Ketahui Tips Ibu Hamil Muda Agar Terhindar dari Masalah Susah BAB

makanan ibu hamil https://www.facebook.com/ibudanbalita/

Tips ibu hamil muda kali ini akan membahas bagaimana agar terhindar dari masalah susah BAB (buang air besar). Dalam hal ini, susah BAB di dalam dunia medis disebut dengan konstipasi. Ini merupakan salah satu masalah kesehatan yang paling sering dialami oleh seorang ibu hamil muda.

Pertanyaannya adalah apakah masalah ini bisa diantisipasi atau dihindari? Sebenarnya, ibu bisa menghindari konstipasi. Jadi, ibu tidak perlu mendengarkan apa kata teman yang sudah pernah mengalami konstipasi saat hamil. Dengan menerapkan tips ibu hamil muda yang satu ini, kamu tidak perlu merasakan tidak enaknya mengalami konstipasi.

Penyebab Konstipasi saat Kehamilan Muda

Agar ibu semakin yakin bahwa cara berikut ini sangat ampuh untuk mengantisipasi konstipasi, maka ibu harus tahu terlebih dahulu apa saja penyebab dari konstipasi. Untuk orang yang tidak sedang hamil, ada kemungkinan konstipasi itu disebabkan oleh kekurangan cairan. Mungkin saja ia lupa memenuhi kebutuhan air setiap hari sehingga ia mengalami kesulitan saat buang air besar.

Akan tetapi, jika sedang dalam masa kehamilan, tidak itu saja yang menjadi satu-satunya faktor penyebab konstipasi walaupun memang salah satu tips ibu hamil muda yang harus ibu lakukan adalah mengkonsumsi lebih banyak air mineral.

Faktor penyebab konstipasi saat hamil muda adalah naiknya produksi hormon. Seperti yang telah ibu ketahui bawasannya tubuh ibu secara otomatis memproduksi lebih banyak hormon saat ada janin di dalam rahim. Hormon itulah yang digunakan untuk perkembangan janin. Sayangnya, naiknya produksi hormon tersebut bisa mengakibatkan efek buruk seperti mual, muntah, dan tak terkecuali susah buang air besar atau konstipasi.

Lalu tips ibu hamil muda seperti apa yang seharusnya ibu lakukan agar ibu tidak perlu lagi mengalami masalah susah BAB?

Hal yang Perlu Dilakukan untuk Menghindari Susah BAB

Hal yang paling utama yang harus ibu lakukan tentu saja mengkonsumsi air. Dalam hal ini, ibu tidak hanya bisa mendapatkan asupan air dari air putih saja. Mengkonsumsi sayuran dan buah yang segar juga salah satu cara untuk mendapatkan asupan air.

Apalagi, tidak hanya satu manfaat yang bisa ibu dapatkan dari mengkonsumsi sayuran dan buah segar. Kandungan lainnya seperti serat juga sangat membantu untuk meringankan, mengatasi, serta menghindari konstipasi bagi ibu hamil muda. Jadi, mengkonsumsi sayuran dan buah segar menjadi salah satu tips untuk ibu hamil muda yang paling direkomendasikan mengingat kandungannya banyak dan bermanfaat untuk mengatasi masalah konstipasi.

Namun, fokus pada nutrisi saja tidak cukup. Ibu juga harus berolahraga. Karena pada dasarnya konstipasi itu juga disebabkan oleh tidak teraturnya peredaran darah. Diharapkan dengan berolahraga secara rutin, peredaran darah aan lancar sehingga ibu terhindar dari masalah konstipasi.

Terkait dengan olahraga, ibu harus bijak dalam menentukan olahraga seperti apa yang perlu ibu lakukan. Karena masa kehamilan masih muda, ibu hanya diperbolehkan melakukan olahraga ringan seperti jalan santai.

Itulah beberapa tips wanita hamil muda yang bisa diterapkan. Tidak ada yang sulit untuk menjadikan tubuh sehat dan bugar mulai saat masa kehamilan muda. Pada intinya, agar tubuh sehat dan terhindar dari masalah kesehatan seperti susah BAB, ibu hanya perlu menerapkan pola hidup dan pola makan yang sehat. Dan yang pasti, ibu harus secara rutin menerapkan tips ibu hamil muda.

Share and Enjoy

  • Facebook
  • Twitter
  • Google Plus

Leave a comment

Your email address will not be published.


*