Konsultasi Kehamilan dengan Bidan Saja Sudah Cukup

konsultasi kehamilan https://www.facebook.com/ibudanbalita/

Konsultasi kehamilan bisa dilakukan dengan dokter kandungan atau dengan bidan. Mana yang ibu pilih? Apakah lebih yakin konsultasi ibu hamil dengan dokter kandungan atau bidan?

Masalah yakin atau tidak, itu tergantung individu. Hanya saja, jika konsultasi dengan bidan saja sudah cukup, kenapa harus konsultasi dengan dokter kandungan?

Beberapa ibu hamil merasakan banyak sekali manfaat ketika mereka konsultasi kehamilan dengan bidan. Jika selama ini ibu lebih sering melakukan konsultasi ibu hamil dengan dokter karena tidak merasa yakin dengan pelayanan bidan, ibu mungkin akan berubah pikiran setelah tahu manfaat konsultasi dengan bidan.

Lebih Puas Bertanya

Beberapa ibu hamil yang sering melakukan konsultasi kehamilan dengan bidan mengatakan bahwa mereka merasa lebih puas untuk bertanya apapun mengenai keluhan yang mereka alami selama masa kehamilan. Mereka juga bisa meminta nasehat bagaimana cara menjaga kesehatan ibu hamil.

Kepuasan mereka dikarenakan seorang bidan biasanya memiliki waktu konsultasi yang lebih panjang dibandingkan waktu yang dimiliki oleh dokter kandungan. Apalagi jumlah bidan sangat banyak sehingga ibu hamil bisa memilih bidan mana yang ingin diajak untuk konsultasi kehamilan.

Lebih Mudah Ditemui

Sekarang ini, pemerintah sedang gencar memperbaiki pelayanan kesehatan untuk masyarakat. Salah satunya dengan memperbanyak jumlah bidan. Mereka ditempatkan di tengah-tengah masyarakat. Di setiap desa terdapat bidan yang jumlahnya disesuaikan dengan jumlah penduduk di desa tersebut.

Jadi, ibu hamil tidak perlu pergi ke kota untuk melakukan konsultasi kehamilan. Mereka bisa datang ke puskesmas di mana bidan bekerja atau datang ke tempat praktek pribadi di rumahnya.

Biaya Lebih Murah

Biaya konsultasi kehamilan dengan bidan jelas lebih mudah jika dibandingkan konsultasi dengan dokter spesialis kandungan. Namun, ibu tidak boleh menyepelekan dan menganggap pelayanan bidan itu kurang baik. Memang untuk keluhan tertentu dokter kandungan lebih berkompeten. Hanya saja, untuk konsultasi biasa atau konsultasi rutin bulanan, sepertinya sudah cukup jika ibu memilih bidan untuk diajak konsultasi kehamilan.

Bisa Mengoperasikan USG

Dulu, memang bidan tidak diperbolehkan untuk melakukan pemeriksaan menggunakan USG. Hanya saja, saat ini semua bidan yang sudah memiliki pengetahuan melakukan pemeriksaan USG sudah bisa mengoperasikan alat ini. Bahkan, sekarang ini banyak pelatihan agar semakin banyak bidan yang bisa mengoperasikan USG.

Kebanyakan ibu hamil dahulu kala memilih konsultasi kehamilan dengan dokter kandungan karena bisa melihat kondisi janin lewat USG. Sekarang ini, dengan bidannya pemeriksaan USG sudah bisa dilakukan.

Bidan sudah dibekali dengan ilmu pengetahuan terutama tentang ibu hamil. Jadi, ketika ibu melakukan konsultasi kehamilan, mereka bisa memberikan solusi yang tepat untuk keluhan kesehatan yang ibu alami.

Akan tetapi, untuk kondisi tertentu, bidan akan menyarankan untuk berkonsultasi dengan dokter kandungan. Seperti contoh, jika terdapa gejala diabetes yang sudah parah atau ibu demam sangat tinggi sehingga berpotensi membahayakan janin dalam kandungan, maka bidan akan merujuk ibu untuk konsultasi ke dokter kandungan.

Jadi, ada sinergitas antara bidan dengan dokter kandungan. Tidak alasan untuk ragu ketika akhirnya konsultasi ibu hamil dengan dokter. Mereka memiliki pengetahuan tentang info ibu hamil.

Selain itu, ibu juga sudah tahu beberapa manfaat jika ibu konsultasi dengan bidan. Tentu saja tanpa ada niat untuk merendahkan dokter kandungan. Hanya saja, tidak ada salah jika ibu memilih bidan ketika ibu ingin rutin melakukan konsultasi kehamilan.

Share and Enjoy

  • Facebook
  • Twitter
  • Google Plus

2 Comments on Konsultasi Kehamilan dengan Bidan Saja Sudah Cukup

  1. iqbal latief // April 16, 2017 at 4:22 pm // Reply

    Selamat sore dok.saya seorang istri berusia 31 thn.saya sekarang lg hamil 7 bln.tpi tadi siang saya merasakan sakit yg sangat sakit seperti yg mau melahirkan krena posisi bayi seperti ngajak ngeden.ak tahan rasa sakit itu kurang lebih setengah jam..setelah keadaan normal lg ketika saya lg tiduran tiba tiba ada cairan putih yg keluar seperti air mani tp tidak bau dan haya sedikit.yg mau saya tanyakan itu pertanda apa? Dan apa yg harus saya lakukan?.

    • Halo bu.. Mungkin sebaiknya ibu langsung bertemu dengan dokter kandungan agar bisa segera cek kondisi ibu dan janinnya.

Leave a comment

Your email address will not be published.


*