Kini Ibu Tidak Perlu Lagi Melarang Anak Main Gadget

melarang anak main gadget www.friso.co.id

Banyak orang tua yang melarang anak main gadget. Dan ternyata hal inipun dilakukan oleh pemimpin perusahaan teknologi besar seperti Steve Jobs. Bos besar Apple ini melarang anaknya bermain gadget. Tentu saja ada alasannya.

Bagaimana dengan ibu? Apakah ibu juga melarang anak bermain gadget?

Kebanyakan orang tua memiliki alasan yang sama ketika mereka tidak memperbolehkan anak mereka bermain gadget. Alat ini bisa membuatnya kacanduan. Ini alasan yang paling utama.

Alasan tersebut sangat bisa diterima dan akhirnya banyak orang tua yang menyepakatinya. Hanya saja, dalam prakteknya, tidak mudah melarang anak untuk tidak bermain gadget. Apakah hal ini ibu alami juga?

Kabar baiknya, ternyata tidak masalah jika anak bermain gadget. Bahkan hal tersebut sangat disarankan lho. Hanya saja, ada beberapa hal yang perlu ibu selaku orang tua perhatikan ketika anak bermain gadget.

Memandang Gadget Dari Sudut Pandang Berbeda

Harus diakui memang kebanyakan anak mengalami efek buruk akibat penggunaan gadget. Akan tetapi, di sisi lain, ada juga manfaat anak bermain gadget. Jadi, kurang tepat juga jika hanya mengetahui satu sisi sehingga ibu melarang anak main gadget.

  • Mengenal Media

Setiap generasi memiliki media yang berbeda. Dalam hal ini, media yang dimaksud adalah media belajar. Dulu anak belajar dari media buku atau langsung dari alam. Sekarang, sudah ada alat canggih yaitu gadget yang juga termasuk media pembelajaran.

Jika ibu melarang anak untuk bermain gadget, itu artinya ibu membatasi perkembangan anak. Ini pun disepakati oleh CEO Twitter, Dick Costolo. Dia mengatakan membatasi anak bermain gadget justru sangat berbahaya.

Dengan memahami bawasannya gadget adalah sebuah media, maka ibu akan lebih obyektif dalam menilai gadget ini.

  • Mengasah Kreativitas

Sekarang ada gadget di mana software-nya disesuaikan dengan usia anak. Ada banyak permainan atau game kreatif yang bisa anak ibu mainkan. Ini tidak beda dengan jenis permainan tradisional lainnya. Hanya medianya saja yang berbeda.

Anak cenderung akan kreatif karena gadget membuka wawasan mereka tentang ilmu pengetahuan. Ia bebas mencari informasi dengan gadget tersebut. Bukan tidak mungkin anak ibu akan lebih pandai dari anak seusianya yang hanya mengandalkan pelajaran dari sekolah saja.

Agar Gadget Aman Untuk Anak

Gadget itu tidak ubahnya seperti gunting. Gunting ini akan bermanfaat jika digunakan dengan benar. Akan tetapi, pada saat yang sama, gunting bisa membahayakan. Begitu analogi dari gadget.

Oleh sebab itu, agar anak ibu mendapatkan manfaat penggunaan gadget, ibu harus berusia untuk mencegah efek buruk dari gadget. Dengan demikian, ibu tidak hanya sekedar melarang anak menggunakan gadget.

  • Pendampingan

Tidak ada cara yang paling tepat selain melakukan pendampingan. Sebaiknya ibu selalu berada di dekat anak ibu jika ia sedang bermain gadget. Selain mengawasi, ibu juga bisa memberikan penjelasan tentang apa yang ia kerjakan atau apa yang ia buka dengan menggunakan gadget tersebut.

  • Batasan Waktu

Kecanduan menjadi hal yang sangat sering terjadi ketika anak bermain gadget. Hal ini tidak akan terjadi jika dari awal ibu memberikan batasan. Berikan batasan 1 jam sehari untuk anak bermain gadget. Itu akan membuat anak memiliki waktu untuk mengerjakan hal yang lain, terutama bermain dan bersosialisasi dengan teman-teman yang lain.

Jadi, apakah ibu akan tetap melarang anak main gadget?

Share and Enjoy

  • Facebook
  • Twitter
  • Google Plus