Makanan Ini Mudah Didapatkan dan Bisa Menambah Berat Badan Bayi

berat badan bayi www.facebook.com/ibudanbalita

Berat badan bayi itu menurun di minggu pertama setelah kelahiran. Ibu tidak perlu khawatir karena itu merupakan fenomena yang lumrah terjadi. Cairan dalam tubuhnya dikeluarkan melalui buang air kecil dan buang air besar sehingga berat badan bayi ketika baru lahir menurun.

Kondisi ini tidak perlu ibu khawatirkan asalkan pada beberapa minggu selanjutnya berat si kecil bertambah. Dengan memberikan ASI eksklusif, berat badan si kecil akan secara signifikan naik.

Permasalahan muncul ketika bayi sudah mulai mendapatkan MPASI (yaitu ketika bayi sudah masuk usia 6 bulan) namun berat badannya cenderung turun. Apa yang harus ibu lakukan?

Berikut beberapa jenis makanan yang ada di sekitar ibu. Tentu saja sangat mudah didapatkan. Dan yang pasti, makanan tersebut akan membuat berat badan bayi ideal.

  • Pisang

Orang tua dahulu sering memberikan pisang sebagai makanan pendamping ASI. Teksturnya yang lembut membuat orang tua tidak perlu repot menghaluskan buah yang satu ini. Bagi ibu yang tinggal di pedesaan, tentu sangat mudah sekali mendapatkan pisang dengan berbagai jenis. Akan tetapi, sebaiknya memilih pisang yang teksturnya benar-benar lembut seperti pisang susu misalnya.

Pisang ini akan membuat berat badan bayi naik secara signifikan. Pasalnya, pisang merupakan buah yang padat kalori. Dan yang tak kalah penting, buah ini mengandung serat yang baik untuk sistem pencernaan si kecil. Sementara itu, vitamin C dan vitamin B6 akan berperan aktif untuk menambah berat badan si kecil.

Selain mudah didapatkan, ibu juga tidak perlu repot untuk mem blender buah ini sebelum memberikan kepada si kecil. Ibu hanya perlu sendok untuk menghaluskan buah ini. Cocok sekali ketika si kecil sudah mulai merasakan rasa lapar yang tertahankan.

  • Ubi Manis

Ibu pernah dengar nama ubi cilembu? Ini merupakan ubi manis yang bisa ibu berikan kepada si kecil. Ubi ini mengandung kalsium yang tinggi. Seperti yang ibu ketahui, kalsium merupakan nutrisi yang bisa memadatkan tulang dan membantu tulang tumbuh cepat. Dengan kepadatan tulang tersebut, maka berat badan bayi ideal.

Namun, ubi manis juga mengandung lemak jenuh. Apakah itu betul? Betul sekali. ubi manis juga mengandung lemak. Banyak pakar kesehatan balita yang menyarankan agar tidak memberikan makanan yang mengandung lemak. Akan tetapi, lain hal dengan ubi manis ini. Makanan ini mengandung lemak jenuh yang sangat sedikit sehingga tidak akan membahayakan kesehatan si kecil.

Selain kalsium dan lemak jenuh, makanan penambah berat badan bayi ini juga mengandung vitamin A, vitamin C, dan vitamin B6.

  • Alpukat

Banyak sekali orang dewasa yang ingin menambah berat badannya dengan minum jus alpukat setiap hari. Ternyata, buah ini juga bisa ibu berikan kepada si kecil agar berat badan bayi ideal.

Terkandung beberapa nutrisi yang bisa menambah berat badan si kecil. Nutrisi yang sangat penting adalah serat. Serat ini secara langsung akan memperbaiki sistem pencernaan. Jika sistem pencernaan baik, maka asupan nutrisi lainnya yang didapatkan dari susu balita maupun makanan bisa benar-benar diserap dengan baik.

Itulah beberapa makanan si kecil yang bisa ibu berikan untuk menambah berat badan anak. Konsultasikan dengan dokter anak jika ibu masih merasakan ada masalah dengan berat badan bayi.

Share and Enjoy

  • Facebook
  • Twitter
  • Google Plus

Leave a comment

Your email address will not be published.


*