Kulit Bayi Anda Kering? Berikut Cara Merawatnya

cara merawat kulit bayi https://www.facebook.com/JohnsonsBabyIndonesia/

Masalah kulit kering ternyata tidak hanya menjadi masalah untuk orang dewasa saja, namun hal ini dapat terjadi pula pada kulit bayi yang cenderung sensitif. Beberapa faktor dapat mempengaruhi keringnya kulit bayi, antara lain adalah karena sinar matahari pada musim panas, AC, air garam maupun klorin yang terdapat pada air untuk memandikan bayi Anda. Maka, cara merawat kulit bayi yang kering pun menjadi sesuatu yang harus diketahui.

Lalu, apa yang harus dilakukan untuk mengatasi kulit kering bayi?

  1. Kurangilah waktu mandi bayi Anda

Saat memandikan bayi, tentunya jangan dilakukan terlalu lama karena dapat menyebabkan kulit bayi kering. Hal ini terjadi karena saat mandi, minyak alami yang terdapat pada kulit bayi dapat hilang bersama dengan kotoran. Untuk mengatasi hal ini, mandikanlah bayi Anda seefektif mungkin dengan durasi tidak lebih dari 10 menit. Ketika memandikannya pun gunakanlah air hangat namun tidak terlalu panas dan sabun khusus bayi untuk menjaga kelembaban kulitnya.

Selain menjaga durasi waktu mandi bayi Anda, pastikan jangan membiarkan kain atau lap pembersih yang sudah tercampur sabun masuk ke dalam bak mandi bayi Anda. Setelah memandikannya dengan waktu yang singkat, keringkan bayi Anda dengan lap bayi dan gunakanlah pelembab kulit bayi jika memungkinkan. Terkadang terdapat beberapa bayi yang tidak cocok menggunakan pelembab kulit bayi, maka sesuaikanlah pelembab bayi Anda untuk menghindari iritasi. Contoh pelembab kulit bayi adalah baby lotion yang telah diformulasikan secara khusus. Gunakan sebanyak dua kali sehari, yaitu pada pada pagi hari setelah mandi dan siang hari.

  1. Hindarilah Garam atau Kloring Kering di Kulit Bayi

Kandungan klorin dan air garam pada air mandi bayi Anda dapat mempengaruhi kelembaban kulit bayi sehingga dapat menyebabkan kulit bayi Anda sangat kering. Maka itu disarankan jika Anda mengajaknya berenang di kolam renang atau laut, segeralah membilasnya dengan air bersih dan gunakan pelembab kulit bayi sebagai cara merawat kulit bayi ketika kulitnya masih agak basah.

  1. Jagalah Kelembaban Kulit Bayi Anda

Faktor kelembaban kulit didapatkan dari cairan yang berada di dalam tubuh, pastikan bayi Anda menyusu atau minum air dengan cukup. Hal ini dilakukan agar cairan yang terserap dalam tubuh bisa menjaga kelembaban kulit bayi sehingga kulit kering pada bayi dapat diatasi.

  1. Jaga Bayi Anda dari Faktor Lain Penyebab Kulit Kering

Selain menjaga kelembaban kulit dengan memberikannya cairan yang cukup, terdapat fakto lain yang menyebabkan kulit kering pada bayi. Sebagai contoh, saat musim dingin, pastikan bayi Anda menggunakan sarung tangan dan kaus kaki agar terhindar dari kulit kering dan pecah-pecah saat musim dingin. Tidak hanya saat musim dingin, saat bayi berpergian menggunakan mobil atau motor, sebaiknya gunakan sarung tangan dan kaus kaki agar bayi merasa hangat.

  1. Perhatikan Kondisi Bayi Anda

Saat kulit kering bayi menjadi masalah, cobalah perhatikan pakaian yang dikenakannya, apakah berbahan lembut dan longgar? Selain itu, saat mencuci pakaian bayi pun harus diperhatikan, apakah sudah dibilas dengan bersih sehingga tidak ada lagi sisa sabun? Untuk wewangian, sebaiknya gunakan pewangi yang tidak terlalu menyengat bagi bayi. Gunakan baby cologne saja pada pakaian bayi sehingga saat terhirup oleh bayi, bayi Anda merasa nyaman. Kondisi bayi pun harus diperhatikan, periksa kukunya, apakah panjang atau tidak, karena jika panjang dan kondisi kulit kering akan memperburuk keadaan kulit bayi.

Inilah cara merawat kulit bayi yang kering, Anda dapat mencobanya di rumah dan lihatlah hasilnya. Semoga kulit kering si Kecil dapat diatasi!

Share and Enjoy

  • Facebook
  • Twitter
  • Google Plus

Leave a comment

Your email address will not be published.


*