Lebih Waspada Ketika Usia Kehamilan Memasuki Trimester Kedua

Ibu dan balita www.ibudanbalita.com

Senang sekali pastinya jika sudah melewati masa kehamilan trimester pertama. Akan tetapi, jangan keburu senang dulu ya bu. Karena ada tantangan tersendiri ketika masa kehamilan sudah memasuki usia trimester kedua. Apa saja itu?

Yang pasti, kekhawatiran tentang bayi yang rentan mengalami keguguran sudah sedikit hilang. Pasalnya, ketika masa kehamilan trimester pertama sudah terlewati dan perkembangan bayi di dalam kandungan sangat baik, itu tandanya ibu sudah sedikit bernafas lega.

Ibu sudah boleh jalan-jalan dan bahkan sudah diperbolehkan liburan lho. Ada istilahnya babymoon. Untuk lebih lengkapnya tentang apa itu babymoon, ibu bisa baca ulasannya di www.ibudanbalita.com.

Lalu, apa tantangan yang akan ibu hadapi ketika masa kehamilan trimester kedua? Berikut penjelasan selengkapnya.

Masalah yang Paling Sering Dihadapi

Sebenarnya, bukan masalah kesehatan yang paling dikhawatirkan ketika hamil trimester kedua. Melainkan rasa tidak nyaman.

Ibu bisa bayangkan bagaimana rasanya beraktivitas ketika perut semakin membesar. Apalagi jika kegiatan ibu sangat padat sekali sebagai seorang wanita karir. Bisa dikatakan beban ibu akan semakin bertambah.

Untuk itulah yang paling penting adalah bagaimana mengatasi masalah ketidaknyaman ketika kehamilan sudah memasuki usia trimester kedua.

Meskipun demikian, tentu saja ibu harus tahu masalah kesehatan apa yang sering terjadi pada masa hamil trimester kedua. Karena masalah kesehatan tertentu juga bisa menyebabkan ketidaknyamanan lho.

Lalu, apa yang harus ibu lakukan?

Informasi Penting Bagi Ibu Hamil Trimester Kedua

Untuk mengusir rasa tidak nyaman, tentu saja ibu harus melakukan langkah-langkah yang tepat. Berikut informasi yang mungkin ibu perlukan.

1. Buat Suasana Senyaman Mungkin

Agar terhindar dari rasa yang tidak nyaman, tentu saja ibu harus membuat suasana nyaman, kan? Jika ibu bekerja di kantor, pastikan ibu memiliki kursi yang nyaman untuk ibu hamil, yaitu kursi yang tidak membuat ibu membungkuk.

Jika ibu seorang ibu rumah tangga, ada baiknya ibu mengatur jadwal kegiatan di rumah agar tidak semua waktu tersita untuk membersihkan atau mengurus rumah. Ini sangat penting mengingat rasa tidak nyaman yang dialami oleh seorang ibu hamil yang kebetulan menjadi ibu rumah tangga itu lebi disebabkan karena rasa lelah dan bosan berada di dalam rumah.

2. Yoga Setiap Hari

Tidak punya waktu? Tidak harus meluangkan waktu khusus untuk melakukan yoga lho bu. Ada gerakan yoga sederhana yang bisa ibu lakukan di pagi hari sebelum beraktivitas. Dan ibu tidak perlu terlalu lama mempraktekkan gerakan tersebut.

Ibu bisa pelajari gerakan yoga ibu hamil yang bisa ibu praktekkan di situs ibu dan balita. Yang pasti, gerakan yoga tidak hanya akan membuat tubuh ibu selalu bugar selama masa kehamilan saja, tapi juga akan membuat ibu terhindar dari rasa bosan dan tidak nyaman.

3. Mengkonsumsi Makanan dan Minuman Bergizi

Ini tips yang sangat klise. Tidak hanya mengkonsumsi makanan yang sehat, tapi juga ibu harus mengkonsumsi minuman yang bergizi, terutama susu ibu hamil.

Dalam waktu yang sama, ibu juga harus kurangi atau jika perlu menghindari mengkonsumsi fast food ya.

Jadi, sudah tahu apa yang harus waspadai ketika kehamilan masuk usia trimester kedua? Semoga informasi ini bisa membuat ibu semakin mantap dan siap untuk menjalani masa kehamilan. Ibu bisa beri tahu teman ibu yang sedang hamil tentang informasi ini. Bukankah menyebarkan kebaikan ke banyak orang itu hal yang sangat dianjurkan?

Share and Enjoy

  • Facebook
  • Twitter
  • Google Plus

Leave a comment

Your email address will not be published.


*