuat sejak usia bayi masih berusia 3 sampai 4 bulan hingga masa persalinan tiba.
  • Kandungan kalsium, fosfor, Vitamin B1 dan enzim enzim yang aktif pada kacang hijau dapat memperkuat tulang kepala dan otak bayi.
  • Kacang polong mengandung Flavonoid, carotenoid, asam folat dan polyphenol yang baik untuk melindungi dan mengontrol perkembangan otak bayi agar selalu sehat.
  • Kacang merah mengandung protein yang tinggi, nutrisinya itu dapat meningkatkan sel darah merah dan kecerdasan otak bayi secara sistematik (teratur).

Sayur-sayuran

Sayuran hijau banyak mengandung nutrisi yang penting untuk janin, salah satunya asam folat. Zat ini sangat penting untuk pembelahan dan pertumbuhan sel, sehingga sangat penting untuk mencegah kecacatan pada janin. Contoh sayuran hijau yang mengandung banyak asam folat adalah bayam, asparagus, brokoli, dan sawi.

Daging Ayam, Sapi dan Ikan Salmon

Daging ayam dan sapi mengandung banyak zat besi juga protein. Protein sangat bermanfaat bagi janin terutama untuk pembentukan otot, struktur tulang, enzim, dan juga sistem kekebalan tubuh. Selain bermanfaat untuk janin, konsumsi daging ayam dan sapi ini juga bermanfaat bagi sang ibu karena zat besi juga bisa membantu produksi hemoglobin dan menjauhkan sang ibu dari risiko melahirkan prematur. Kemudian untuk ikan salmon, kandungan omega 3 yang tinggi mampu membangun dan menyusun kekuatan dan kepekaan otak bayi.

Produk Olahan Susu

Ibu hamil juga disarankan untuk mengonsumsi lebih banyak berbagai produk olahan yang terbuat dari susu. Seperti yang kita ketahui bahwa pertumbuhan sel membutuhkan protein, termasuk juga pertumbuhan janin yang sangat pesat sehingga sang ibu akan sangat membutuhkan asupan protein.

Sereal

Sereal dan Oat mengandung vitamin B dan E yang tinggi yang dapat memberi cadangan energi pada otak bayi dan menjaganya dari berbagai macam serangan virus atau bakteri. Ini juga termasuk makanan sehat awal kehamilan agar janin kuat. Sereal yang bagus adalah jenis whole grain, bisa juga diganti dengan roti gandum dari jenis whole grain juga. Sereal bisa dikonsumsi untuk menggantikan nasi, sehingga selama kehamilan Anda bisa mengurangi konsumsi nasi.

Share and Enjoy

  • Facebook
  • Twitter
  • Google Plus

Leave a comment

Your email address will not be published.


*