Ketahui Alasan Kenapa 3 Nutrisi Ibu menyusui Ini Wajib Terpenuhi

https://www.facebook.com/FrisoIndonesia/

Nutrisi ibu menyusui memang tidak secara langsung mempengaruhi kuantitas ASI. Namun, bukan berarti susu ibu menyusui tidak wajib dikonsumsi. Di dalam susu tersebut, terdapat kandungan berupa nutrisi yang lengkap untuk ibu menyusui. Meski secara langsung tidak menentukan ASI yang ibu produksi, nutrisi tersebut sangat dibutuhkan.

Alasan-alasan berikut inilah yang akan membuat ibu harus menjaga tercukupinya nutrisi ibu menyusui. Kali ini, ada tiga nutrisi yang sangat penting untuk ibu yang memiliki program memberikan ASI eksklusif untuk si kecil. Berikut ulasan selengkapnya.

Vitamin C

Pada dasarnya vitamin C merupakan kebutuhan setiap manusia. Kekurangan vitamin C akan membuat seseorang mengalami berbagai masalah kesehatan terutama sariawan.

Untuk ibu menyusui, vitamin C ini memiliki peran yang sangat penting. Vitamin C akan membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Dengan demikian, ibu tidak akan mudah sakit walaupun di kala cuaca yang tidak begitu mendukung.

Lalu apa korelasinya dengan ibu menyusui? Salah satu nutrisi untuk ibu menyusui adalah vitamin C. Meskipun vitamin yang satu ini dibutuhkan oleh semua orang, ibu menyusui lebih membutuhkan. Itulah mengapa vitamin C dikatakan salah satu nutrisi yang terpenting bagi ibu menyusui. Hal ini dikarenakan dengan menjaga kesehatan ibu menyusui, maka tubuh ibu tersebut mampu memproduksi ASI. Ibu bisa bayangkan bagaimana jika ibu harus bedrest. Pasti produksi ASI akan terpengeruh, bukan?

Oleh sebab itu, vitamin C itu termasuk satu di antara sekian banyak nutrisi ibu menyusui yang sangat penting. Ibu bisa dapatkan vitamin C ini dari susu ibu menyusui atau makanan lainnya seperti sayuran hijau serta buah segar.

Omega 3

Apakah ibu menyusui masih memerlukan omega 3? Bukankah ini merupakan nutrisi untuk perkembangan janin saja? Omega 3 tidak hanya diperlukan saat ibu hamil saja. Saat ibu menyusui, omega 3 juga termasuk salah satu nutrisi ibu menyusui.

Nutrisi yang satu ini bisa membuat perkembangan otak bayi semakin optimal. Omega 3 sering disebut sebagai nutrisi yang bisa mencerdaskan bayi. Hal tersebut memang bukan isapan jempol belaka. Menurut penelitian ilmiah, bayi yang mendapatkan omega 3 lebih tinggi memiliki perkembangan otak yang lebih baik dibandingkan dengan bayi yang tidak mendapatkan asupan gizi berupa omega 3.

Salah satu sumber omega 3 adalah seafood. Akan tetapi, banyak sekali ahli kesehatan memperingatkan jangan asal memilih seafood. Pasalnya, ada seafood yang mengandung merkuri dalam jumlah yang di atas normal.

Vitamin D

Pasti sangat menyenangkan melihat bayi tumbuh besar dengan berat badan normal. Pertumbuhan tulang menjadi sangat penting. Nutrisi ibu menyusui yang berperan mempengaruhi perkembangan tulang adalah vitamin D. Untuk itu, selama menyusui, kandungan vitamin D harus ibu dapatkan agar ASI juga mengandung vitamin D dan diserap oleh tubuh si kecil.

Meskipun demikian, sebenarnya vitamin D terbanyak itu berasal dari sinar matahari pagi. Oleh karena itu, jika bayi membutuhkan vitamin D, ibu dengan mudah bisa mengajak si kecil berjemur di bawah sinar matahari pagi. Dengan demikian, pertumbuhan tulang akan maksimal.

Itulah 3 nutrisi ibu menyusui yang sangat penting untuk dipenuhi. Alasannya sudah jelas kenapa ketiganya harus ibu dapatkan selama periode memberikan ASI eksklusif. Sekarang, ibu tinggal mencari menu makanan seperti apa yang mengandung ketiga nutrisi ibu menyusui.

Share and Enjoy

  • Facebook
  • Twitter
  • Google Plus

Leave a comment

Your email address will not be published.


*