Lakukan Hal Ini Untuk Mempercepat Anak Tumbuh Gigi

anak tumbuh gigi www.ibudanbalita.com

Umumnya anak tumbuh gigi atau keluarnya gigi susu pertama kali atau yang dikenal juga dengan erupsi ini terjadi saat usia anak 4 sampai dengan 6 bulan. Kendati demikian, jika nanti pada usia tersebut ternyata gigi anak tidak kunjung muncul Bunda tidak perlu merasa cemas. Sebab normalnya kemunculan pertama gigi pada anak terjadi di usia 6 sampai dengan 12 bulan.

Namun beda cerita ketika ternyata setelah usia anak lebih dari setahun namun belum juga ada pertumbuhan gigi pada anak. Kondisi ini bisa jadi memang si kecil tidak punya benih gigi. Kemungkinan besar sampai usia berapapun tidak akan ada erupsi. Artinya sampai dewasapun anak tidak akan punya gigi.

Untungnya kasus yang semacam ini sangat jarang terjadi. Untuk itu agar supaya pertumbuhan gigi anak bisa berjalan secara maksimal, sebenarnya ada beberapa kiat khusus yang bisa Bunda lakukan.

Pertumbuhan Gigi Balita

Di atas sudah sedikit disinggung bahwa kemunculan pertama gigi pada balita umumnya saat bayi memasuki usia 4 sampai dengan 6 bulan. Pada dasarnya pertumbuhan ini dipengaruhi oleh asupan gizi yang berasal dari menu makanan ataupun gizi pada ibu bayi karena pengaruh air susu yang dibutuhkan oleh bayi itu sendiri.

Namun sebenarnya ada banyak cara untuk mempercepat bayi tumbuh gigi. Contohnya saja dengan memberikan mainan dan juga media perangsang. Kenapa harus memberikan media perangsang dan mainan?

Media perangsang ini dimaksudkan untuk melatih keterampilan motorik pada bayi lantaran bentuknya yang melengkung. Sedangkan mainan biasanya akan digigit oleh si kecil. Pilihlah mainan yang berbahan dasar karet atau lateks dengan warna mencolok namun aman untuk si kecil.

Sebenarnya ada beberapa alasan mengapa bayi belum kunjung tumbuh gigi. Akan tetapi sebenanrnya masalah ini akan terselesaikan sendiri oleh waktu. Namun jika ternyata si kecil tak kunjung tumbuh gigi, seabaiknya Bunda mencari tahu apa penyebabnya. Salah satunya dengan meminta bantuan medis.

Untuk beberapa penyebab umum kenapa si kecil giginya tidak kunjung tumbuh diantaranya adalah:

  1. Faktor Genetik

Pada dasarnya si kecil adalah keturunan yang tentunya akan mewarisi genetik Anda. Untuk itu jika dalam riwayat keluarga memang bermasalah dalam hal pertumbuhan gigi, maka kemungkinan besar kenapa anak susuh tumbuh gigi adalah faktor genetik.

Untuk kondisi yang seperti ini sebenarnya tidak dibutuhkan pengobatan, Bunda hanya perlu sabar menunggu anak muncul gigi. Jadi jangan memikirkan hal-hal yang jelek terlebih dahulu. Karena kondisi seperti ini sebenarnya merupakan kondisi yang wajar.

  1. Kurang Gizi

Asipan gizi yang kurang pada si kecil ternyata juga bisa menjadi penyebab anak lama tumbuh giginya. Perlu Bunda pahami, pada dasarnya bayi ini berada di tahap dimana mereka ini membutuhkan banyak nitrisi secara tepat.

Kondisi inilah yang menjadi salah satu alasan kenapa ASI itu sangat direkomendasikan. Sebab dengan ASI, bayi akan mendapatkan kecukupan nutrisi yang dibutuhkan oleh si kecil.

Jadi ketika Bunda sudah memberikan MPASI (makanan pendukung ASI), pastikan si kecil mendapatkan nutrisi dalam jumlah yang tepat. Kekurangan kalsium dan vitamin D bisa menyebabkan bayi lambat tumbuh giginya.

  1. Hipotirodisme

Hipotirodisme ini kondisi dimana kelenjar tiroid kurang aktif. Kondisi seperti ini ternyata bisa menyebabkan masalah pada pertumbuhan gigi si kecil. Untuk kasus yang satu ini tidak bisa Bunda biarkan begitu saja. Harus ada bantuan medis untuk menanganinya. Bahkan parahnya lagi Hipotirodisme ini bisa membuat bayi lambat bicara, lambat berjalan, dan si kecil menjadi obesitas.

  1. Kekurangan Vitamin D

Perlu Bunda ketahui bahwa vitamin D ini bisa membantu tubuh si kecil dalam mengelola kalsium yang dibutuhkan untuk membangun tulang dan juga gigi yang kuat. Oleh sebab itu, jika si kecil kekurangan vitamin D, bisa menjadi penyebab gigi si kecil tidak kunjung tumbuh. Kekurangan vitamin D ini secara otomtis akan dialami oleh bayi yang lahirnya prematur.

Cara Mempercepat Bayi Tumbuh Gigi

Sebenarnya untuk mempercepat si kecil supaya giginya cepat tumbuh bisa Anda upayakan. Supaya cepat terjadi erupsi pada si kecil, beberapa cara mempercepat tumbuh gigi pada bayi di bawah ini bisa Anda coba.

  1. Pada dasarnya supaya gigi anak muncul ini perlu untuk dirangsang. Latihlah si kecil untuk menggigit biskuti bayi. Bila usianya sudah 9 bulan ke atas, coba Bunda berikan buah potong yang dipotong berbentuk memanjang seperti korek api. Contohnya saja pir, apel, atau wortel kukus. Kepadatan buah ini akan melatih si kecil untuk menggigit sehingga akan merangsang erupsi gigi.
  2. Saat si kecil sudah kenyang, Bunda bisa memberikan mainan lunak yang aman untuk digigit oleh si kecil. Dengan kebiasaa menggigit seperti ini akan membuat gigi yang ada di dalam menekan gusi sehingga akan mempercepat proses keluarnya gigi. Trik supaya gigi anak tumbuh yang satu ini bisa Bunda praktikkan ketika si kecil sudah berumur 4 bulan.
  3. Berikanlah makanan yang kaya akan nutrisi secara teratur. Direkomendasikan untuk memberikan jenis makanan semi padat untuk bayi dengan usia 6 sampai dengan 12 bulan. Sedangkan untuk bayi dengan usia 12 bulan ke atas Bunda bisa memberikan makanan padat. Mempercapat tumbuh gigi pada anak ini bisa diupayakan dengan memberikan asupan nutisi yang seimbang.
  4. Sering-seringlah untuk mengajak si kecil berbicara. Sebab ternyata hal seperti ini bisa merangsang pertumbuhan gigi pada si kecil.

Itulah beberapa kiat khusus untuk mempercepat pertumbuhan gigi pada bayi. Sebab sebenanrnya anak tumbuh gigi dengan cepat itu bisa Bunda upayakan.

Share and Enjoy

  • Facebook
  • Twitter
  • Google Plus

Leave a comment

Your email address will not be published.


*