Makanan Ibu Hamil Berikut Harus Ibu Konsumsi Pada Trisemester Pertama

makanan ibu hamil https://www.ibudanbalita.com

Makanan ibu hamil berikut seolah menjadi makanan wajib yang harus dikonsumsi ketika masa kehamilan baru pada trisemester pertama. Makanan berikut ini sangat mudah ibu dapatkan. Bahkan, ibu bisa membuat sendiri di rumah. Jadi, ibu tidak perlu repot. Tidak ada alasan tidak punya waktu untuk mempersiapkan makanan sendiri untuk menjaga perkembangan janin dalam kandungan.

Lalu, apa saja makanan yang ibu harus konsumsi pada kehamilan trisemester pertama? Berikut ulasannya.

Sayur Bayam

Apakah ibu sampai sekarang masih mengalami morning sickness? Mungkin hal tersebut wajar. Teman-teman ibu yang sudah atau sedang hamil juga pasti sering bercerita hal yang sama tentang morning sickness. Akan tetapi, jangan anggap sepele apalagi jika ibu harus selalu aktif mulai dari pagi hari. Bagi wanita karir, tentu morning sickness membuat Anda kurang bergairah untuk bekerja.

Tentu hal tersebut tidak ingin terjadi kepada ibu, bukan? Oleh karena itu usahakan mulai sekarang ibu membuat makanan berbahan bayam. Yang paling mudah adalah membuat sayur bayam. Orang jawa menyebutnya sayur bening bayam.

Tentu ibu bisa membuat variasi lain selain sayur bayam misal pecel bayam, bayam goreng, dan lain sebagainya. Yang jelas, bayam sangat penting untuk perkembangan janin secara tidak langsung. Dan yang terpenting, ibu bisa beraktivitas tanpa harus khawatir dibayang-bayangi dengan morning sickness.

Seafood

Makanan ibu hamil pada trisemester pertama lainnya adalah seafood. Indonesia kaya sekali dengan seafood. Apalagi jika ibu tinggal di daerah dekat laut. Ibu memiliki banyak sekali pilihan seafood.

Para ahli gizi menyarankan ibu hamil mengkonsumsi berbagai jenis seafood seperti cumi-cumi, udang, bandeng, dan jenis ikan lainnya. Ibu bisa mengganti menu seafood setiap hari. Seafood jelas memiliki protein yang tinggi sehingga baik untuk perkembangan otak bayi dalam kandungan. Selain itu, beberapa jenis seafood juga kaya akan kalsium yang tidak hanya dibutuhkan oleh janin, tapi juga ibu.

Hanya saja, ada satu seafood yang dilarang untuk dikonsumsi,yaitu kepiting. Ini merupakan seafood yang justru bisa mengakibatkan keguguran.

Sereal

Siapa sangkat ternyata sereal juga perlu dikonsumsi oleh ibu hamil pada trisemester pertama. Mungkin ibu adalah satu dari sekian ibu hamil lainnya yang salah paham dengan makanan yang satu ini. Sereal dianggap makanan yang tidak alami sehingga tidak baik dikonsumsi saat hamil.

Namun, ternyata sereal merupakan makanan ibu hamil yang baik. khusus pada trisemester pertama. Hanya saja, sebaiknya sereal ini tidak dijadikan makanan pokok. Bagi ibu yang bekerja di kantor, mungkin sulit keluar kantor untuk mencari makanan di kantin atau di restoran. Jadi, alternatifnya adalah membawa makanan sereal ke kantor agar gizi ibu hamil dan janin pun terjaga.

Akan tetapi, ibu jangan sampai salah memilih sereal. Pastikan sereal yang ibu konsumsi mengandung karbohidrat, vitamin B, dan kalsium. Dengan demikian, ibu tidak akan merasa kerepotan untuk menyuplai nutrisi yang baik dan cukup janin yang ada di dalam kandungan karena ada sereal yang bisa ibu bawa setiap kali kerja.

Jadi, apa menu makanan ibu untuk hari ini? Pilihlah salah satu dari makanan untuk ibu hamil di atas agar perkembangan janin tidak terganggu bagaimana pun keadaan ibu dan seberapa sibuk ibu bekerja di kantor. Sudah siapkah ibu memberikan yang terbaik untuk sang buah hati dan juga ibu sendiri terkait dengan makanan ibu hamil?

Share and Enjoy

  • Facebook
  • Twitter
  • Google Plus

Leave a comment

Your email address will not be published.


*