Konsultasi Kehamilan Tentang Hubungan Gizi Ibu Hamil dan Bayi Lahir Prematur

konsultasi kehamilan www.facebook.com/ibudanbalita

Konsultasi kehamilan sekarang sudah bisa dilakukan secara online. Ibu tinggal membuat smartphone atau laptop kemudian join ke salah satu penyedia jasa konsultasi ibu hamil, maka ibu bisa langsung bertanya tentang apapun seputar kehamilan, mulai keluhan kesehatan, gizi ibu hamil, dan lain sebagainya.

Memang yang sering ditanyakan di forum tersebut adalah seputar kontroversi yang ada di masyarakat. Seperti contoh, apakah bayi lahir prematur itu karena faktor gizi yang kurang atau ada hal lain diluar itu. Hal-hal seperti inilah yang sering dikonsultasikan dan di bahas di forum ibu hamil.

Untuk lebih lengkapnya tentang masalah bayi lahir prematur, ibu bisa menyimak ulasan berikut ini.

Penyebab Bayi Lahir Prematur

Memang kebanyakan bayi lahir prematur ini sering dikaitkan dengan gizi ibu hamil yang kurang tercukupi. Namun, yang terjadi kemudian ibu akan disalahkan oleh orang-orang terdekat ibu lantaran lalai dalam menjaga janin yang ada di dalam kandungan.

Sebenarnya, bukan hanya faktor kekurangan gizi saja yang menjadikan bayi lahir prematur. Ada beberapa hal lain yang juga berpengaruh secara signifikan terhadap kelahiran bayi sebelum masanya tersebut.

Salah satunya adalah faktor psikis. Yang perlu ditanyakan apakah ibu sedang menghadapi masalah yang berat sehingga ibu sering merasa stress. Ataukah ibu sedang menghadapi tuntutan pekerjaan yang berat. Faktor-faktor yang menyebabkan psikis ibu terganggu ternyata juga berpengaruh besar terhadap kelahiran bayi yang prematur.

Itulah mengapa ketika konsultasi kehamilan, mungkin ibu akan ditanya seputar kegiatan sehari-hari, apa yang ibu lakukan, apakah ibu seorang ibu rumah tangga atau seorang wanita karir. Semuanya hal akan ditanyakan agar dokter bisa mendapatkan gambaran situasi yang komprehensif.

Selain itu, faktor riwayat kesehatan juga bisa menjadi penyebab bayi lahir prematur. Apakah ibu pernah melahirkan bayi prematur sebelumnya? Jika ya, resiko bayi selanjutnya lahir dalam keadaan prematur juga sangat tinggi. Hanya saja, hal tersebut bisa diantisipasi dengan cara memberikan nutrisi yang seimbang.

Nutrisi untuk Mencegah Bayi Lahir Prematur

Dari keterangan di atas, jelas sudah bahwa tidak hanya gizi ibu hamil yang menjadi penyebab utama bayi lahir dalam keadaan prematur. Ada faktor-faktor lain yang juga mempengaruhi keadaan tersebut. Hal ini sangat penting untuk dipahami agar ketika ada kasus bayi prematur, orang terdekat tidak langsung menyalahkan pada si ibu yang mengandung.

Untuk menurunkan resiko bayi lahir prematur, ibu perlu memperhatikan asupan gizi. Ibu harus mulai mengkonsumsi makanan yang mengandung asam folat yang tinggi jika sebelumnya ibu memiliki riwayat melahirkan bayi prematur. Selain sebagai nutrisi yang bisa mencegah bayi lahir dalam keadaan cacat, asam folat juga bisa memastikan pertumbuhan janin normal sehingga bisa lahir sesuai waktunya.

Selain itu, susu yang tinggi kalsium juga harus ibu konsumsi setiap hari. Kalsium merupakan gizi ibu hamil yang sangat penting karena perannya yang sangat signifikan untuk membentuk tulang dan organ janin. Namun, asupan kalsium tidak terlalu berlebihan karena jika kelebihan kalsium maka yang terjadi adalah obesitas, entah obesitas pada ibu ataupun janin yang ada di dalam kandungan. Tentu saja hal tersebut tidak baik untuk keduanya, yaitu ibu dan janin.

Mulai sekarang, ibu harus mulai meninggalkan mengkosumsi jenis makanan yang tidak sehat seperti junk food atau fast food. Selain itu, ibu juga harus secara rutin melakukan konsultasi kehamilan.

Share and Enjoy

  • Facebook
  • Twitter
  • Google Plus

Leave a comment

Your email address will not be published.


*