Kram Tanda Awal Kehamilan atau Malah Justru Keguguran?

ibudanbalita

Tidak semua wanita yang merasa kram itu tanda awal kehamilan. Bisa saja itu tanda haid. Karena haid atau menstruasi itu diawali dengan kram pada perut.

Dan bahkan, kram juga bisa menjadi tanda buruk, yaitu keguguran. Mungkin ibu sudah yakin jika ada janin di dalam kandungan. Namum, kram yang ibu alami menjadi pertanda bawasannya janin di dalam rahim mengalami keguguran.

Namun, itu semuanya tidak lain hanyalah sebuah kemungkinan. Kram mungkin tanda kehamilan, kram tanda haid, dan kram bisa juga pertanda keguguran.

Lalu, apakah kram yang ibu rasakan merupakan pertanda hamil muda, haid, atak keguguran? Untuk menjawabnya, tentu ibu harus tahu apa perbedaannya.

Kram Tanda Kehamilan

Tentu ada perbedaan walaupun sedikit antara kram yang menjadi tanda hamil muda dengan kram haid atau kram keguguran.

Ibu harus tahu terlebih dahulu saat ibu hamil muda mengalami kram, itu merupakan gejala yang disebabkan oleh ukuran rahim yang membesar. Karena pembesaran tersebut mengakibatkan ada rasa sakit terutama pada bagian perut atau sekitar perut,

Lebih dari itu, para ahli kesehatan ibu hamil mengatakan pembesaran rahim itu akan mengakibatkan perenggangan ligamen. Hal inilah yang membuat seorang ibu hamil muda merasakan kram khususnya pada bagian bawah. Dan ini yang menjadi salah satu ciri khusus kram yang merupakan tanda ibu hamil muda.

Lebih dari itu, para ahli kesehatan ibu hamil juga membuat catatan tambahan di mana seorang ibu hamil muda tidak akan merasakan kram yang terlalu lama. Meskipun kram akan sering dirasakan dan bisa jadi terjadi hingga kehamilan trimester kedua dan trimester ketiga, namun terjadinya kram itu tidak terlalu lama.

Itulah mengapa jika ibu sering merasakan kram dan bahkan terjadi hingga waktu yang cukup lama, ibu sangat disarankan untuk datang ke bidan atau dokter kandungan untuk melakukan konsultasi kehamilan.

Kram yang Membahayakan

Seperti yang telah disinggung sebelumnya, kram merupakan hal yang wajar terjadi pada ibu hamil muda jika terjadi dalam waktu yang tidak lama. Nah, hal ini akan berbahaya jika kram tersebut terjadi dalam kurun waktu yang lama dan frekuensinya sangat sering.

Jika ibu merasakan kram yang sangat menyakitkan, ibu perlu waspada. Banyak ibu hamil yang mengalami keguguran dengan tanda-tanda awal berupa kram yang sakitnya luar biasa. Dan jika hal tersebut disertai flek, maka ibu perlu istirahat total. Segeralah ibu berkonsultasi dengan dokter kandungan agar mendapatkan penjelasan bagaimana perkembangan janin di dalam kandungan.

Sebagai langkah antisipasi ketika ibu belum tahu apakah kram yang ibu rasakan itu tanda yang sering terjadi di awal kehamilan atau kram karena keguguran, ibu perlu istirahat total. Hindari pekerjaan fisik yang menguras tenaga. Bahkan, jika diperlukan, ibu bisa menghindari aktivitas fisik terlalu sering seperti berjalan. Usahakan ibu memiliki waktu yang lebih banyak dengan cara berdiam diri dan istirahat. Ini lebih baik demi mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan.

Semoga informasi tentang kram ini bisa membuat ibu lebih tahu tentang gejala apa saja yang terjadi saat hamil muda. Ikuti informasi terbaru tentang kesehatan ibu hamil dengan cara bergabung dengan forum ibu hamil. Karena di sana banyak sekali informasi terupdate tentang kesehatan ibu hamil terutama bagaimana mengatasi gejaja kehamilan muda yang dibagikan oleh ahli kesehatan dan juga para anggota forum.

Share and Enjoy

  • Facebook
  • Twitter
  • Google Plus

Leave a comment

Your email address will not be published.


*