Kenapa Susu Anak 1 Tahun Harus Mengandung Prebiotik

susu anak 1 tahun https://www.facebook.com/FrisoIndonesia

Susu anak 1 tahun harus mengandung prebiotik. Ibu pasti sering mendengar iklan di televisi yang mempromosikan sebuah produk susu untuk balita umur 1 tahun mengandung prebiotik. Di berbagai seminar ibu dan bayi, para dokter dan pakar kesehatan bayi juga sangat menganjurkan ibu untuk memilih susu dengan kandungan prebiotik.

Namun, tahukah ibu apa fungsi dari prebiotik tersebut? Berikut penjelasannya tentang apa itu prebiotik dan manfaat apa yang balita ibu dapatkan dari susu yang mengandung prebiotik.

Apa itu Prebiotik

Terkadang ada orang yang salah baca atau salah tulis. Prebiotik bukan probiotik karena dua hal ini berbeda. Probiotik merupakan mikroorganisme di dalam tubuh yang secara alami hidup di dalam sistem pencernaan.

Lalu, apa itu prebiotik? Prebiotik merupakan makanan di mana makanan tersebut tidak bisa dicerna oleh usus. Fungsinya agar makanan tersebut utuh dan dimakan oleh mikroorganisme di dalam sistem pencernaan.

Bisa dikatakan susu balita 1 tahun yang mengandung prebiotik akan menjaga sistem pencernaan sang balita tidak terganggu. Dengan adanya mikroorganisme baik di dalam sistem pencernaan, maka adanya bakteri jahat akan dimusnahkan.

Pertanyaannya bagaimana jika mikroorganisme baik tersebut tidak tumbuh berkembang? Bisa jadi sistem pencernaan sang balita terganggu. Untuk itulah pentingnya ibu memberikan susu anak 1 tahun yang mengandung prebiotik.

Manfaat Prebiotik

Apakah balita ibu pernah mengalami sembelit? Itu dikarenakan sistem pencernaan yang kurang baik. Salah satu manfaat prebiotik adalah mencegah konstipasi atau yang sering disebuh sembelit. Oleh karena itu, dokter anak sering menyarankan agar mengganti susu formula jika anak mengalami sembelit karena mungkin salah satu faktornya adalah susu tersebut. Ibu harus memastikan susu batita 1 tahun mengandung prebiotik yang cukup untuk usia sang buah hati.

Selain itu, prebiotik juga sangat ampuh membunuh bakteri jahat. Akan tetapi, bakteri tersebut tidak semuanya dimusnahkan karena pada dasarnya tubuh juga membutuhkan mikroorganisme tersebut. Hanya saja, prebiotik akan menyeimbangkan antara jumlah mikroorganisme yang jahat dan yang baik.

Yang tidak banyak orang ketahui adalah bahwa prebiotik membantu penyerapan kalsium. Jika tumbuh kembang balita ibu kelihatannya terganggu, ada mungkin tubuh balita ibu tidak bisa menyerap kalsium. Padahal, kalsium sangat penting sekali untuk pertumbuhan balita.

Mungkin ibu pendengar bahwa susu formula itu menyebabkan karies atau lubang pada gigi. Ternyata, hal tersebut tidak sepenuhnya benar. Asal sesuai dengan aturan, maka susu formula aman dikonsumsi dan tidak menyebabkan karies. Apalagi jika susu formula yang ibu pilih mengandung prebiotik tinggi. Prebiotik tidak bersifat kariogenik. Artinya, prebiotik tidak mengakibatkan lubang pada gigi.

Selain itu, prebiotik tidak menjadikan balita ibu gemuk. Ada ketakutan di mana balita yang mengkonsumsi susu usia 1 tahun lebih cepat gemuk dan beresiko obesitas. Hal tersebut tidak benar. Kandungan prebiotik dalam susu untuk balita usia 1 tahun berperan dalam mengatur lemak dan karbohidrat dalam tubuh.

Sekarang ibu sudah tahu apa itu prebiotik dan apa saja manfaat dari prebiotik. Ibu bisa menerangkan kepada rekan jika ada yang bertanya fungsi dari prebiotik dalam susu formula.

Akan tetapi, pastikan susu yang ibu pilih mengandung kandungan prebiotik yang tepat khusus untuk usia 1 tahun. Friso Gold merupakan susu untuk balita usia 1 tahun sampai 3 tahun yang diperkaya dengan prebiotik sesuai rekomendasi ahli gizi balita. Dengan demikian, balita ibu bisa mendapatkan semua manfaat dari susu anak 1 tahun.

Share and Enjoy

  • Facebook
  • Twitter
  • Google Plus

Leave a comment

Your email address will not be published.


*