Ketahui Tanda Awal Melahirkan Untuk Antisipasi Yang Tepat

tanda awal melahirkan

Akhir bulan kesembilan kehamilan tentu menjadi momen-momen mendebarkan sekaligus yang dinanti karena akan lahir sang buah hati. Bagi bunda tentu merasakan perasaan yang semakin gelisah akan datangnya momen tersebut. Seminggu dari tanggal yang diperkirakan oleh dokter, bunda dan suami tentu akan mempersiapkan segala sesuatu yang berhubungan dengan proses kelahiran agar berjalan dengan lancar. Namun sebelum itu, penting bagi bunda untuk mengetahui bagaimana dan apa saja sih tanda awal melahirkan yang biasa dirasakan ibu hamil?

Menghadapi proses kelahiran tentu calon orangtua perlu mempersiapkan dengan baik. Harus merencanakan bagaimana dan dimana proses persalinan akan dilakukan. Maka sangat penting untuk mengetahui tanda awal melahirkan sehingga bunda dan suami menjadi lebih siap dan tahu kapan waktu yang tepat untuk pergi ke rumah bersalin ataupun rumah sakit. Jika berbicara mengenai tanda awal melahirkan maka sebenarnya setiap bunda memiliki pengalaman yang berbeda. Namun tentu ada tanda awal melahirkan yang umum dirasakan oleh ibu hamil. Bahkan tandanya bukan melulu tentang fisik namun juga tentang psikis dan mental.

Pentingnya Mengetahui Tanda Awal Kelahiran.

Biasanya mendekati proses kelahiran, bunda akan lebih cepat merasa cemas dan khawatir akan proses kelahiran yang hendak dilakukannya. Maka dari itu, bunda harus dibekali dengan pengetahuan akan tanda-tanda melahirkan yang biasa dirasakan oleh ibu hamil pada umumnya. Pengetahuan ini dimaksudkan untuk membekali ibu hamil dalam mempersiapkan diri sebelum menghadapi proses panjang melahirkan. Selain itu dengan mengetahui tanda-tanda melahirkan maka ibu hamil juga bisa memperkirakan apakah bayi yang ada di dalam kandungannya sudah siap dilahirkan atau belum.

7 Tanda Awal Kelahiran Yang Perlu Diketahui.

Tanda awal melahirkan ada bermacam-macam dan setiap ibu hamil merasakan tanda yang berbeda. Tanda kehamilan yang sudah mendekati proses melahirkan ialah semakin membesarnya perut dan bunda merasa bayi semakin menekan organ yang ada di dalam perut bunda. Beberapa ibu hamil merasakan ini seminggu sebelum perkiraan proses kelahiran namun ada pula yang tidak merasakannya. Mengetahui tanda awal melahirkan ini untuk membantu bunda mempersiapkan proses kelahiran apalagi jika berencana untuk melahirkan secara normal, maka hal ini sangat penting usehingga tahu pertolongan atau tindakan pertama apakah yang harus dilakukan jika terjadi atau muncul tanda awal akan melahirkan. Untuk lebih lanjut dan lengkapnya mengenai tanda awal kelahiran, lebih baik simak ulasan berikut ini.

  • Turun Ke Ruang Panggul

Salah satu tanda umum yang biasa dirasakan oleh bunda sebagai tanda awal melahirkan adalah bahwa janin tela turun ke ruang panggul. Biasanya tanda awal ini dirasakan oleh ibu hamil yang beru mengalami kelahiran pertama. Tanda ini bisa saja dirasakan seminggu sebelum proses melahirkan atau bisa juga lebih dari itu. Tetapi, untuk kehamilan anak kedua dan seterusnya biasanya tanda ini dirasakan lebih dekat dengan usia kehamilan.

  • Sering berkemih.

Semakin mendekati proses lahiran maka bunda akan semakin merasa ingin berkemih meskipun urin yang dikeuarkan sedikit. Tak perlu khawatir, karena hal ini adalah wajar terjadi oleh ibu hamil yang mendekati proses kelahiran. Jika memang frekuensi berkemih semakin meningkat maka rasakan saja apa adanya, jangan ditahan.

  • Nyeri Pinggang dan Punggung

Tanda awal melahirkan lainnya adalah ketika bunda mulai merasakan nyeri dan lelah di daerah pinggang dan punggung. Hal ini terjadi karena janin atau calon bayi telah turun di punggung bagian bwah sehingga bunda merasakan nyeri dan terasa berat d bagian punggung. Dorongan dan tekanan tubuh janin juga bisa menyebabkan nyeri ini dan bunda merasa sedikit kurang nyaman.

  • Kontraksi Palsu.

Selain itu sebagai tanda awal kelahiran biasanya bunda mengalami seperti kontraksi namun sebenarnya itu bukan kontraksi yang sebenarnya melainkan kontraksi palsi. Timbulnya kontraksi palsu ini adalah hanya sebagai latihan atau pemanasan bagi bunda menghadapi kontraksi persalinan yang nanti akan dilakukan. Selain itu manfaat lain dari kontraksi palsu adalah dapat menipiskan serviks rahim.

  • Bloody Show

Tanda awal lainnya muncul yang berarti semakin dekatnya proses kelahiran adalah bloody show. Bloody show artinya bunda akan mengeluarkan lendir yang bercampur darah melalui jalan lahir. Bunda jangan khawatir ketika melihat darah ini karena ini adalah hal yang wajar yang biasa terjadi pada ibu hamil yang lainnya. Ketika janin sudah mulai turun ke bagian bawah panggul dan serviks rahim semakin menipis maka sumbat lendir di pintu lahir mulai lepas dan akhirnya keluar melalui jalan lahir. Untuk kekentalan dari lendirnya berbeda-beda ada yang sangat kental dan tebal namun adapula yang kenyal. Namun bunda bisa pastikan bahwa darah yang keluar tidak sebanyak ketika bunda menstruasi.

Bloody show ini biasanya terjadi jika memang mendekati proses lahiran yaitu sekitar 3 hari sebelum hari H. Namun bisa juga bloody show datang ketika masih seminggu lahiran dengan komposisi cairan yang keluar berbeda. Yang dapat menjadi pegangan bunda adalah jika darah yang keluar frekuensinya lebih banyak dari menstruasi maka akan lebih baik jika dikonsultasikan ke dokter kandungan.

  • Diare

Terkadang beberapa ibu hamil sering merasakan keadaan semacam diare menjelang akhir kehamilan. Ini bukan penyakit yang harus diobati namun ini adalah hal yang umum terjadi pada bunda karena semakin cepatnya usus dan saluran pencernaan dalam bekerja. Namun ada pula yang menyebtkan bahwa diare ini dikarenakan untuk mengkosongkan perut ibu hamil sehingga memperluas ruang bagi bayi di dalam kandungan.

Kenali dan ketahui dengan jelas tanda awal kelahiran untuk bekal mempersiapkan diri dalam proses melahirkan yang nantinya akan dijalankan. Dengan mengenal apa saja tanda awal kelahiran maka bunda dapat mengerti hal mana saja yang wajar dan hal yang mana yang perlu diwaspadai serta dapat mengetahui kapan waktu yang tepat ke rumah sakit menjalani proses melahirkan.

Namun bila ketuban pecah terlalu dini, Anda perlu mendapatkan perawatan khusus. Buat Anda yang lagi menginginkan momongan, Anda bisa klik di Awal Nestle untuk mendapatkan info tanda-tanda awal kehamilan.

Share and Enjoy

  • Facebook
  • Twitter
  • Google Plus

Leave a comment

Your email address will not be published.


*