Kondisi Kesehatan Wanita Hamil Baik, Tapi Kenapa Tiba-Tiba Dapat Berita Keguguran?

kesehatan wanita hamil https://www.facebook.com/ibudanbalita/

Tidak jarang seorang wanita hamil yang kelihatannya baik-baik saja ternyata mendapatkan berita buruk, yaitu keguguran. Hal ini bisa terjadi pada siapa saja. Mungkin juga ibu yang sekarang sedang hamil.

Lalu kenapa hal ini bisa terjadi? Kenapa keguguran bisa terjadi secara tiba-tiba?

Banyak faktor yang menyebabkan keguguran. Ibu juga bisa mengetahui tanda-tanda jika muncul resiko keguguran. Setiap ibu hamil harus mengetahuinya.

Sayangnya ada keguguran yang sepertinya sangat tiba-tiba tanpa ada tanda-tanda sedikitpun.

Sebenarnya bukan keguguran tiba-tiba. Yang adalah jenis keguguran. Ada keguguran yang diawali dengan tanda-tanda tertentu. Namun, ada keguguran yang tidak diawali dengan tanda-tanda yang mungkin masyarakat mengatakan keguguran tiba-tiba.

Ketinggalan Keguguran

Dalam dunia medis, istilah yang mungkin masyarakat menganggap keguguran tiba-tiba adalah ketinggalan keguguran. Ini salah satu dari 4 jenis keguguran yang benar-benar berbeda. Pasalnya seorang ibu hamil tidak merasakan adanya hal buruk pada perkembangan janin. Ia pun tidak merasa ada tanda-tanda bawasannya ia mengalami keguguran. Namun, pada saat pemeriksaan USG, yang ia temukan adalah janin sudah meninggal di dalam kandungan.

Karena tidak adanya tanda-tanda keguguran, hal yang paling penting untuk ibu lakukan untuk mengantisipasi ketinggalan keguguran ini adalah menerapkan tips menjaga kesehatan wanita hamil. Mungkin selama ini ibu merasa baik-baik saja. Walaupun mengkonsumsi makanan yang sedikit kurang sehat, saat ibu periksa kesehatan ke dokter kandungan, ibu dan janin dinyatakan sehat.

Tapi siapa sangka jika tiba-tiba janin meninggal. Hal ini bisa dikarenakan perkembangan janin terganggu karena pola makan yang kurang sehat. Atau hal lain seperti konsumsi obat yang ternyata berpengaruh buruk terhadap perkembangan bayi di dalam kandungan.

Itulah mengapa seorang ibu hamil harus senantiasa menjaga kesehatan kehamilannya. Dan satu hal lagi yang tak kalah penting adalah rutin melakukan pemeriksaan kehamilan. Sekarang ini pemeriksaan USG tidak hanya bisa dilakukan dengan dokter kandungan. Ibu bisa datang ke tempat praktek bidan yang sudah mendapatkan sertifikat untuk menggunakan alat USG.

Tanda-Tanda Bayi Mengalami Keguguran

Sebenarnya tidak tepat juga jika dikatakan bawasannya seorang wanita hamil tiba-tiba mengalami keguguran. Mungkin juga ia tidak mengenal adanya tanda-tanda resiko keguguran.

Berat badan janin di bawah normal menjadi salah satu tanda di mana janin rentan mengalami keguguran. Berat badan yang bermasalah sering disebabkan karena perkembangan janin yang tidak normal.

Selain itu, mungkin juga ibu hamil tersebut tidak merasa adanya darah yang keluar melalui vagina. Inilah tanda yang sering digunakan untuk menunjukkan apakah seorang ibu hamil mengalami keguguran atau tidak.

Memang ada ketinggalan keguguran di mana sama sekali tidak ada tanda yang muncul. Namun, ibu hamil tidak boleh lalai. Ia harus memperhatikan kesehatannya. Lakukan konsultasi kehamilan jika ada sesuatu hal yang mencurigakan.

Yang harus menjadi catatan adalah bawasannya keguguran kebanyakan dialami oleh seorang ibu hamil muda. Ini artinya pada saat kehamilan baru memasuki trimester pertama, seorang ibu hamil harus benar-benar waspada. Ia harus menjalankan apa saja yang dianjurkan untuk dilakukan jika bertujuan untuk menjaga kesehatan kehamilan.

Semoga informasi ini bisa membuat ibu semakin memperhatikan pentingnya menjaga kesehatan ibu hamil. Menjalankan pola hidup yang sehat dan selalu mengkonsumsi makanan yang bergizi akan menjauhkan ibu dari resiko mengalami keguguran.

Share and Enjoy

  • Facebook
  • Twitter
  • Google Plus

Leave a comment

Your email address will not be published.


*