Makanan Ibu Hamil Yang Sehat Tapi Kurang Direkomendasikan Untuk Dikonsumsi

makanan ibu hamil https://www.facebook.com/ibudanbalita/

Ibu mungkin tidak percaya jika ada beberapa makanan ibu hamil yang sehat tapi tidak disarankan untuk dikonsumsi. Karena namanya makanan sehat untuk ibu hamil selanjutnya yang baik untuk dikonsumsi, kan?

Ibu harus tahu dulu alasannya kenapa makanan tersebut tidak begitu disarankan. Yang harus digarisbawahi, bukan dilarang tapi makanan tersebut kurang direkomendasikan untuk ibu konsumsi.

Apa saja makanan yang dimaksud?

Rujak

Banyak sekali ibu hamil yang ngidam rujak. Meskipun tidak ada penelitan ilmiah mengapa kebanyakan ibu hamil ngidam, tapi memang makanan yang satu ini sering dicari oleh wanita saat hamil.

Apakah rujak termasuk makanan sehat untuk ibu hamil? Tentu saja. Apalagi rujak tersebut dibuat dari buah-buahan yang segar. Selain menyegarkan, rujak juga akan memberikan nutrisi yang dibutuhkan oleh seorang ibu hamil dan juga janin yang ia kandung.

Akan tetapi, ibu perlu pertimbangkan dulu pedas yang ditimbulkan. Karena rujak yang pedas akan membuat ibu beresiko terkena diare. Mungkin ibu suka dan tahan dengan makanan yang pedas. Tapi ibu harus ingat ada janin di dalam kandungan. Dan kondisi badan ibu saat hamil berbeda jika dibandingkan ketika sebelum hamil. Ini harus ibu jadikan pertimbangan.

Semangka

Segar sekali jika ibu mengkonsumsi buah semangka. Apalagi ketika cuaca di siang hari yang terik. Tentu semangka menjadi buah yang cocok untuk dikonsumsi.

Kandungan vitamin di dalam buah yang satu ini sangat tinggi. Hal ini yang membuat semangka menjadi salah satu makanan untuk ibu hamil yang sehat.

Sayangnya, ada resiko di mana ibu akan mengalami anemia ketika mengkonsumsi buah semangka. Ibu pasti tahu saat kehamilan sudah memasuki trimester kedua dan ketiga resiko mengalami anemia sangat tinggi. Dan resiko ini semakin tinggi jika ibu banyak mengkonsumsi buah semangka.

Sebenarnya tidak masalah. Hanya saja, ketika sudah mulai merasa sering pusing, maka kurangi atau hentikan mengkonsumsi buah semangka. Karena pusing merupakan salah satu tanda anemia.

Toh ada banyak buah pengganti yang tak kalah segar jika dibandingkan dengan buah semangka. Ada buah apel, pir, dan lain sebagainya.

Bakso

Mungkin ibu merasa aneh kenapa bakso merupakan menu makanan untuk wanita hamil yang kurang direkomendasikan. Ibu pasti berpikir bawasannya bakso itu bagus untuk ibu hamil lantaran bakso merupakan makanan yang terbuat dari daging sapi. Sementara daging sapi mengandung tinggi protein.

Memang benar bakso mengandung protein yang tinggi. Akan tetapi, ibu harus pertimbangkan dengan MSG yang ada pada bakso. Karena kebanyakan penjua bakso itu menambahkan MSG ketika menyajikan bakso.

Ibu harus tahu  bawasannya MSG ini tidak hanya bisa membuat ibu mengalami kanker tapi juga menghambat perkembangan otak janin yang ibu kandung. Pasti ibu tidak ingin bayi ibu memiliki keterlambatan dalam perkembangan otaknya bukan? Jadi, sebaiknya hindari saja mengkonsumsi bakso.

Opor Ayam

Jika ibu pecinta opor ayam, sebaiknya pikir lagi jika masih ingin mengkonsumsi kuliner yang satu. Memang daging ayam memberikan nutrisi baik untuk ibu dan bayi dalam kandungan. Hanya saja kuah santannya bisa membuat asam lambung naik. Memang bukan masalah yang berbahaya. Namun, jika asam lambung naik, maka ibu merasa kurang nyaman sehingga biasanya keadaan tersebut mengganggu kegiatan ibu setiap hari.

Nah, sekarang ibu sudah tahu kenapa ada makanan untuk ibu hamil yang sehat tapi kurang direkomendasikan untuk dikonsumsi. Setelah mengetahui info ini, ibu harus lebih bijak memilih menu makanan sehat untuk ibu hamil.

Share and Enjoy

  • Facebook
  • Twitter
  • Google Plus

Leave a comment

Your email address will not be published.


*