Lakukan Hal Berikut Agar Perkembangan Janin Sehat dan Berkarakter Kelak

menghitung usia kehamilan www.facebook.com/ibudanbalita

Perkembangan janin itu harus dijaga agar sehat selalu. Tapi, ternyata ibu juga bisa berperan sebagai guru, yaitu mendidik janin. Terdengar aneh dan tidak masuk akal memang, tapi itu benar terjadi. Ibu bisa memberikan pelajaran berharga walaupun bayi ibu masih di dalam kandungan. Pelaja ran-pelajaran yang ibu ajarkan akan membentuk kepribadian anak ibu ketika lahir dan dewasa nanti.

Janin Bisa Mendengar

Ini merupakan fakta bahwa janin yang masih ada di dalam kandungan itu bisa mendengar. Ini merupakan hasil ilmiah. Ada seorang ibu di Amerika yang selalu menceritakan dongeng ketika ia masih mengandung. Setelah bayi tersebut dilahirkan, ibu selalu menceritakan dongeng yang sama jika bayi ibu tersebut rewel. Walhasil, bayi diam dan tidak lagi menangis.

Ini hanya satu dari sekian banyak bukti. Yang jelas, janin di dalam kandungan itu bisa mendengar apa yang ibu bicarakan. Bahkan, salah satu cici dari tumbuh kembang janin adalah pergerakan, yaitu pergerakan seperti menendang ketika mendengarkan sesuai. Pasti yang satu ini pernah ibu rasakan, bukan?

Itulah bukti bahwa sebenarnya janin di dalam kandungan itu bisa mendengar. Ia juga bisa merespon dengan cara bergerak menendang-nendang.

Dari fakta inilah muncul sebuah argumentasi bahwa bayi bisa diajarkan tentang karakter sejak ia masih di dalam kandungan.

Memberi Pelajaran kepada Janin

Dari fakta tersebut di atas, maka memberikan pelajaran kepada janin itu bukan hal yang tidak mungkin. Para ahli medis khususnya yang berhubungan dengan perkembangan janin mengatakan ada baiknya ibu meluangkan waktu untuk bercerita dan bernyanyi untuk sang buah hati yang ada di dalam kandungan. Kegiatan tersebut akan memberikan efek ketenangan dan juga memberikan pelajaran bagi sang buah hati.

Selain itu, ibu juga bisa mengajak janin dalam kandungan berbicara. Memang sang buah hati tidak akan bisa menjawab. Hanya saja, efeknya nanti adalah ketika ia lahir dan dewasa. Anak ibu akan menjadi anak yang berkarakter jika ibu mengajarkan pelajaran-pelajaran yang baik sewaktu janin masih di dalam kandungan.

Secara psikologis, hal ini juga bisa berimbas pada kesehatan janin. Bercerita, berkomunikasi, dan bernyanyi akan membuat sang buah hati ibu tenang di dalam kandungan. Dengan demikian, ia akan berkembang secara baik dan normal.

Itulah mengapa orang-orang barat sangat menganjurkan ibu hamil untuk memperdengarkan musik klasik. Musik klasik merupakan musik dengan nada rendah yang menenangkan. Akan tetapi, alangkah lebih baik jika ibu bercerita dan berkomunikasi dengan si kecil yang ada di dalam kandungan lalu memasukkan nasehat-nasehat yang baik. Karena nasehat-nasehat tersebut dicerna oleh janin. Secara tidak sadar, otak janin akan menerima dan mengingat nasehat tersebut sehingga ketikan nanti lahir dan dewasa ia akan menjadi pribadi yang baik.

Masih tidak percaya bahwa ibu bisa mengajarkan janin yang masih di dalam kandungan? Sudah dibuktikan bahwa janin it uterus berkembang. Dan perkembangannya itu tidak hanya meliputi fisik saja, tapi juga otak. Itulah mengapa waktu yang paling tepat untuk mengajarkan si kecil bukan saat ia sudah dewasa tapi ketika masih di dalam kandungan.

Mulai sekarang, ibu harus meluangkan waktu untuk berkomunikasi dengan janin. Mengkonsumsi susu ibu hamil saja tidak cukup untuk memastikan janin berkembangan dengan baik. Bercerita dan berkomunikasi dengan janin juga memiliki peran penting dalam perkembangan janin.

Share and Enjoy

  • Facebook
  • Twitter
  • Google Plus

Leave a comment

Your email address will not be published.


*