Ketahui Resiko Serta Cara yang Tepat Menjaga Kehamilan Muda

menjaga kehamilan muda https://www.facebook.com/ibudanbalita

Menjaga kehamilan muda tidak boleh dianggap enteng. Banyak ibu hamil yang akhirnya kecewa karena bayi yang mereka kandung mengalami keguguran karena mereka gagal menerapkan tips menjaga kesehatan ibu hamil muda.

Tidak ada maksud untuk menakut-nakuti. Jika sekarang ibu sedang hamil muda, ibu hanya perlu waspada saja jangan sampai ibu mengalami kekecewaan yang sama seperti ibu hamil lainnya yang akhirnya kehilangan janin di dalam kandungan akibat keguguran.

Untuk menjaga kehamilan muda, ibu perlu tahu resiko untuk mendapatkan cara yang tepat untuk mengantisipasi resiko tersebut. Selain keguguran, ada juga lho masalah yang bisa terjadi saat hamil muda. Berikut ulasan selengkapnya.

Kehilangan Semangat

Seorang wanita yang sedang mengadung pasti hidupnya dilingkupi dengan kebahagian dan kegembiraan. Ia tahu ada janin yang ada di dalam rahim. Apalagi jika ia sudah lama menantikan sang buah hati. Kehamilan tentu menjadi masa yang sangat menyenangkan.

Akan tetapi, terlepas dari kegembiraan tersebut, kebanyakan ibu hamil khususnya pada trimester pertama atau yang sering disebut dengan hamil muda merasa lemas dan kehilangan semangat. Mungkin ibu pun merasakan hal tersebut. Rasanya malas sekali untuk bekerja seperti biasa. Bagi ibu rumah tangga, mereka seolah tidak memiliki tenaga untuk mengerjakan pekerjaan rumah.

Hal tersebut memang wajar namun bukan berarti ibu pasrah saja, bukan? Untuk menjaga kehamilan muda, ibu perlu berakivitas seperti biasanya agar ibu bugar dan bayi dalam kandungan pun sehat. Jika rasa malas yang luar biasa sering ibu alami, ibu coba ubah pola makan. Makanlah dengan porsi yang sedikit namun frekuensinya lebih banyak. Ibu bisa coba makan lebih dari tiga kali sehari namun dengan porsi yang dikurangi dari porsi biasa.

Selain itu, untuk menambah stamina pada masa kehamilan muda, ibu juga dianjurkan untuk melakukan olahraga ringan. Dengan melakukan olahraga ringan, ibu tidak hanya akan menemukan tubuh yang bugar, tapi juga akan memiliki tidur yang berkualitas sehingga ketika bangun ibu mendapatkan stamina dan semangat baru.

Obesitas atau Kegemukan

Menjaga kehamilan muda perlu untuk dilakukan agar ibu terhindar dari obesitas. Memang obesitas atau kegemukan ini sering terjadi saat usia kehamilan memasuki trimester kedua atau ketiga. Hanya saja, faktor resiko ibu hamil terkena obesitas itu dimulai saat hamil muda lho.

Oleh sebab itu, ibu harus tahu bagaimana cara menjaga kehamilan muda agar terhindar dari obesitas. Saat hamil, ibu sering merasa lapar, bukan? Mengkonsumsi makanan yang lebih banyak dari biasanya tentu hal yang wajar karena nutrisi diperlukan oleh ibu sendiri dan juga janin di dalam kandungan. Akan tetapi, jangan sampai makan terlalu banyak sehingga mengakibatkan obesitas ya.

Oleh sebab itu, penting sekali bagi ibu hamil muda untuk menerapkan tips menjaga kehamilan muda agar tidak mengalami obesitas. Silakan ibu praktekkan mulai saat ibu hamil muda agar terhindar dari resiko obesitas. Karena pada dasarnya obesitas itu sangat tidak baik kesehatan ibu hamil dan juga bayi di dalam kandungan.

Selamat ya ibu sudah mengandung. Namun, ibu harus ingat, bayi yang Tuhan titipkan di dalam rahim ibu berarti juga tanggung jawab. Mulai sekarang, tanggung jawab ibu tidak hanya untuk menjaga kesehatan ibu sendiri, tapi juga janin di dalam kandungan. Oleh sebab itu, ibu harus benar-benar menerapkan semua tips seputar menjaga kehamilan muda.

Share and Enjoy

  • Facebook
  • Twitter
  • Google Plus

Leave a comment

Your email address will not be published.


*