Lengkapi Gizi Ibu Hamil Agar Bisa Mencegah Selulit

gizi ibu hamil www.facebook.com/ibudanbalita

Gizi untuk ibu hamil tidak hanya bagus untuk pertumbuhan janin di dalam kandungan, tapi juga untuk kesehatan ibu itu sendiri. Pasalnya, wanita yang sedang mengandung itu rentan sekali terhadap beberapa penyakit seperti darah tinggi, morning sickness, diabetes, dan lain sebagainya.

Salah satu keluhan yang paling sering dialami oleh wanita hamil adalah selulit. Apakah ibu juga merasakan tidak enaknya menderita selulit? Ketahui informasi berikut ini maka ibu akan menemukan solusi tepat mengatasi selulit.

Penyebab Selulit pada Wanita Hamil

Tahukah ibu sebenarnya ada penyebab alami yang mengakibatkan selulit? Yaitu meningkatkan produksi serta pelepasan hormon estrogen. Pada masa kehamilan, produksi hormon lebih banyak. Hormone tersebut dibutuhkan oleh janin untuk berkembang. Tingginya produksi hormone tersebut juga disebabkan oleh makanan yang mengandung gizi ibu hamil yang memang dibutuhkan oleh tubuh.

Sayangnya, terdapat efek samping dari mengingkatkan jumlah hormone tersebut, yaitu selulit. Yang harus ibu lakukan hanyalah memperhatikan asupan gizi yang tepat dan seimbang serta melakukan beberapa aktivitas yang disarankan oleh dokter kandungan.

Apa yang harus ibu konsumsi dan apa yang harus ibu lakukan jika selulit mengganggu aktivitas ibu setiap hari?

Cara Mengatasi Selulit

Sebenarnya tidak sulit untuk mengatasi keluhan pada masa kehamilan yang satu ini. Pertama, usahakan ibu mengkonsumsi makan-makanan yang mengandung vitamin A, seperti bayam. Seperti yang ibu ketahui, bayam juga mengandung kalsium yang juga diperlukan untuk tumbuh kembang bayi dalam kandungan, bukan? Jadi, terdapat bermacam-macam gizi untuk wanita hamil selain vitamin A yang bisa mengatasi selulit.

Selain itu, rajinlah ibu minum minuman yang mengandung vitamin C. Hanya saja jangan terlalu banyak. Pasalnya, terlalu banyak vitamin C akan mengganggu kesehatan pencernaan ibu. Dikhawatirkan, jika pencernaan ibu terganggu, maka ibu akan kehilangan selera makan dan secara tidak langsung akan mengganggu suplai nutrisi untuk janin dalam kandungan.

Ternyata, mengkonsumsi makan-makanan yang mengandung vitamin A dan C saja tidak cukup. Ibu juga harus mengimbangi dengan olahraga. Aktivitas fisik ringan seperti berjalan, yoga, dan senam ibu hamil bisa menghindarkan ibu dari penyakit selulit.

Ada juga beberapa pelayanan spa untuk wanita hamil. Spa ini dilakukan agar meredakan beberapa keluhan kesehatan yang sering dialami oleh ibu hamil, termasuk selulit. Di dalam satu paket spa tersebut, ibu akan mendapatkan pijatan khusus serta selult pressotherapy. Apakah aman spa semacam itu? Tentu saja aman sekali karena spa tersebut ditangani oleh terapis yang sudah berpengalaman.

Selain mengkonsumsi makanan dan minuman yang mengandung gizi ibu hamil serta olahraga, ibu juga harus tahu apa saja yang harus ibu hindari. Mengkonsumsi kopi memang tidak masalah jika masih dalam taraf yang wajar. Akan tetapi, jika ibu sering mengeluhkan selulit, maka hindarilah mengkonsumsi. Kopi menyebabkan sel mengalami dehidrasi sehingga jika ibu terkena selulit, maka keadaan tersebut akan semakin parah. Tentunya ibu tidak ingin hal itu terjadi, bukan?

Ada baiknya ibu mengganti minuman kopi dengan teh hijau. Teh hijau ini juga mengandung kafein layaknya kopi. Hanya saja, kadar kafein dalam teh hijau sangat sedikit. Jadi, jika ibu beralasan mengkonsumsi kopi agar tidak sering mengantuk, ibu bisa menggantinya dengan teh hijau.

Itulah sekelumit informasi tentang cara mencegah selulit saat hamil. Pastikan ibu mengaplikasikan tips mudah tersebut di atas. Yang jelas, ibu tidak bisa mengobati selulit hanya dengan mengkonsumsi makanan sehat yang mengandung gizi ibu hamil.

Share and Enjoy

  • Facebook
  • Twitter
  • Google Plus

Leave a comment

Your email address will not be published.


*