Kenapa Telur Dijadikan Makanan Wajib untuk Menjaga Kehamilan Muda?

menjaga kehamilan muda https://www.facebook.com/ibudanbalita

Menjaga kehamilan muda menjadi fase yang sangat penting. Hal ini dikarenakan pada saat hamil muda resiko keguguran itu sangat tinggi. Bisa dikatakan jika ibu sudah melewati masa hamil muda, ibu sudah melewati masa yang sangat krusial selama masa kehamilan.

Resiko bayi mengalami keguguran itu sangat tinggi waktu kehamilan masih muda. Hal ini dikarenakan rahim atau kandungan yang belum benar-benar kuat. Akibatnya, guncangan sedikit saja bisa berakibat fatal. Itulah mengapa wanita yang sedang hamil muda tidak disarankan bepergian jauh menggunakan kendaraan. Yang dikhawatirkan adalah ternjadi guncangan yang secara tidak sadar membuat bayi mengalami keguguran.

Oleh sebab itu, sebagai salah satu cara untuk menjaga kehamilan muda dengan mengkonsumsi makanan bisa memperkuat rahim atau kandungan. Makanan tersebut salah satunya adalah telur.

Sebelumnya, apakah ibu tahu kandungan apa saja yang ada di dalam telur? Salah satu kandungan paling tinggi di dalam telur adalah protein. Kebanyakan orang memahami bahwa protein yang ada di dalam telur dibutuhkan agar berat badan ibu naik secara normal dan perkembangan janin dalam kandungan baik.

Ternyata, tidak itu saja fungsi dari protein. Mungkin telur ketika dikonsumsi saat usia kehamilan menginjak trimester kedua atau kedua, fungsi protein di dalam telur bisa mempengaruhi perkembangan bayi dalam kandungan. Namun, jika ibu masih dalam tahap kehamilan muda, telur menjadi makanan yang sangat direkomendasikan untuk menjaga kehamilan muda.

Protein ternyata berpengaruh terhadap penguatan rahim sehingga dengan mengkonsumsi telur rahim akan semakin kuat dan resiko terjadi keguguran bisa diminimalisir. Jadi, ibu harus rajin mengkonsumsi telur ya. Ada banyak sekali jenis makanan yang bisa ibu coba dengan bahan utama berupa telur.

Lalu, telur apa yang sebaiknya ibu konsumsi? Apakah telur ayam atau telur bebek? Jika selama ini ibu lebih sering mengkonsumsi telur ayam, sangat disarankan agar ibu mengganti dengan telur bebek. Hal ini dikarenakan kandungan protein yang ada di dalam telur bebek itu lebih tinggi. Warna kuning telur bebek yang lebih pekat menjadi bukti bahwa protein di dalam telur bebek itu sangat tinggi.

Selain itu, omega 3 dalam kuning telur bebek juga tinggi lho. Omega 3 juga secara tidak langsung membantu protein untuk memperkuat rahim. Jadi, seberapa penting telur untuk menjaga kehamilan muda? Tentu saja sangat penting.

Khusus bagi ibu yang sudah pernah mengalami keguguran sebelumnya dan hal tersebut dikarenakan karena kondisi rahim yang tidak kuat, sangat dianjurkan agar mengkonsumsi makanan yang mengandung protein serta omega 3 yang tinggi agar rahim kuat walaupun masih dalam masa hamil muda. Yang paling mudah adalah mengkonsumsi telur, terutama kuning telur. Lebih diutamakan lagi memilih kuning telur bebek karena kandungan protein dan omega 3 yang lebih tinggi dibandingkan dengan kuning telur ayam.

Tentu saja bukan berarti telur saja yang harus dikonsumsi ya. Ada banyak lain sumber protein lainnya yang bisa ibu konsumsi untuk memperkuat rahim dan menjaga kehamilan muda seperti kacang hijau, kacang kedelai, dan udang. Hanya saja, kenapa direkomendasikan telur? Karena telur mudah sekali didapatkan dan mudah sekali untuk diolah. Waktu sarapan, ibu hanya perlu membuat telur ceplok.

Jadi, tidak ada alasan tidak memiliki waktu untuk menyajikan makanan yang sehat saat hamil muda. Jika tahu sumber nutrisi apa yang dibutuhkan, maka banyak sekali opsi agar ibu mendapatkan semua nutrisi yang dibutuhkan untuk menjaga kehamilan muda.

Share and Enjoy

  • Facebook
  • Twitter
  • Google Plus

Leave a comment

Your email address will not be published.


*