Ketahui Normalnya Waktu Tidur Bayi anda

Cara menidurkan bayi www.johnsonsbaby.co.id

Waktu tidur bayi memiliki durasi yang berbeda-beda. Hal ini disebabkan oleh berbagai faktor, salah satu faktornya adalah berdasarkan dari usia bayi tersebut. Pada masa-masa awal kelahirannya, bayi memiliki durasi tidur yang sangat lama bahkan dapat dikatakan terlama di masanya, jadi ibu jangan khawatir jika si bayi bisa tidur bahkan hampir seharian. Karena seiring dengan bertambahnya usianya, bayi mulai mengurangi jumlah jam tidurnya.

Selain itu peran ibu dalam menerapkan jam tidur bayi nya dapat menjadi factor penentu kebiasaan tidurnya. Oleh karena itu, orang tua diharapkan memiliki peran yang aktif dalam mebentuk pola tidur bayi agar memiliki pola tidur yang baik.

Untuk pengetahuan ibu, ini dia gambaran umum tidur bayi berdasarkan usianya, namun bukan berarti semua bayi harus dan akan memiliki pola tidur yang sama ya.

Bayi berusia kurang dari satu bulan

Bayi dengan usia ini atau bisa dikatakan sebagai bayi baru lahir biasanya memiliki waktu tidur yang lama, yaitu 15 bahkan sampai dengan 18 jam per harinya. Sedangkan bayi yang terlahir prematur, biasanya memiliki waktu tidur yang lebih lama lagi. Alasannya adalah bayi pada usia ini masih belum mengenal siklus waktu, dia belum mengenal siang atau malam hari, hal itu menyebabkan waktu tidurnya belum berpola, bisa saja dia sering tidur di siang hari atau sebaliknya.

Bayi berusia 1 – 4 bulan

Pada usia bayi memasuki bulan pertamanya, bayi sudah mulai bisa menemukan pola tidurnya. Ketika sekali tidur, bayi bisa menghabiskan 4-5 jam dan bayi biasanya tidur hingga tiga kali dalam seharinya khususnya akan sering terjadi pada malam hari. Dimasa ini bayi sudah mulai mengetahui antara siang dan malam hari.

Bayi berusia 5-12 bulan

Usia bayi yang telah menjinjak 5 bulan hingga 8 bulan biasanya bayi akan tidur hingga 12 jam seharinya namun durasi ideal bagi bayi anda untuk tidur sebenarnya 15 jam namun tidak harus untuk selalu memaksakan agar jam tidur bayi anda hingga 15 jam ya bu. Pada masa-masa ini, adalah waktu yang penting untuk memberikan bayi anda kebiasaan dalam mengatur jam tidurnya, karena bayi sudah mulai untuk berinteraksi dan mengenal jam tidurnya yang bahkan tanpa disadari akan membentuk kebiasaan pola tidurnya hingga besar nanti.

Ketika anak anda sudah berusia satu tahun keatas maka anak akan mulai kehilangan pola tidurnya di pagi hari karena mereka akan mulai untuk mengikuti pola tidur orang tuanya yaitu tidur di malam hari kemudian bangun di pagi hari, namun anak usia 1 tahun keatas biasanya masih memerlukan untuk tidur siang antara 3 hingga 4 jam.

Jadi sebagai ibu harusnya kita memahami serta mengatur pola tidur yang baik bagi bayi kita, karena ternyata pola tidur anak bahkan saat usianya masih bayi dapat mempengaruhi kesehatannya, bahkan beberapa ahli mengatakan bahwa terdapat hubungan antara kecerdasan anak terhadap pola tidurnya.

Satu hal lain yang perlu ibu ketahui, jika pola tidur bayi anda kurang baik maka bayi anda akan mengalami kesulitan ketika akan mulai tidur. Bayi dengan kualitas tidur yang kurang baik dapat menyebabkan mengantuk ketika ia bermain hingga hiperaktif. Bayi yang sering menangis dan rewel ketika tidur malam, maka bayi ibu cenderung kurang berkonsentrasi serta tidak fokus dalam mengerjakan sesuatu. Banyak faktor yang biasa mengganggu tidur bayi, salah satu diantaranya ialah kondisi bayi yang lapar, mengompol hingga faktor yang berasal dari lingkungannya. Jadi, mulai perhatikan pola tidur bayi anda ya bu

 

 

Share and Enjoy

  • Facebook
  • Twitter
  • Google Plus

Leave a comment

Your email address will not be published.


*