Kenapa Si Kecil Sering Menangis Ketika Tidur?

ibudanbalita https://www.facebook.com/ibudanbalita/

Tidak hanya balita yang terkadang menangis ketika tidur. Bayi pun bisa menangis. Dalam hal ini, ibu harus tahu apa tandanya itu?

Mungkin jika hal tersebut terjadi, ibu akan mendekap si kecil dan menenangkannya. Itu langkah yang tepat sekali. Namun, apakah ibu tahu kenapa si kecil sering menangis ketika tidur?

Tentu ibu tidak ingin ini selalu terjadi, bukan? Jadi, ibu harus tahu kenapa bayi atau balita ibu sering menangis saat tidur dan temukan apa yang sebaiknya ibu lakukan agar hal tersebut tidak terjadi.

Ada yang Salah?

Ibu tidak perlu khawatir karena sebenarnya tidak ada hal yang perlu dikhawatirkan. Hanya saja, memang menangis saat tidur itu artinya ada hal yang mengganggu pikiran si kecil. Secara tidak sadar, ia menangis. Itu tandanya ada hal yang perlu ketahui tentang psikis anak ibu.

Tidak ada yang berhubungan denngan mistis. Ibu tidak boleh seperti orang kuno yang biasanya menghubung-hubungkan antara kejadian seperti ini dengan hal yang mistis.

Yang penting justru ibu harus mengetahui apa yang menjadi penyebab si kecil menangis saat tidur. Dengan demikian, ibu bisa membuat si kecil bisa tidur lebih nyenyak lagi. Karena ketika ia menangis saat tidur, itu artinya tidur si kecil tidak nyenyak.

Ini Penyebabnya

Banyak yang beranggapan bawasannya bayi atau balita menangis saat tidur itu karena mimpi buruk. Itu benar sekali. Mimpi buruk menjadi salah satu penyebab kenapa si kecil menangis saat tidur.

Tapi, kenapa ia mimpi buruk? Itu yang seharusnya ibu cari tahu. Dengan demikian, ibu bisa membuat si kecil tidak lagi sering menangis saat tidur.

Yang paling sering terjadi, anak mengalami mimpi buruk karena sedang kurang enak badan. Seperti halnya orang dewasa, ketika kondisi kurang fit, biasanya ia akan mengalami mimpi buruk. Begitu juga yang dialami oleh balita.

Oleh sebab itu, jika balita menangis saat tidur, coba ibu cek kondisi tubuh si kecil. Apakah ia demam?

Jika tidak, bisa juga hal tersebut disebabkan karena ia terlalu lelah. Mungkin seharian penuh si kecil lelah bermain. Apalagi jika ia melakukan aktivitas yang sampai membuatnya kelelahan.

Ada satu catatan yang harus ibu ketahui. Jika ibu membawa si kecil main ke kolam renang, usahkaan ibu memulihkan stamina si kecil dulu sebelum tidur. Pasalnya, berenang membuat si kecil merasa sangat lelah. Dan jika ia tidur dalam keadaan kelelahan, terkadang ia mengigau dan menangis.

Akan lebih baik jika ibu juga mengoleskan minyak telon atau minyak kayu putih pada kaki si kecil ketika ia tidur. Itu bisa membuat ototnya rileks dan lelahnya akan hilang.

Yang pasti, anak yang menangis saat tidur itu disebabkan ia tidak merasa nyaman. Tentu banyak faktornya. Bisa disebabkan ia kelelahan seperti yang telah dijelaskan sebelumnya.

Akan tetapi, ibu juga harus pastikan sirkulasi udara di kamar baik. Pilihlah pakaian yang lembut dan longgar untuk dipakai waktu tidur. Pakaian seperti itu akan membuat si kecil merasa nyaman ketika tidur.

Mungkin ibu perlu mengetahui tips bagaimana agar si kecil merasa nyaman selama tidur. Ibu bisa simak ulasannya di ibudanbalita.

Di website tersebut, ibu juga akan belajar banyak tentang bagaimana merawat dan membesarkan sang buah hati agar perkembangannya optimal.

Share and Enjoy

  • Facebook
  • Twitter
  • Google Plus

Leave a comment

Your email address will not be published.


*