Ketika Si Kecil Mengalami Sakit Mata

si kecil sakit mata www.ibudanbalita.com

Tidak hanya orang dewasa saja yang bisa terkena sakit mata, balita dan bahkan bayi pun bisa mengalaminya.

Namun, karena sakit mata ini dialami oleh si kecil, tentu saja penanganannya sedikit berbeda dengan orang dewasa. Apa yang harus ibu lakukan ketika anak ibu mengalami sakit mata?

Sebelumnya, ibu harus memahami terlebih dahulu apa yang menyebabkan si kecil terkena sakit mata. Ada tiga hal yang menyebabkan anak ibu mengalami hal demikian.

Penyebab Sakit Mata Pada Anak Kecil

Apa yang ibu tahu tentang sakit mata? Banyak yang bilang sakit mata itu disebabkan kekurangan vitamin A. Ini benar tapi tidak sepenuhnya benar. Pasalnya, ada juga penyebab lain dari sakit mata ini.

  1. Karena Virus

Bisa saja sakit mata yang dialami oleh si kecil disebabkan olah virus. Mungkin saja virus ini ditularkan dari orang atau anak yang kebetulan sakit mata. Atau jangan-jangan ibu sendiri yang sakit mata dan menularkan virus tersebut.

  1. Karena Bakteri

Apakah bakteri bisa menyebabkan sakit mata? Ternyata bisa. Banyak sekali penyakit yang disebabkan oleh bakteri. Dan tidak ada cara yang paling ampuh selain menaikkan kekebalan tubuh untuk mengatasi bakteri tersebut.

Begitu juga ketika si kecil mengalami sakit mata. Selain mendapatkan perawatan tertentu, ibu juga perlu membuat sistem pertahanan tubuh si kecil semakin kuat dengan cara memberikan susu Frisian Flag sebagai susu balita terbaik.

  1. Karena Alergi

Ini yang sering terjadi. Banyak anak yang terkena sakit mata karena alergi terhadap makanan atau minuman tertentu. Bukan tidak mungkin juga hal ini bisa disebabkan karena obat tertentu yang ia konsumsi.

Mengatasi Sakit Mata Pada Anak

Sebisa mungkin, ibu harus berusaha agar si kecil tidak mendapatkan obat-obatan kimia sekalipun obat tersebut aman untuk diberikan kepada anak kecil. Toh ada cara lain yang bisa dicoba terlebih dahulu.

Yang pertama, mengompres mata. Ini cara yang paling efektif untuk meredakan sakit mata. Ibu hanya perlu menyiapkan satu baskom air hangat dan handuk. Basahi handuk dengan air hangat lalu usapkan dan kompreskan pada mata si kecil. lakukan berkali-kali agar bengkak tidak terjadi dan lendir yang keluar dari mata bisa dibersihkan sehingga sakit mata bisa cepat ditangani.

Akan tetapi, hati-hati ketika mengompres atau membasahi mata dengan handuk ini. Jika mata merah, si kecil cenderung akan merasa perih jika air masuk ke bola mata. Untuk itu, pastikan ibu memeras handuk hingga tidak ada air yang menetes ke bola mata.

Sebenarnya, tidak hanya air hangat saja yang bisa ibu gunakan. Ibu bisa gunakan air dingin khususnya ketika sakit mata yang dialami oleh si kecil disebabkan oleh alergi.

Yang pasti, ibu harus memberikan makanan dan minuman yang kaya akan vitamin. Pasalnya, sakit mata ini akan bisa segera sembuh jika organ mata mendapatkan vitamin yang cukup, terutama vitamin A.

Jadi, penanganan dari luar dilakukan dan pemberian vitamin menjadi cara mengatasi sakit mata dari dalam. Dan selama si kecil terkena sakit mata, usahakan ibu tidak terlalu sering membiarkan si kecil bermain di luar. Debu akan membuat sakit mata semakin sulit untuk diobati. Dan pastikan ibu melarang si kecil mengucek matanya ketika merasa perih.

Untuk informasi kesehatan balita lebih lengkap, ibu bisa kunjungi www.ibudanbalita.com untuk berkonsultasi secara online dengan pakar kesehatan balita.

Share and Enjoy

  • Facebook
  • Twitter
  • Google Plus

Leave a comment

Your email address will not be published.


*