Konsultasi Masalah Anak Kecanduan Mainan Handphone

konsultasi masalah anak www.facebook.com/ibudanbalita

Konsultasi masalah anak bisa meliputi segala hal, mulai dari masalah psikologi serta kesehatan anak. Hanya saja, kebanyakan orang tua sekarang ini memiliki masalah yang sama ketika anaknya sudah tumbuh dewasa. Ketika anak sudah memasuki usia sektiar 4-5 tahun, anak sudah mulai tahu bagaimana mengoperasikan alat-alat teknologi canggih. Contohnya saja handphone. Bahkan, banyak anak yang kecandugan mainan handphone.

Apakah anak ibu satu di antara ratusan akan yang kecanduan mainan handphone? Lalu apa solusinya?

Yang jelas, mainan handphone yang terlalu sering bahkan sampai kecanduan itu tidak baik psikologi anak. Salah satunya adalah anak cenderung sulit bersosialisasi dengan orang lain. Mereka menganggap akan lebih baik mereka menyendiri mainan game di dalam handphone.

Tentu saja ibu manapun tidak ingin anaknya mengalami hal tersebut. Untuk itu, ibu harus menerapkan peraturan ke tegas. Buatlah jadwal di mana ibu memperbolehkan anak ibu bermain handphone. Batasi misalnya 2 jam sekali. Jika perlu, ibu bisa menerapkan jadwal di mana hanya diperbolehkan mainan handphone pada waktu weekend.

Akan tetapi, solusi tersebut sifatnya hanya sementara. Jika anak ibu sudah kecanduan mainan game, ibu bisa mengalihkan dengan permainan baru yang asyik lainnya. Seperti contoh, ibu lebih sering mengajak si kecil jalan-jalan di tempat menarik di sekitar. Itu bisa membuat anak lupa akan nikmatnya menyendiri dengan handphone. Ibu tidak perlu khawatir perkembangan psikologi si kecil terganggu sehingga ibu seperitnya tidak perlu datang ke dokter anak dan konsultasi masalah anak.

Share and Enjoy

  • Facebook
  • Twitter
  • Google Plus

Leave a comment

Your email address will not be published.


*