Kesehatan Wanita Hamil Sangat Tergantung Dari Naiknya Berat Badan

kesehatan ibu hamil https://www.facebook.com/ibudanbalita

Setidaknya ada tiga masalah yang akan ibu hadapi jika saat hamil berat badan ibu naik signifikan.

Yang pertama, ibu berisiko terkena penyakit diabetes gestasional. Risiko ini semakin tinggi jika ternyata ibu memiliki riwayat terkena penyakit diabetes atau ada anggota keluarga yang mengalami masalah tersebut.

Yang kedua, ibu bisa berisiko mengalami masalah ketika proses persalinan. Karena berat badan ibu yang naik sangat signifikan bisa membuat berat bayi di atas normal sehingga ibu akan kesulitan dalam proses persalinan.

Dan yang terakhir, ibu juga akan sulit menurunkan berat badan paska kelahiran.

Dari tiga fakta tersebut, jelas sudah mengapa naiknya berat badan saat hamil sangat menetukan kesehatan wanita hamil.

Lalu, bagaimana cara agar ibu bisa terhindari dari obesitas atau kegemukan saat hamil?

Stop Makan Makanan Fast Food

Sebenarnya sudah jelas fast food bukanlah makanan yang sehat untuk dikonsumsi. Apalagi bagi ibu hamil. Orang yang sedang tidak hamil saja sebenarnya tidak disarankan mengkonsumsi makanan fast food.

Alasannya sangat sederhana. Di dalam makanan fast food, kadar nutrisinya sangat tinggi. Di sisi lain, kadar lemak dan minyaknya justru sangat tinggi.

Padahal seorang ibu hamil harus mendapatkan nutrisi lebih banyak jika dibandingkan ketika sebelum hamil, bukan?

Dan satu catatan lagi. Kadar lemak di sebagian besar makanan fast food itu sangat tinggi. Maka tidak jarang ditemukan orang yang mengalami kegemukan karena setiap hari hanya mengkonsumsi makanan fast food. Hal ini menjadi sangat buruk jika terjadi pada ibu yang sedang hamil.

Sebenarnya tidak hanya fast food saja yang sebaiknya dihindari. Begitu juga dengan soft drink. Dengan alasan yang sama, soft drink dilarang karena lebih banyak mengandung gula yang bisa mengakibatkan obesitas.

Hindari Terlalu Sering Tidur

Ibu harus ingat agar membuat tubuh ibu selalu bugar, maka ibu harus menjaga kesehatan kehamilan dengan cara beraktivitas fisik. Olahraga ringan seperti jalan sehat dan ikut program senam ibu hamil sangat disarankan.

Sayangnya justru banyak ibu hamil yang malas melakukan aktivitas fisik. Rasa-rasanya lebih suka bersantai dan bahkan tidur.

Tentu bukan berarti tidak boleh tidur. Hanya saja harus ada waktu untuk istirahat dan ada waktu untuk beraktivitas. Karena terlalu banyak waktu yang dihabiskan untuk tidur bisa membuat ibu mengalami diabetes. Semua kalori tidak dibakar tapi menumpuk di badan sehingga menjadikan ibu mengalami obesitas.

Dan yang paling harus dihindari adalah tidur di pagi dan sore hari. Karena tidur di pagi dan sore hari (menjelang maghrib) bisa membuat ibu lemas. Jika hal ini terus ibu lakukan, ibu akan kehilangan kebugaran.

Setiap Hari Harus Makan Buah

Terlalu banyak mengkonsumsi buah juga bisa mengakibatkan ibu hamil terkena diabetes gestasional lho. Jadi ini harus menjadi satu catatan tersendiri.

Untuk itu, ibu harus mengatur konsumsi buah setiap hari. Tidak terlalu banyak tapi usahakan ibu mengkonsumsi buah setiap hari. Karena buah mengandung serat yang bisa memperlancar proses pencernaan. Dengan demikian, risiko terkena diabetes bisa dihindari.

Dengan melakukan tisp menjaga kesehatan ibu hamil tersebut di atas, ibu bisa benar-benar terhindar dari masalah yang sangat mengerikan, yaitu kenaikan berat badan di atas normal.

Sebaiknya ibu membeli timbangan di rumah agar setiap saat bisa mengukur berat badan. Jadi, ibu bisa mengontrol berat badan sendiri di rumah.

Share and Enjoy

  • Facebook
  • Twitter
  • Google Plus

Leave a comment

Your email address will not be published.


*