Ketahui Tips Cara Memandikan Bayi yang Benar

cara memandikan bayi yang benar https://www.facebook.com/JohnsonsBabyIndonesia/

Segala sesuatu yang Bunda lakukan terhadapnya tentu akan berpengaruh terhadap kesehatan, pertumbuhan serta perkembangan si Kecil. Oleh karena itu, agar ia menerima manfaat luar biasa serta tidak mengalami masalah, tentu Bunda haruslah melakukan semuanya dengan benar.

Termasuk dalam bagaimana Bunda memandikannya. Mandi merupakan waktu yang paling tepat digunakan oleh si Kecil untuk melepas kelelahan setelah beraktivitas atau tidur seharian, sehingga membuat tubuhnya kembali sehat dan fit. Juga, waktu mandi adalah waktu untuk menjalin hubungan antara si Kecil dengan Bunda ya.

Melakukannya dengan benar adalah keharusan setiap Bunda, siapa sih yang tidak ingin anaknya menerima banyak manfaat dari mandi? Nah, yang jadi masalah adalah masih banyak para Bunda yang belum mengetahui caranya, dan mungkin Bunda juga belum mengerti?

Nah, dengan memahami artikel tips cara memandikan bayi yang benar berikut, tentunya Bunda sudah dapat melakukannya dengan benar, sehingga membuat ia menerima manfaat yang luar biasa dari yang Bunda lakukan. Pahami setiap poin bahasan dan lakukan dengan baik ya Bun.

  1. Waktu yang Paling Tepat

Karena fungsi mandi sebenarnya selain untuk membersihkan kotoran yang menempel di tubuh, juga untuk melepas kelelahan si Kecil, tentu waktu terbaik Bunda memandikannya adalah pada saat ia sudah lelah. Yaitu pagi hari setelah ia bangun dari tidur panjangnya hampir 8 jam dan sore hari setelah beraktivitas seharian.

Nah, cukup dua kali saja ya Bunda memandikannya. Sebaiknya, jangan memandikan si Kecil pada waktu selain itu. Misalnya malam hari, tentu hal ini akan membuat si Kecil kedinginan dan menyebabkan ia sakit. Juga siang hari, waktu ini sebenarnya waktu yang ia gunakan untuk beraktivitas seperti bermain dan tidur, jadi kurang cocok untuk digunakan sebagai waktu mandi ya.

  1. Buat Ia Mood

Sebelum mandi, cobalah buat ia merasa mood terlebih dahulu ya Bun. Entah karena suatu alasan, terkadang si Kecil merasa tidak mau untuk mandi. Nah, bila sudah waktunya untuk mandi, maka tugas Bunda adalah membuatnya mau untuk mandi.

Caranya bagaimana? Ajak ia main terlebih dahulu, ajak dia bersenang-senang dengan Bunda terlebih dahulu, ajak ia tertawa, atau aktivitas lain sehingga membuatnya mau untuk mandi. Setelah mau, barulah Bunda dapat memandikannya dengan benar. Jangan coba untuk memaksanya mandi ya Bun, karena hal tersebut akan membuat si Kecil tidak senang dan menangis, dan ia juga tidak menerima manfaat dari mandi yang ia lakukan.

  1. Perlengkapan

Nah, agar ia lebih mendapat manfaat setelah ia mandi, maka Bunda haruslah mempersiapkan segala perlengkapan utama dan pendukung ya. Air hangat, bak mandi serta kosmetik merupakan perlengkapan utama yang harus Bunda persiapkan.

Untuk air, sebaiknya jangan terlalu panas hingga menjadikannya kepanasan atau terlalu dingin, cobalah untuk mengetahui tingkat suhu airnya terlebih dahulu sebelum memasukkan si Kecil ke bak air ya Bun. Juga kosmetik, kosmetik seperti sabun mandi, shampoo dan baby oil akan sangat membantu, tak hanya bermanfaat saat ia mandi, namun juga bermanfaat bagi kesehatan kulitnya.

Dengan memakaikannya secara rutin pada saat mandi, itu artinya Bunda telah membantu menjaga seluruh kulitnya agar tetap sehat, lembut dan halus. Tak lupa juga, pilihlah kosmetik yang berkualitas dan aman ya Bun bagi si Kecil.

Nah, dengan melakukan 3 tips cara saat memandikan si Kecil diatas, tentu Bunda sudah membantu menjaga kesehatan si Kecil, serta membuat ia menerima manfaat atas mandi yang ia lakukan. Pastikan Bunda melakukannya dengan benar saat ia mandi ya Bun.

Share and Enjoy

  • Facebook
  • Twitter
  • Google Plus

Leave a comment

Your email address will not be published.


*