Kenapa Kebanyakan Tips Ibu Hamil Muda Membahas Bagaimana Menghindari Keguguran?

tips ibu hamil muda https://www.facebook.com/ibudanbalita/

Jika ibu mencari tips kehamilan muda, ibu pasti banyak mendapatkan informasi tentang bagaimana cara menghindari keguguran. Padahal banyak sekali tips yang diperlukan oleh ibu hamil muda kecuali tentang bagaimana cara agar terhindar dari keguguran.

Contohnya saja tips ibu hamil muda agar tidak mual dan muntah setiap kali minum susu. Atau tips agar tetap bugar menjalani kehamilan karena banyak ibu hamil muda yang lemas dan malas untuk melakukan kegiatan setiap hari.

Sebenarnya banyak informasi yang dibutuhkan oleh ibu hamil muda terutama wanita yang baru pertama kali hamil. Sayangnya kebanyakan tips hamil muda menjelaskan tentang bagaimana terhindar dari keguguran.

Hamil Muda Rawan Keguguran

Salah satu alasannya adalah kebanyakan keguguran itu terjadi saat kehamilan trimester pertama dan bahkan pada saat masa kehamilan baru memasuki beberapa minggu saja. karena pada saat itulah calon janin baru mulai berkembang. Ia masih menempel pada dinding rahim.

Lebih dari itu, dinding rahim juga pada waktu itu belum begitu kuat. Itulah mengapa seorang ibu Hamil muda sangat dilarang untuk bergerak terlalu aktif. Perjalanan jauh pun sebaiknya dihindari karena dikhawatirkan terjadi goncangan pada rahim yang bisa mengakibatkan keguguran.

Kasus Keguguran Meningkat

Salah satu isu terbesar dunia kesehatan di Indonesia adalah meningkatnya jumlah ibu yang yang mengalami keguguran. Tentu banyak faktor yang menjadi penyebab masalah yang satu ini.

Terlepas dari itu, kebanyakan kasus keguguran itu terjadi ketika masa kehamilan muda. Itulah mengapa pemerintah dan semua elemen yang mengerti tentang kesehatan kehamilan ikut berpartisipasi untuk mengkampanyekan cara untuk mencegah keguguran.

Ada yang membuat tulisan tentang tips untuk ibu hamil agar tidak mengalami keguguran. Ada juga seminar kesehatan yang biasanya dilakukan oleh praktisi kesehatan seperti dokter kandungan dan bidan. Tidak lain hal tersebut mereka lakukan untuk mengedukasi ibu-ibu hamil, terutama ibu hamil muda agar terhindar dari keguguran.

Dilihat dari prosentasi keguguran saat hamil muda yang cenderung naik, ada beberapa faktor penyebab utamanya. Salah satu diantaranya adalah kekurangan gizi. Masih banyak ibu hamil yang tidak begitu sadar pentingnya menjaga asupan gizi harian sehingga membuat kasus keguguran saat hamil muda ini meningkat tajam. Ironis jika melihat banyak ibu hamil yang tidak mau minum susu. Padahal, dokter kandungan serta bidan yang ada di setiap desa selalu menganjurkan agar setiap ibu hamil harus mengkonsumsi susu untuk ibu hamil.

Selain faktor nutrisi, kasus keguguran saat masih hamil muda juga sering disebabkan karena ketidaktahuan. Masih banyak ibu-ibu hamil yang tidak mengerti makanan apa saja yang sebaiknya tidak dikonsumsi saat sedang hamil muda. Untuk ibu yang tinggal di daerah perkotaan, sayang sekali jika mereka masih senang mengkonsumsi fastfood padahal sudah tahu ada janin yang ada di dalam rahim.

Masih banyak lagi faktor penyebab keguguran saat hamil muda lainnya. Yang pasti, setiap ibu hamil muda memang sangat dianjurkan mengupdate info seputar ibu hamil muda yang berkaitan bagaimana cara menjaga kesehatan ibu dan janin dan bagaimana agar tidak terjadi keguguran.

Ibu harus tahu masa hamil muda itu masa yang sangat menentukan perkembangan janin di dalam kandungan. Pasalnya, ketika janin yang masih muda sehat, maka perkembangan ketika usianya sudah 3 bulan ke atas juga akan sehat.

Share and Enjoy

  • Facebook
  • Twitter
  • Google Plus

Leave a comment

Your email address will not be published.


*