Ketahui Posisi Berdiri, Duduk, dan Tidur yang Tepat sebagai Cara Menjaga Kehamilan

Cara Menjaga Kehamilan https://www.facebook.com/ibudanbalita/

Cara menjaga kehamilan tidak melulu menerapkan pola makan yang sehat dan kegiatan yang membuat tubuh selalu bugar. Bagaimana ibu berdiri, duduk, dan tidur pun mempengaruhi kesehatan ibu saat hamil lho. Untuk itu, penting bagi semua ibu hamil untuk mengetahui posisi berdiri, duduk, dan tidur seperti apa yang baik untuk mereka.

Yuk belajar bagaimana posisi berdiri, duduk, dan tidur yang baik untuk ibu hamil.

Posisi Berdiri bagi Ibu Hamil

Bagi ibu hamil muda, terserah mereka mempraktekkan posisi berdiri. Akan tetapi, bagi ibu hamil tua yang kondisi perutnya sudah sangat besar, ibu harus tahu posisi berdiri yang baik itu seperti apa.

Pastikan bahu ibu selalu tegak. Jangan sampai bahu merunduk ke bawah. Selain itu, kepala harus tegak menghadap ke depan. Jangan karena perut semakin berat sehingga kepala seolah-olah menghadap ke atas.

Dengan mempraktekkan posisi berdiri seperti itu, ibu sudah menerapkan cara menjaga kehamilan. Ibu harus ingat posisi berdiri seperti itu agar ibu tidak mudah lelah sekalipun berat semakin membesar dan semakin berat.

Satu hal lagi yang sangat penting, hindari memakai high heel. Sebenarnya, sepatu atau sandal dengan heel yang tinggi itu tidak sehat bagi siapapun, apalagi bagi ibu hamil. Berat badan ditopang pada satu titik sehingga pengguna akan lebih mudah merasa pegal. Jadi, hindari high heels.

Posisi Duduk bagi Ibu Hamil

Bagi ibu yang kebanyakan waktu dihabiskan dengan posisi duduk, seperti wanita yang bekerja di kantor, ibu harus tahu posisi duduk yang tepat. Sediakan bantal untuk ibu bawah ke kantor. Bantal tersebut ibu taruh di bagian punggung ibu.

Saat duduk, seorang ibu hamil harus memastikan punggunya lurus. Oleh sebab itu, ibu harus bawa bantal untuk dipasang di bagian belakang. Akan lebih baik lagi jika bahu sedikit di tarik ke belakang. Posisi inilah yang tidak akan membuat ibu sering merasa nyeri karena posisi duduk ini membuat ibu rileks dan nyaman.

Karena banyak waktu yang ibu gunakan untuk duduk, posisi tersebut harus ibu perhatikan. Buat ibu senyaman mungkin sehingga ibu tidak mudah lelah dan stres. Walhasil, ibu tidak mudah sekit. Jadi, jelas bukan posisi duduk yang benar itu salah satu cara menjaga kehamilan?

Posisi Tidur bagi Ibu Hamil

Bagaimana dengan posisi tidur saat hamil? Terutama ibu hamil tua, mereka sering merasa kram saat tidur, bisa kram perut dan juga kram kaki. Untuk menghindari kram kaki, ibu perlu sering merendam kaki dengan menggunakan air hangat terutama sebelum tidur. Untuk menghindari kram perut, maka ibu bisa tidur dengan posisi miring ke kanan atau kekiri. Walaupun perut belum begitu besar, jangan terlalu sering tidur dengan posisi terlentang ya. Sekalipun perut belum terasa berat, posisi tersebut kurang baik.

Sekarang, sudah tahu kan tentang posisi berdiri, duduk, dan tidur untuk ibu hamil? Cara menjaga kehamilan tersebut harus dipraktekkan, tidak hanya cukup di ketahui saja.

Akan tetapi, jangan lupa juga untuk menerapkan tips menjaga kehamilan yang lain. Nutrisi bisa ibu dapatkan dari susu dan makanan sehat. Bagaimana dengan cara menjaga kebugaran saat hamil? Ibu juga harus tahu bagaimana menjaga kebugaran karena hal tersebut tidak kalah penting dibandingkan tentang cara menjaga kehamilan.

Share and Enjoy

  • Facebook
  • Twitter
  • Google Plus

Leave a comment

Your email address will not be published.


*