Lakukan ini agar Persiapan Melahirkan Normal Lancar!

persiapan untuk melahirkan http://www.johnsonsbaby.co.id/

            Dapat melahirkan secara normal merupakan sebuah kebahagiaan tersendiri bagi bunda, karena bunda dapat merasakan secara langsung perjuangan untuk mengeluarkan sang buah hati dari perut bunda. Tugas mulia ini memang butuh perjuangan yang besar, pengorbanan, dan persiapan yang matang. Namun sayang, banyak bunda yang melupakan betapa pentingnya Persiapan Melahirkan normal. Mengingat waktu kelahiran atau persalinan merupakan waktu yang pastinya padat, menegangkan dan ribet, persiapan yang Anda lakukan jauh-jauh hari pastilah sangat berguna. Dengan persiapan melahirkan normal yang matang, niscaya waktu persalinan akan terasa lebih mudah dan lancar.

            Dalam sebuah proses persalinan, ada tiga hal yang memegang kunci sukses keberhasilan seorang ibu untuk melahirkan secara normal. Yakni keadaan bayi, keadaan jalan lahir dan kekuatan ibu untuk mengejan. Ketiga hal ini yang menjadi fokus khusus untuk diperhatikan bagi para bunda. Pengecekan dan konsultasi secara teratur terhadap kondisi janin akan memudahkan Bunda mengetahui keadaan bayi seperti posisi dan letak janin, detak jantung, dan berat badan bayi yang akan dilahirkan. Pemeriksaan keadaan jalan lahir juga penting untuk pengecekan bahwa jalan lahir terbebas dari segala halangan dan penyakit. Serta yang terakhir yakni kesehatan dan kesiapan ibu untuk mengejan. Tiga kunci sukses melahirkan ini akan berhasil dilakukan jika anda juga melakukan upaya-upaya berikut ini.

Anda Mengerti Proses Persalinan

            Pahamilah berbagai tahap Persiapan Melahirkan hingga proses persalinan tiba. Mungkin banyak ibu-ibu yang takut mempelajari hal ini karena khawatir membuat dirinya menjadi takut melahirkan secara normal. Tapi ibu yang banyak tahu, biasanya lebih aktif dan responsif ketika masa persalinan tiba. Hal ini akan memudahkan dokter yang membantu persalinan Anda, juga memuaskan hati Anda karena Anda mengerti apa yang Anda lakukan dan mengerjakannya dengan baik.

Hubungan yang Baik dengan Dokter

             Relasi yang baik dengan dokter dan perawat sangat diperlukan agar kerjasama Anda dan dokter diruang persalinan berjalan dengan lancar. Ketika Anda melahirkan, dokter kandungan Anda akan berperan sebagai orang yang memimpin persalinan, sehingga pilihlah dokter yang dapat bekerjasama dengan Anda. Pilihlah tenaga kesehatan dimana Anda nyaman bersamanya. Konsultasikan apa yang anda rasakan, keadaan bayi, dan kondisi jalan lahiran Anda. Ada baiknya mendekati masa-masa persalinan Anda bertemu kembali dengan dokter, lalu melakukan hospital tour agar anda lebih terbiasa dan juga untuk mengetahui fasilitas pendukung persalinan normal apa saja yang disediakan.

Sharing session dengan Bunda yang Berpengalaman

            Banyak berbicara dan sharing mengenai masa kehamilan Anda dengan Bunda yang telah berpengalaman melahirkan secara normal, perlu sifatnya. Karena Anda jadi memiliki referensi apa yang seharusnya Anda lakukan dan tidak dilakukan. Biasanya teman anda yang berpengalaman pasti akan memberikan wejangan yang baik untuk Anda demi keberhasilan persalinan yang Anda akan jalani. Pilihlah teman yang berkata jujur dan tidak melebih-lebihkan pembicaraan dan petiklah hal-hal positif yang mereka bagi, agar memotivasi Anda menjadi lebih tenang dan semangat.

Persiapkan Tubuh Anda

            Melakukan persiapan fisik seperti olahraga, lari pagi, senam ibu hamil, dan latihan pernafasan akan menambah stamina Anda dalam proses persalinan nanti. Asupan makanan juga perlu diperhatikan, makanlah makanan yang bergizi, sehat dan bersih. Jangan kurang tidur tetapi jangan terlalu banyak tidur siang, sebab hal ini dapat memicu pendarahan. Perhatikan juga kebersihan tubuh dan organ intim, karena hal tersebut merupakan hal yang tidak dapat Anda sepelekan menjelang proses persalinan.

Share and Enjoy

  • Facebook
  • Twitter
  • Google Plus

Leave a comment

Your email address will not be published.


*