Makanan Bayi 1 Tahun Yang Seharusnya

menu MPASI bayi 6 bulan www.awalsehat.nestle.co.id

Semakin banyak saja makanan bayi 1 tahun instan. Padahal, sudah banyak dipahami bawasannya semua yang instan ini bisa memberi dampak buruk. Contohnya saja sukses instan yang ternyata disebabkan korupsi, pintar instan yang ternyata menyontek ketika tes, dan lain seterusnya. Sayangnya, imej instan yang buruk ini sepertinya tidak berlaku untuk makanan anak usia 1 tahun. Nyatanya, semakin banyak makanan instan dan semakin banyak pula orang tua yang memberikan makanan tersebut.

Mungkin ibu sebagai orang tua tidak terima dengan pernyataan tersebut. Ibu bisa saja mengatakan “apa salahnya memberikan makanan instan? Toh itu sudah dibuat sesuai dengan kebutuhan anak 1 tahun”. Betul sekali, memang tidak ada salahnya. Produsen tidak mungkin asal-asalan membuat makanan untuk bayi 1 tahun. Apalagi di negara kita, terdapat lembaga tertentu yang mengawasi semua makanan yang beredar di pasaran yang dibuat oleh perusahaan besar. Bahkan, UMKM pun sekarang diawasi.

Lalu, apa yang harus dikhawatirkan dengan makanan instan bayi 1 tahun? Sekilas memang tidak ada yang perlu dikhawatirkan. Akan tetapi, ada satu pertanyaan yang harus ibu jawab. Apakah tidak ada opsi makanan balita 1 tahun lainnya yang juah lebih bergizi? Apakah hanya makanan instan saja yang bisa ibu andalkan.

Lebih dari itu, orang tua yang memiliki balita usia 1 tahun seharusnya bertanya pada diri mereka sendiri alasan mengapa mereka memutuskan memberikan makanan instan untuk sang buah hati.

Jika mau jujur, kebanyakan orang tua merasa lebih mudah menyiapkan makanan instan. Hampir tidak ada usaha yang cukup sulit untuk membuatkan menu makanan untuk balita. Mereka tinggal membuka bungkus, menuangkan makanan tersebut ke dalam mangkuk, lalu seduh dengan air panas. Sudah selesai.

Apalagi sekarang semakin variatif makanan bayi usia 1 tahun yang instan. Tidak hanya berupa bubur, tapi banyak lagi macamnya.

Meskipun demikian, tentu tidak bisa dipungkuri jika kesibukan orang tua membuat mereka akhirnya memilih untuk memberikan makanan instan untuk bayi 1 tahun. Apalagi sekarang ini banyak suami istri yang dua-duanya bekerja. Mereka merasa tidak memiliki waktu untuk masak makanan untuk sang buah hati. Jangankah makanan untuk balita, makanan untuk mereka sendiri saja kadang tidak dibuat sendiri. Mereka lebih memilih membeli makanan di luar saja. Lebih mudah dan tidak perlu repot.

Namun, jika bertujuan untuk menjaga kesehatan balita dan tumbuh kembang balita optimal, apakah memberikan makanan instan merupakan keputusan yang bijak? Apakah tidak sebaiknya ibu meluangkan waktu sekitar 10-15 menit untuk membuatkan makanan bayi usia 1 tahun sendiri? Toh sebenarnya banyak menu makanan bayi yang mudah dibuat. Apalagi bisa dikatakan bayi 1 tahun sudah memiliki gigi sehingga ia sudah bisa mengkonsumsi makanan seperti makanan yang dikonsumsi oleh orang dewasa.

Meskipun demikian, hal ini tidak lantas membuat ibu tidak boleh memilih makanan instan. Tentu boleh-boleh saja. Namun, coba pertimbangkan mana yang lebih aman dan sehat, memberikan makanan instan atau makanan yang ibu buat sendiri dengan bahan alami? Silakan ibu jawab sendiri.

Tidak hanya makanan saja yang harus ibu perhatikan. Asupan nutrisi dari susu balita juga. Sangat disarankan agar ibu memilih susu yang terbaik untuk balita, yaitu susu yang tidak hanya mengandung nutrisi yang seimbang, namun kualitas susu juga terjaga.

Share and Enjoy

  • Facebook
  • Twitter
  • Google Plus

Leave a comment

Your email address will not be published.


*