Makanan Ibu Hamil untuk Memperlancar Proses Persalinan

makanan sehat untuk ibu hamil https://www.ibudanbalita.com

Makanan ibu hamil yang sehat sangat diperlukan ketika masa kehamilan sudah masuk pada trisemester ketiga. Akan tetapi, sehat saja tidak cukup. Ibu harus mengkonsumsi jenis makanan yang tepat agar proses persalinan nanti lancar dan tanpa kendala apupun.

Kebanyakan ibu hamil pada trisemester ketiga akan melakukan apapun untuk menjaga kebugaran dan juga perkembangan janin. Pasalnya, pada masa tersebut, mereka harus mempersiapkan sedemikian mungkin agar tubuh ibu tidak loyo dan hal tersebut berbahaya ketika masa persalinan tiba.

Proses persalinan membutuhkan tenaga. Jika kesehatan ibu terganggu, bukan tidak mungkin terjadi hal-hal yang tidak diinginkan bahkan bisa jadi kematian pada ibu dan juga bayi. Tentu hal tersebut tidak ibu inginkan, bukan?

Oleh karena itu, perhatikan asupan gizi ibu dengan mengkonsumsu makanan ibu hamil khusus untuk masa kehamilan trisemester ketiga. Ini bisa ibu lakukan sebagai langkah untuk menyambut sang buah hati ke dunia.

Jenis Makanan yang Direkomendasikan untuk Ibu Hamil Pada Trisemester Ketiga

Ibu jangan khawatir karena beberapa makanan sangat lezat sekali. Salah satunya adalah ikan salmon. Jika ibu pecinta seafood apalagi ikan salmon, ibu pasti tidak ingin menyisakan sedikitpun, bukan?

Beruntung jika ibu menyukai ikan salmon. Ini adalah ikan yang mengandung omega 3 yang sangat tinggi. Omega 3 ini sangat dibutuhkan oleh tubuh ibu dan juga janin. Jika ibu tidak suka ikan salmon, ada jenis makanan lain yang mengandung omega 3 seperti kedelai, bayam, dan telur. Jenis ikan tawar juga ada yang mengandung omega 3, yaitu ikan lele. Ibu tinggi membuat variasi masakan dari bahan-bahan tersebut agar tidak membosankan.

Makanan ibu hamil lainnya adalah daging. Sayangnya, banyak anggapan di masyarakat bahwa daging itu tidak baik untuk dikonsumsi oleh ibu hamil. Hal tersebut memang benar jika terlalu banyak daging. Akan tetapi, daging mengandung protein yang tinggi di mana protein tersebut bisa membantu pembentukan darah, plasenta, dan cairan ketuban.

Banyak sekali ibu hamil pada trisemester ketiga yang masih sering mengalami anemia. Padahal, biasanya anemia merupakan masalah kesehatan yang sering terjadi pada trisemester pertama saja sebagai reaksi tubuh terhadap kondisi berbeda, yaitu ketika ada janin di dalam kandungan.

Namun, jika ibu masih merasa pusing karena anemia pada trisemester ketiga, sebaiknya ibu mengkonsumsi makanan ibu hamil berupa daging. Dan yang tak kalah penting, daging mengandung protein yang akan memastikan jumlah cairan ketuban cukup sampai nanti proses melahirkan.

Setiap ibu pasti ingin sekali menjalani proses persalinan yang normal. Untuk itu, pastikan ibu mengontrol terus cairan ketuban.

Persiapan Melahirkan

Selain mengkonsumsi makanan yang sehat untuk ibu hamil trisemester ketiga, ibu juga harus melakukan persiapan lain, yaitu senam hamil. sebenarnya, senam ibu hamil itu tidak hanya diperuntukkan ketika masa kehamilan sudah masuk pada trisemester ketiga. Banyak yang beranggapan senam kehamilan itu hanya untuk memperlancar proses persalinan. Hal tersebut memang benar. Akan tetapi, ada banyak lagi manfaat dari senam hamil yang langsung dirasakan ketika masih dalam masa kehamilan.

Persiapan yang matang akan membuat ibu tidak perlu khawatir ketika masa persalinan tiba. Yang jelas, ibu harus mempersiapkan kondisi fisik yang fit karena persalinan menguras tenaga. Jauh hari sebelum masa persalinan tiba, usahakan ibu melakukan olahraga kecil, ikut senam hamil dan jangan lupa mengkonsumsi makanan ibu hamil.

Share and Enjoy

  • Facebook
  • Twitter
  • Google Plus

Leave a comment

Your email address will not be published.


*