Konsultasi Kehamilan untuk Wanita Karir

konsultasi kehamilan https://www.facebook.com/ibudanbalita/

Konsultasi kehamilan menjadi sangat penting apalagi bagi wanita karir. Pasalnya, resiko adanya gangguan kesehatan entah ibu hamil atau janin di dalam kandungan lebih tinggi daripada wanita yang kesehariannya hanya ada di rumah sebagai ibu rumah tangga.

Akan tetapi, bukan berarti ibu rumah tangga tidak perlu konsultasi dengan dokter. Hanya saja, bagi wanita karir, konsultasi dengan dokter itu harus dilakukan dan sebaiknya rutin setidaknya satu bulan sekali.

Sebenarnya, ada alternatif lagi bagi ibu yang tidak sempat atau tidak memiliki waktu untuk datang ke tempat praktek dokter kandungan untuk konsultasi, yaitu melakukan konsultasi secara online. Hanya saja, untuk hal-hal tertentu, ibu harus datang langsung untuk mendapatkan pengecekan secara langsung.

Untuk wanita karir, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan agar kesehatan ibu serta janin dalam kandungan bisa terjaga. Yang jelas, tidak ada alasan untuk keluar dari pekerjaan ketika hamil. Ibu hanya perlu melakukan langkah antisipasi agar pekerjaan dan kehamilan berjalan normal.

Makan Lebih dari 3 Kali

Jangan takut ibu akan kegemukan jika makan lebih dari tiga kali sehari. Yang diganti adalah porsinya saja. Untuk memenuhi gizi ibu hamil, ibu perlu makan lebih dari 3 kali sehari dengan porsi sedikit. Hal ini diperlukan lantaran janin dalam kandungan juga membutuhkan suplai nutrisi. Makan tiga kali saja tidak cukup.

Selain itu, mengkonsumsi makanan dengan porsi sedikit namun lebih dari tiga kali juga bisa dijadikan cara untuk mengobati morning sickness. Jika ibu memiliki masalah dengan mual dan muntah di pagi hari, itu artinya ibu mengalami morning sickness. Ibu bisa coba menerapkan pola makan lebih dari tiga kali sehari namun porsinya sedikit. Jelas lebih menyehatkan dan bisa mengobati morning sickness.

Membawa Cemilan di Kantor

Siapa bilang ibu hamil dilarang mengkonsumsi cemilan. Ada juga cemilan yang sehat dan baik dikonsumsi oleh ibu hamil, seperti cemilan berbahan kacang. Gizi ibu hamil itu bisa dipenuhi dari kacang karena kacang mengandung protein yang tinggi. Protein ini penting sekali bagi perkembangan saraf bayi dalam kandungan.

Membawa cemilan akan sangat penting sekali ketika belum masuk waktu makan siang namun ibu sudah merasa lapar. Jangan sekali-kali ibu kelaparan karena hal tersebut akan berpengaruh pada perkembangan janin.

Menonton TV

Sudah menjadi kebiasaan jika wanita karir membawa pekerjaan kantor di rumah. Mereka harus lembur lantaran dikejar deadline. Sementara itu, tidak mungkin kerjaan tersebut dikerjakan pada jam kantor saja.

Apakah ibu juga mengalami hal tersebut? Jika ibu konsultasi kehamilan, maka satu hal yang biasanya akan keluar dari mulut dokter, yaitu nasehat agar tidak terlalu lelah bekerja. Karena kelelahan akan memicu stress dan stress akan berpengaruh kurang baik bagi perkembangan janin.

Untuk ibu, ibu bisa meminta dispensasi agar atasan ibu tidak memberikan beban kerja yang terlalu berat selama masa kehamilan. Hal tersebut penting agar ibu bisa bersantai pada waktu weekend seperti menonton TV. Rileks satu hari dalam satu minggu sudah cukup mengembalikan kebugaran tubuh. Dan bagi ibu hamil, rileks dan menikmati quality time akan membantu jani berkembang lebih baik.

Jadi, ibu tidak perlu memutuskan untuk keluar dari pekerjaan ibu sekarang ini hanya karena ibu hamil. Yang perlu ibu lakukan adalah membagi waktu serta membuat perencanaan yang matang sehingga ibu bisa menjalani peran sebagai ibu hamil dan juga wanita karir. Dan jangan lupa ibu harus secara rutin konsultasi kehamilan.

Share and Enjoy

  • Facebook
  • Twitter
  • Google Plus

Leave a comment

Your email address will not be published.


*