Kosmetik Yang Aman Untuk Ibu Hamil Memang Ada? Cek Jawabannya Disini!

kosmetik yang aman untuk ibu hamil www.ibudanbalita.com

Perempuan adalah perhiasan dunia, dan semua perempuan berhak tampil cantik baik untuk dirinya sendiri maupun orang yang disayangi. Tidak ada kecantikan yang standard karena setiap perempuan punya kelebihan fisik yang tidak dimiliki perempuan lain. Guna menonjolkan aspek tersebut, salah satu alat bantu memperkuat kelebihan wajah perempuan disebut kosmetik. Sayangnya pada waktu tertentu alat tersebut kurang cocok, seperti kosmetik yang aman untuk ibu hamil seringkali tidak diketahui.

Masa kehamilan seharusnya menjadi masa yang membahagiakan terutama bagi pasangan yang memang berharap. Walaupun sedang mengurus janin sekalipun, namanya keinginan ibu hamil tampil cantik wajar saja muncul. Kendati demikian, keselamatan kandungan tetap jadi prioritas utama, sehingga bunda sebaiknya tetap mencari alternatif terbaik. Madsud dari alternatif tentu saja kosmetik yang aman untuk kandungan dan tetap membuat bunda tampil cantik.

Tidak ada yang salah dengan perempuan memakai kosmetik saat mengandung bayi. Justru, dengan memakai kosmetik, bunda bisa bersenang-senang melalui eksperimen kecantikan. Akui saja, mencoba beragam gaya dan memuji kecantikan diri sendiri alias narsis menimbulkan sensasi tersendiri. Layaknya kisah narcissist, memang orang pertama yang seharusnya jadi cinta pertama adalah diri sendiri, maka dari itu menjaga penampilan adalah bentuk kasih sayang terhadap kebahagiaan diri sendiri.

Industri ritel terutama bidang kosmestik berhasil menguasai sebagian besar pengeluaran baik perempuan maupun laki-laki. Biaya produksi dan pemasaran tentu paling tidak berbanding lurus dengan keuntungan yang didapat selama konsumen terus membeli produk tanpa henti. Menimbang fakta bahwa kehamilan memakan waktu paling tidak 9 bulan, tentu perusahaan tidak mau merugi karena bunda tidak bisa memakai kosmetik. Langkah perusahaan pastinya membuat kosmetik aman untuk ibu hamil.

Tidak semua perusahaan mau mengambil pangsa pasar yang terlalu sedikit. Jaman sekarang, perempuan yang mau hamil sudah mulai berkurang, tingkat independensi yang terus meningkat menyebabkan jumlah kelahiran tidak selalu standard. Hal ini menjelaskan kenapa jarang sekali kosmetik yang bisa dipakai ibu hamil tidak dipasarkan secara khusus, namun bercampur dengan jenis kosmetik lain. Padahal, aman atau tidaknya hanya tergantung dari segi kandungan kosmetik tersebut.

Indonesia terkenal dengan wilayah super tropis. Panas terik matahari tanah air mendorong produksi keringat. Bau badan sudah bukan ‘kondisi’ yang perlu diherankan, nyaris semua penduduk, terutama ibu hamil musti berurusan dengan ketiak. Produk deodorant, body spray, bedak dingin, dan banyak lagi perawatan ketiak biasa digunakan guna melawan solusi bau badan serta faktor kenyamanan dalam beraktivitas sehari-hari.

Sejauh ini produk anti bau badan yang beredar di pasaran hanya berfokus pada tipe kulit dan kebutuhan perawatan saja. Produk untuk kulit sensitif kering, bau badan berlebih dan semacamnya sudah pasti punya kandungan berbeda satu sama lain. Harap diingat, apapun kebutuhan bunda dalam mengatasi bau badan, hindari produk dengan kandungan aluminum chloride hexahydrate atau aluminium chlorohydrate. Kedua bahan tersebut terbukti menganggu kehamilan.

Bicara mengenai kulit, tentu perempuan Indonesia sadar standar kecantikan di asia mengutamakan kulit putih cerah. Entah pengaruh penjajahan atau pehaman dari negara barat, yang jelas kosmetik pemutih kulit terlaku di tanah air berhubungan erat dengan kulit putih. Tidak ada yang salah kalau memang bunda ingin punya kulit putih merona bak bintang iklan. Pastikan saja kalau dalam kosmetik perawatan kulit langganan bunda tidak ada unsur hydroquinone, idrochinone atau quinol/1-4 dihydroxy benzene/1-4 hydroxy benzene selama masa mengandung.

Standard kecantikan lokal kedua terletak pada rambut, mahkota kehormatan perempuan. Bahkan dalam literasi terutama cerita rakyat sudah digambarkan bahwa perempuan cantik berambut hitam lurus, lebat, dengan alis tebal, wajar saja gambaran tersebut terbawa hingga masa modern. Kosmetik yang berhubungan dengan rambut mulai dari sampo hingga masker rambut semuanya diburu perempuan yang ingin memenuhi tuntutan tersebut.

Tidak semua perempuan menginginkan kecantikan standard, kendati demikian tetap saja keindahan rambut layak dijaga. Produk kosmetik seputar rambut yang beredar tentu sudah melalui serangkaian tes uji coba penuh tanggung jawab serta pengawasan. Sama dengan kosmetik anti bau badan dan pemutih kulit, ada beberapa bahan yang harus diantaranya adalah diethanolamine, oleamide DEA, lauramide DEA dan cocamide DEA. Keempat bahan kimia tersebut juga ditemukan dalam kosmetik perawatan tubuh.

Selain badan dan rambut, ada satu lagi produk yang cukup populer guna menambah kecantikan perempuan. Bulu mata yang lebat seringkali membuat pandangan jadi teduh, sehingga perempuan terlihat lebih anggun. Mulai dari desain yang wajar sampai agak nyeleneh, semua bulu mata pada suatu titik akan berguna, apalagi kala acara formal yang membutuhkan penampilan super elegan.

Menyangkut kehamilan, sebenarnya tidak ada bulu mata yang berbahaya. Justru, hal yang bisa membahayakan janin terletak pada perekat bulu mata itu sendiri. Lem bulu mata dirancang khusus untuk memastikan mata tetap terlihat ‘syahdu’ sepanjang acara. Usut punya usut bahan ormaldehyde, quaternium-15, dimethyl-dimethyl (DMDM), hydantoin, imidazolidinyl urea, diazolidinyl urea, sodium hydroxymethylglycinate, atau 2-bromo-2-nitropropane-1,3-diol (bromopol) tidak baik untuk calon buah hati.

Percepatan inovasi teknologi membantu kemajuan dunia komestik hingga tahap kini. Masih banyak lagi jenis kosmetik yang mungkin digunakan oleh bunda namun tidak termasuk dalam daftar ini. Guna meminimalisir resiko, selalu baca daftar kandungan produk supaya bunda tidak salah pilih kosmetik yang aman untuk ibu hamil.

Share and Enjoy

  • Facebook
  • Twitter
  • Google Plus

Leave a comment

Your email address will not be published.


*