Kualitas Yang Terdapat Pada Makanan Untuk Memperbanyak ASI

Makanan Untuk Memperbanyak ASI www.awalsehat.nestle.co.id

Makanan untuk memperbanyak ASI merupakan hal penting yang harus dipenuhi oleh ibu menyusui. Bayi yang baru lahir perlu memperoleh ASI eksklusif selama paling tidak 6 bulan, dan setelah masa itu bayi sudah diizinkan untuk mengkonsumsi makanan dari luar atau memperoleh tambahan susu untuk pendamping ASI. Selain bermanfaat untuk si kecil, menyusui juga dapat membantu membuang jaringan lemak yang disimpan selama masa kehamilan. Prosesnya yaitu dengan menggunakan lemak ini sebagai sumber energi dalam menghasilkan ASI.

Tubuh tidak hanya akan menyimpan lemak pada saat hamil untuk digunakan dalam menyusui, namun juga akan menyimpan gizi yang lain, misalnya saja protein yang penting untuk memperbanyak jumlah dan kualitas ASI.

Salah satu hal paling penting yang mempengaruhi kualitas dan kuantitas ASI yaitu makanan yang diokonsumsi ibu selama masa menyusui. Berikut ini beberapa makanan untuk ibu menyusui agar ASI lebih banyak;

  1. Daun katuk. Sayuran ini memang kurang terkenal jika dibandingkan yang lain dan tidak sepopuler bayam amaupun kangkung. Namun daun katuk mempunyai banyak manfaat untuk kesehatan, terutama dalam menambah produksi ASI selama masa menyusui. Dalam membantu melancarkan produksi ASI, Anda bisa mengkonsumi daun katuk rebus selama tiga hari berturut-turut pasca melahirkan.
  2. Bawang putih. Hampir semua masakan menggunakan bawang putih sebagai salah satu bumbu pilihan. Bawang putih memang terkenal mempunyai banyak manfaat untuk kesehatan, selain bisa berguna sebagai antibiotik alami, bawang putih juga dapat digunakan untuk memperbanyak ASI. Sebuah penelitian menemukan bila mengambil suplemen bawang putih bisa meningkatkan jumlah produksi ASI.
  3. Ikan salmon. Ikan laut pada intinya merupakan sumber terbaik asam lemak omega 3, misalnya saja ikan salmon. Disamping berguna untuk mencerdaskan otak, omega 3 adalah nutrisi penting dalam meningkatkan produksi ASI. Anda dapat mengonsumsi ikan salmon dalam bentuk panggang atau direbus agar mendapatkan manfaat dari ikan tersebut.
  4. Sayur wortel. Salah satu gizi yang Anda butuhkan untuk memperlancar ASI yaitu vitamin A, dimana gizi ini sangat banyak ditemukan dalam sayur wortel. Disamping membantu memperbanyak ASI, wortel juga bermanfaat untuk meningkatkan penglihatan terutama di malam hari, . Dengan begitu , bila Anda mengkonsumsi sayuran yang satu ini maka akan memberikan bantuan kepada Anda dan si kecil untuk mendapatkan mata yang sehat.
  1. Daun kemangi. Daun kemangi merupakan sumber anti-oksidan penting yang dibutuhkan oleh tubuh. Daun kemangi mempunyai efek menenangkan yang penting ketika masa menyusui. Hal ini juga akan meningkatkan sistem kekebalan tubuh bayi Anda. Menambahkan beberapa tangkai daun kemangi ke dalam lalapan bisa memabntu Anda dalam memperoleh kualitas ASI yang baik.

Nutrisi Penting Yang Ada Pada Makanan Untuk Memperlancar ASI

Kebutuhan beberapa nutrisi  ini akan banyak diperlukan ketika saat dalam kondisi menyusui, hal ini disebabkan karena  ibu perlu membagi sumber gizi mereka dengan si kecil, beberapa nutrisi yang perlu ditingkatkan untuk melancarkan ASI diantaranya adalah :

-Kalori. Peningkatan kebutuhan kalori yakni kurang lebih 500 kkal/hari dari kebutuhan biasanya oleh ibu.

-Protein. Dalam masa menyusui, ibu setidaknya perlu mendapatkan sekitar 15gm tambahan protein/hari untuk memenuhi kebutuhan nutrisi yang dibutuhkan si kecil.

-Vitamin A. Vitamin A merupakan salah satu nutrisi yang perlu Anda tingkatkan selama menyusui, dimana kebutuhan nutrisi ini bisa sampai sekitar 1200 hingga 1300 mikrogram/hari sebab sekresi yang tinggi dalam ASI. Anda dapat memperolehnya dari buah dan sayur segar yang tinggi akan vitamin A termasuk wortel.

-Vitamin C. Vitamin ini cukup penting dalam mendukung sistem kekebalan tubuh, oleh karena itu vitamin C juga sangat dibutuhkan dalam memperbanyak kualitas maupun kuantitas ASI. Kebutuhan vitamin C harian ibu menyusui meningkat sampai 90 miligram/hari  sebab sekresi yang tinggi dalam susu. Makanan sumber vitamin C, misalnya saja kiwi, jeruk, strawberry, pepaya, dan paprika.

-Kalsium dan Fosfor. Kedua mineral ini sangat dibutuhkan oleh tubuh dalam meningkatkan kepadatan tulang. Pada masa hamil dan menyusui akan menyebabkan tubuh memerlukan kedua mineral tersebut lebih banyak daripada biasanya. Dalam mendukung kesehatan tulang dibutuhkan sekitar 1200 miligram kalsium /hari untuk memperbanyak jumlah ASI.

Biji-Bijian Untuk Menambah Jumlah ASI

Ada beberapa macam biji-bijian  yang bisa membantu ibu menyusui dalam menambah jumlah ASI, berikut ini berbagai macam biji-bijian yang harus Anda ketahui;

-Anise atau gadas manis.

Memang mungkin beberapa masyarakat Indonesia masih sangat asing dengan salah satu jenis biji anise.

Biji Ini memang masih belum populer di masyarakat Indonesia dan memang bukan tanaman yang berasal dari Indonesia. Biji anise mempunyai kandungan fitoestrogen yang banyak dimana fitoestrogen bermanfaat untuk menambak produksi ASI.

-Fenugreek.

Biji yang satu ini juga masih jarang diketahui oleh beberapa orang. Biji Fenugreek atau yang biasa disebut dengan  biji Kelabat  merupakan jenis tanaman yang mempunyai banyak khasiat. Tanaman ini biasanya dijadikan sebagai obat tradisional. Biji fenugereek ini bisa meningkatkan produksi ASI. Biji ini dapat diminum dengan cara menggunakan air putih yang hangat.

-Habbatussauda.

Habbatussauda atau jinten hitam, jenis tanaman yang satu ini sudah banyak di ketahui oleh masyarakat di Indonesia sebab berbagai manfaatnya.Banyak penelitian yang dilakukan bahwa Habbatussauda mempunyai sejumlah kandungan yang berguna untuk kesehatan tubuh, salah satunya yaitu meningkatkan jumlah ASI.

– Biji wijen.

Biji wijen merupakan makanan yang kaya akan kalsium, dan merupakan salah satu dari makanan untuk memperbanyak ASI. Selian kalsium, biji wijen juga memberikan beberapa mineral lainnya yang sangat dibutuhkan selama masa menyusui.

Share and Enjoy

  • Facebook
  • Twitter
  • Google Plus

Leave a comment

Your email address will not be published.


*