Lama Waktu Tidur Bayi Dalam Sehari

Seberapa lamanya waktu tidur bayi harus benar-benar diketahui oleh orang tuanya karena agar untuk menjaga kesehatan bayi sendiri. Jangan sampai bayi anda tidur dengan waktu yang belum memenuhi standar lamanya tidur bayi.

Hal itu karena apabila bayi kekurangan tidur akan membuat bayi tersebut tidak sehat dan perkembangannya tidak bisa sempurna. Tentunya hal itu tidak anda harapkan terjadi di bayi anda. Maka dari itu orang tua harus benar-benar mengerti seberapa lamanya siklus tidur bayi yang benar pada bayi anda.

Waktu tidur bayi ini sebenarnya tidak ada yang bisa mengatur karena hal itu sesuai dengan kemauan dari bayi itu sendiri. Bayi yang mempunyai umur masih sedikit pastinya akan menghabiskan hari-harinya dengan tidur yang banyak dan juga lama. Semakin berkembang usianya, maka lama waktu tidurnya akan semakin sedikit karena bayi tersebut sudah mempunyai pikiran yang semakin berkembang dan juga sudah mampu mengenal siang dan malam, waktunya tidur dan tidak tidur, dan biasanya akan mengikuti siklus tidur orang tuanya.

Namun dibalik itu semua terdapat berbagai penelitian yang meneliti tentang jumlah jam yang digunakan oleh bayi untuk tidur dalam satu hari. Jumlah waktu secara spesifik yang disebutkan oleh penelitian tersebut memang belum 100 persen benar terjadi di semua bayi karena waktu tidur bayi juga tergantung lingkungannya. Namun dengan kita orang tua mengetahui waktu tidur yang standar bayi bayi tersebut kita jadi tahu apakah bayi kita sudah hidup normal ataukah belum. Dan apabila bayi kita kurang mencukupi waktu tidurnya maka kita sebagai orang tua harus mawas diri dan berkaca apa yang salah dilingkungannya, mungkin terlalu berisik, terlalu kumuh, kurang bersih, dan lain sebagainya juga bisa menjadi faktor kurangnya tidur bayi. Untuk mengetahui berapakah waktu tidur yang stadar secara spesifiknya dan didasarkan pada umurnya, kita bisa melihatnya sebagai berikut.

  • Usia 0 – 3 Bulan : 15 – 17 Jam

Pada usia 0 hingga 3 bulan ini bayi masih tenang-tenangnya dan belum mengetahui apa yang terjadi di sekitarnya. Mungkin pada usia ini kondisi pendengaran dan kondisi pemikiran dari si bayi belum berjalan secara normal, dan bayi akan menghabiskan 15 hingga 17 jam dalam sehari untuk tidur. Biasanya 15 sampai 17 jam tersebut akan dibagi antara tidur siang dan tidur malam. Kebanyakan bayi usia 0 sampai 3 bulan akan menghabiskan banyak waktu tidurnya di siang hari dan bangun di malam hari.

  • Usia 4 – 5 Bulan : 14 – 15 Jam

Pada usia 4 hingga 5 bulan ini bayi sudah memiliki pikiran dan indera pendengaran yang semakin berkembang. Karena itulah lama waktu tidurnya akan sedikit berkurang karena ia mungkin sudah bisa merasakan saat orang tuanya bangun tidur dan di sekitarnya terdapat suara-suara yang mengganggu tidurnya. Untuk itu pastikan suasana di sekitar bayi tersebut sangat tenang dan jangan sampai mengganggu tidur si bayi tersebut karena bayi sudah sangat peka.

  • Usia 6 – 8 Bulan : 13 – 14 Jam

Pada usia ini bayi sudah mampu mengontrol pikirannya sehingga waktu tidurnya akan lebih sedikit dibandingkan dengan usia sebelumnya. Bayi lebih banyak menghabiskan waktu tidurnya selama 13 hingga 14 jam tergantung dari suasana sekitar. Pada usia ini bayi juga sudah mampu merasakan ketika orang tuanya bangun tidur dan ketika orang tuanya saat tidur. Untuk itu anda orang tua sebaiknya jangan bangun tidur ketika belum waktunya untuk bangun.

  • Usia 9 – 12 Bulan : 12 – 13 Jam

Pada usia ini bayi semakin mampu berkembang dan sudah mampu menambahkan pikiran di otaknya. Dan itu menjadi siklus waktu tidurnya menjadi lebih sedikit dibandingkan dengan usia sebelumnya. Namun disinilah menjadi kunci apakah standar tidur bayi sudah terpenuhi atau belum. Namun kebanyakan bayi menghabiskan tidurnya lebih sedikit dibandingkan dengan waktu yang telah ditentukan.

Lama waktu tidur bayi tersebut juga dipengaruhi keadaan sekitarnya. Biasanya apabila keadaan sekitar bayi sangat nyaman untuk dipakai tidur maka kemungkinan bayi anda bisa menghabiskan waktu tidurnya lebih banyak dibandingkan dengan standarnya.

Share and Enjoy

  • Facebook
  • Twitter
  • Google Plus

Leave a comment

Your email address will not be published.


*