Khawatir Kesehatan Balita Terganggu Karena Puasa?

kesehatan balita https://www.facebook.com/ibudanbalita/

Puasa bagus untuk kesehatan. Hal ini berlaku bagi orang dewasa. Bagaimana dengan balita? Apakah puasa juga bagus untuk kesehatannya atau justru kebalikannya?

Para ahli kesehatan menemukan fakta bawasannya puasa itu bisa menyembuhkan beberapa jenis penyakit terutama yang berhubungan dengan pencernaan seperti contoh maag. Itulah mengapa banyak penderita maag yang sembuh karena berpuasa. Ada yang berpuasa selain menjalankan ibadah juga sebagai ajang untuk menurunkan berat bada. Tentu saja hal tersebut sah-sah saja.

Namun, apa yang terjadi jika balita berpuasa?

Pantas jika ibu sebagai orang tua khawatir saat balita berpuasa. Ibu bisa saja melarang sang buah hati berpuasa. Sayangnya, banyak anak yang ingin sekali merasakan suasana ramadhan seperti orang dewasa seperti makan sahur, tidak makan dan tidak minum di siang hari, berbuka, tarawih dan semua ritual yang ada pada saat bulan puasa.

Bagaimana sikap ibu sebagai orang tua? Apakah akan memperbolehkan balita ibu untuk ikut berpuasa?

Sebaiknya ibu melakukan dua hal berikut ini.

Biarkan Si Kecil Ikut Berpuasa

Ibu harus tahu banyak lho orang tua yang susah sekali mengajak anaknya untuk berpuasa padahal ia sudah cukup dewasa. Ia sebenarnya sudah kuat untuk berpuasa sehari penuh seperti lainnya. Maka ketika balita ibu ingin berpuasa, sebaiknya ibu tidak melarangnya. Biarkan saja si kecil ikut berpuasa. Hanya saja, ibu perlu memperhatikan kesehariannya.

Mungkin ibu bisa mencoba si kecil berpuasa hingga jam tertentu seperti jam 9 atau jam 10 di hari pertama. Setelah beberapa hari, ia bisa berpuasa hingga jam 11 atau jam 12. Mintalah si kecil untuk makan kemudian meneruskan puasa lagi hingga maghrib.

Cara ini akan melatih tubuh balita sehingga tidak akan terjadi hal buruk yang mungkin terjadi seperti lemas, sakit perut, maag, dan lain sebagainya. Kesehatan balita memang bisa terganggu jika ia terlambat makan. Namun, dengan cara tersebut di atas, tubuh balita akan siap dan kesehatannya tetap terjaga.

Bagaimana jika si kecil ingin berpuasa satu hari full? Lihat saja perkembangannya. Ibu bisa menentukan sendiri kira-kira balita ibu kuat berpuasa satu hari full atau tidak.

Beri Asupan Gizi Tambahan

Tentu sangat bangga jika ibu memiliki balita yang mau berpuasa. Walaupun puasa setengah hari, tentu saja sebuah kebahagiaan tersendiri bagi ibu.

Akan tetapi, ibu juga harus melakukan langkah antisipasi agar kesehatan anak tidak terganggu. Jika si kecil sudah mulai berpuasa hingga tengah hari atau bahkan hingga satu hari full, maka ibu harus selalu siapkan makanan yang bergizi tinggi.

Contohnya saja ibu bisa menghidangkan santap saur yang penuh dengan gizi seperti susu, telur, dan berbagai jenis lauk pauk. Tidak itu saja. Akan lebih baik jika ibu juga minta si kecil makan buah setelah selesai sahur. Ini akan sangat membantu agar balita tidak cepat lemas dan lapar.

Jika perlu, ibu bisa memberikan multivitamin tambahan. Dengan demikian, ibu tidak perlu lagi khawatir dengan kondisi kesehatan anak saat ia berpuasa di siang hari.

Banyak sekali manfaat yang bisa didapatkan oleh balita jika mau ikut berpuasa. Selain berlatih menjalankan perintah agama, berpuasa juga akan membuat balita mengerti bagaimana bersabar menunggu hingga waktu diperbolehkan berbuka.

Dan yang paling penting, balita bisa mengerti bagaimana nikmatinya menyantap makanan ketika ia merasa lapar. Ibu bisa memberikan pengertian betapa pentingnya makanan sehingga balita ibu tidak boleh membuang-buangnya.

Share and Enjoy

  • Facebook
  • Twitter
  • Google Plus

Leave a comment

Your email address will not be published.


*