Konsultasi Kehamilan dulu Sebelum Memilih Jenis Olahraga

konsultasi kehamilan www.facebook.com/ibudanbalita

Konsultasi kehamilan tidak melulu menanyakan tentang kondisi kesehatan dan juga kondisi janin dalam kandungan. Waktunya ibu datang ke dokter untuk melakukan konsultasi, ibu juga bisa bertanya tentang jenis olahraga yang aman dan baik untuk dilakukan pada saat kehamilan.

Kenapa hal ini harus ibu tanyakan? Berikut penjelasannya.

Jangan Melakukan Olahraga Sebelum Konsultasi dengan Dokter Kandungan

Ada banyak sekali kegiatan atau jenis olahraga yang direkomendasikan untuk dilakukan pada masa kehamilan, entah hamil muda atau hamil tua. Hanya saja, ibu harus tahu tidak semua kegiatan yang direkomendasikan tersebut baik untuk ibu.

Hal ini dikarekanan adanya pertimbangan khusus yang harus diberikan oleh dokter. Dokter kandungan akan melakukan pemeriksaan total untuk menentukan kegiatan atau olahraga seperti apa yang boleh dan tidak boleh ibu lakukan.

Tentunya setiap ibu hamil memiliki kondisi kesehatan yang berbeda, bukan? Itulah mengapa ibu harus konsultasi ibu hamil terlebih dahulu untuk mendapatkan masukan olahraga apa yang boleh untuk ibu lakukan.

Dalam hal ini, konsultasi lebih menekankan pada bagaimana keadaan kesehatan ibu dan janin dalam kandungan apakah berbahaya jika ibu melakukan olahraga tertentu atau tidak.

Untuk itu, ibu sebaiknya konsultasi kehamilan terlebih dahulu dengan dokter kandungan. Setelah itu, ibu bisa melakukan olahraga ibu hamil.

Olahraga yang Direkomendasikan untuk Ibu Hamil

Mungkin ibu sudah pernah dengar senam ibu hamil. Memang benar senam ibu hamil itu sangat baik untuk menjaga stamina selama proses kehamilan. Selain itu, senam ibu hamil juga akan membuat persalinan lancar.

Namun, bagaimana dengan pregnancy yoga? Apakah ibu pernah dengar olahraga yang satu ini? Pregnancy yoga merupakan olahraga yang dilakukan oleh ibu hamil di dalam ruangan dengan suhu tertentu. Karena ada suhu yang diatur ketika melakukan olahraga pregnancy yoga ini, maka konsultasi kehamilan dengan dokter kandungan itu sangat penting. Dokter akan memberikan saran pada suhu berapa ibu bisa melakukan pregnancy yoga ini.

Bagaimana dengan yoga yang lain seperti yoga bikram? Sebenarnya, yoga bikram ini sama dengan pregnancy yoga di mana ibu akan diajak ke sebuah ruangan yang suhunya sudah tentukan. Hanya saja, menurut situs resmi Yoga Bikram, penemu yoga ini tidak menyarankan ibu hamil ikut ambil bagian dalam kegiatan yoga ini. Akan lebih aman jika ibu hamil mengikuti pregnancy yoga.

Lalu, dari dua olahraga tersebut, yaitu senam ibu hamil dan pregnancy yoga, mana yang ibu pilih?

Akan lebih baik jika ibu melakukan dua jenis olahraga tersebut secara bergantian. Mungkin satu minggu sekali ibu bergantian melakukan olahraga tersebut. Keduanya akan membantu menambah stamina ibu selama proses kehamilan. Stamina ini dibutuhkan agar ibu tidak merasa lemas untuk beraktivitas setiap hari walaupun perut ibu semakin besar dan berat.

Sayangnya, banyak ibu yang beralasan untuk tidak melakukan olahraga. Dari berbagai alasan, kebanyakan mereka malas untuk mengikuti program pregnancy yoga atau senam ibu hamil. Jelas rasa malas tersebutlah yang membuat stamina ibu menurun dan kemungkinan ibu tidak memiliki tenaga yang cukup untuk melakukan proses persalinan dengan normal. selain itu, mereka juga merasa sudah cukup melakukan konsultasi kehamilan gratis untuk mendapatkan informasi apa yang harus dikonsumsi untuk menjaga perkembangan janin.

Untuk itu, ibu harus melawan rasa malas. Pilih senam ibu hamil terlebih dahulu karena mencari kelompok senam ibu hamil itu tidak terlalu sulit. Setelah itu, ibu bisa mencoba mencari instrukstur pregnancy yoga yang sudah profesional agar ibu dibimbing untuk melakukany pregnancy yoga yang benar. Dan yang pasti, ibu jangan lupa terlebih dahulu datang ke dokter kandungan untuk melakukan konsultasi kehamilan.

Share and Enjoy

  • Facebook
  • Twitter
  • Google Plus

Leave a comment

Your email address will not be published.


*